Cara Merawat Lantai Kayu agar dapat digunakan hingga bertahun-tahun

Bagi anda yang menyukai suasana tenang, alami, dan bebas, akan sangat cocok bila anda menggunakan lantai kayu dalam desain interior rumah anda. Guratan alami pada lantai kayu memberikan sentuhan estetika tersendiri dalam rumah anda secara keseluruhan. Di samping itu, rumah dengan lantai kayu cenderung sejuk di hari panas, dan hangat di hari dingin, sehingga sangat nyaman untuk berlama-lama tinggal di rumah dan menikmati quality time bