rawatlah lantai kayu agar bertahan bertahun-tahun

4 Jadwal Merawat Lantai Kayu: Tahunan, Bulanan, Mingguan & Harian

Cara Merawat Lantai Kayu– Pada sebuah Rumah, Lantai adalah bagian penting dalam mengukur tingkat kesehatan sebuah rumah. Menjaga lantai agar selalu bersih akan mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga. Lantai yang bersih membuat rumah lebih nyaman dan terbebas dari kuman penyakit atau bakteri berbahaya.

Bagi anda yang menyukai suasana tenang, alami, dan bebas, akan sangat cocok bila anda menggunakan lantai kayu dalam desain interior rumah anda. Guratan alami pada lantai kayu memberikan sentuhan estetika tersendiri dalam rumah anda secara keseluruhan. Di samping itu, rumah dengan lantai kayu cenderung sejuk di hari panas, dan hangat di hari dingin, sehingga sangat nyaman untuk berlama-lama tinggal di rumah dan menikmati quality time bersama keluarga dan orang-orang terkasih anda.

cara merawat lantai kayu

Namun harus anda ketahui, merawat lantai kayu tidaklah semudah merawat lantai keramik. Khususnya bagi lantai kayu yang terbuat dari bahan kayu solid (100% kayu). Sipat kayu yang mudah berubah bentuk karena dipengaruhi oleh suhu, rentan terhadap kelembaban, serta disukai oleh serangga menjadikan merawat lantai kayu menjadi hal yang penting anda ketahui demi menjaga kenyamanan tempat tinggal anda.\

Baca Juga: Jenis-jenis Lantai Kayu dari Bahan, Jenis kayu & Produk

Untuk itu, diperlukan tips atau prosedur plus bagi anda yang hendak  memasang lantai kayu ketika nanti melakukan pemasangan parket lantai kayu pada hunian. Pada prakteknya, ada Jadwal khusus yang harus anda lakukan ketika melakukan perawatan dan pembersihan lantai kayu agar tetap mengkilap dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun yaitu :

Pembersihan dan perawatan lantai kayu Tahunan :

cara merawat lantai kayu
Jadwal tahunan

Dalam merawat lantai kayu jadwal tahunan ini anda harus melakukan coating ulang (pemberian cat) agar warna selalu terlihat mengkilap, melakukan coating ulang ini bisa anda lakukan bila mana warna lantai kayu di lantai rumah anda mulai memudar, dan untuk mendapatkan kesan lantai kayu yang selalu terlihat elegan.

Pembersihan dan perawatan lantai kayu Bulanan :

perawatan lantai kayu
Jadwal bulanan

Jadwal bulanan ini diisi dengan kegiatan pengecekan. Cek seluruh bagian lantai kayu, jika ada yang tergores bisa di atasi dengan polish wood (Banyak dijual bebas di toko bangunan). Polish wood dapat menambal lantai kayu yang tergores juga dapat menjaga kilaunya. Hindari membersihkan lantai kayu dengan air, detergent atau lilin. Sebab penggunaannya secara terus menerus dapat menyebabkan lantai kayu cepat lapuk.

Pembersihan dan perawatan lantai kayu Mingguan :

merawat lantai kayu
Jadwal mingguan

Jadwal Mingguan ini bisa anda isi dengan melakukan pembersihan dengan manggunakan vacuum Cleaner. Alat ini sangat efektik membersihkan lantai kayu yang berserat sehingga kotoran disela-sela parket bisa terangkat. Berbeda dengan menggunakan sapu atau kain pel, debunya bisa terbang kemana-mana. Namun, Hati-hati menggunakan vaccum cleaner pada lantai parket karena rodanya bisa menggores lantai kayu, gunakan secara pelan-pelan.

Baca Juga: Tips mudah merawat rumah

Pembersihan dan merawatan lantai kayu harian :

Rutin Menyapu

merawat lantai kayu
Jadwal harian

Sebagaimana lantai pada umumnya, menyapu merupakan hal dasar dari cara merawat lantai kayu dan juga lantai lainnya. Lantai yang rutin disapu akan terhindar dari penumpukan debu dan kotoran. Untuk menyapu lantai kayu di rumah anda, sebaiknya anda menggunakan sapu dengan bulu yang lembut atau menggunakan vacuum cleaner, dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan lap kering.

Jika lantai kayu di rumah anda terbuat dari kayu solid, sebaiknya anda juga melakukan proses waxing melakukan semir ulang lantai rumah anda secara rutin dengan menggunakan pengilap kayu, sehingga kualitas kayu di lantai rumah anda senantiasa terjaga.

Hindari Kelembaban

cara merawat lantai kayu

Kayu dan kelembaban merupakan musuh yang tak akan pernah akur. Kelembaban yang berlebih akan mengurangi usia lantai kayu anda dan menyebabkannya keropos lebih cepat. Oleh karena itu, jangan pel lantai kayu rumah anda.

Bahkan meskipun lantai kayu anda terkena noda bekas makanan atau minuman, bersihkan saja dengan lap kering. Anda juga bisa menggunakan perasaan jeruk lemon, belimbing wuluh, atau air cuka putih untuk mengatasi noda membandel. Penggunaan jeruk lemon, belimbing wuluh, atau air cuka juga dapat menjaga kilau lantai kayu anda.

Selain itu, anda juga dapat menjaga kualitas lantai kayu anda dengan menyuntikkan bahan kimia anti rayap pada beberapa potongan kayu untuk menghindari kelembaban lantai kayu dan mengantisipasi kerusakan lantai kayu karena serangga.

Memindahkan Posisi Perabot

tips lantai kayu

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan warna lantai kayu memudar perlahan. Untuk menyiasati hal ini, anda dapat memindahkan perabot anda secara rutin. Namun, ingatlah untuk tidak mendorong perabot anda, khususnya yang besar atau berat agar tidak menimbulkan goresan di lantai kayu anda. Melakukan proses steam secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk merawat lantai kayu anda agar warnanya tidak cepat pudar.

Jika anda memutuskan menggunakan karpet di atas lantai kayu anda, pastikan anda memilih karpet yang mudah digeser. Selain itu, anda juga perlu menjemur karpet anda secara rutin untuk menghindari kelembaban pada lantai kayu anda.

Hindari kontak langsung dengan cahaya matahari

merawat lantai kayu

Sinar matahari langsung berinteraksi dengan lantai kayu akan menyebabkan penuaan warna pada parquet atau discoloring, Gunakanlah tirai transparan untuk menutupi daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

Hindari goresan akibat furniture

cara merawat lantai kayu

Lindungilah lantai parquet anda dari goresan furniture, di usahakan memindahkan furniture dengan cara di angkat jangan di tarik langsung. Hindari penggunaan furniture yang menggunakan roda, apabila ada area yang terlihat sudah barut lakukanlah refinish ulang agar tampilan parquet anda selalu kelihatan kinclong.

cara merawat lantai kayu

Solusi agar lantai kayu terhindar dari goresan akibat terkena furniture, gunakanlah alas atau pelindung seperti pada kaki-kaki meja dan kursi. Pelindung ini cukup efektif bagi perabotan atau furniture yang mudah tergeser, dengan begitu lantai kayu akan terhindar dari goresan yang tidak di sengaja.

Dengan melakukan prosedur membersihkan dan merawat lantai kayu diatas, lantai kayu pada hunian anda akan terlihat mengkilap dan akan bertahan hingga bertahun-tahun. Tips di atas terbilang cukup mudah, kami yakin anda bisa melakukannya.

***

Demikianlah ulasan kita kali ini, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda dan tentunya dapat menambah wawasan anda tentang lantai parket. Kami ucapkan terimakasih bagi anda semua yang sudah membaca artikel ini hingga akhir.

Untuk anda yang memerlukan informasi jasa pasang parket, produk lantai kayu, atau jasa refurbish lantai kayu dengan tenaga yang ahli dan profesional dapat menghubungi kami disini  0812-2041-993

(Visited 609 times, 1 visits today)
Scroll to Top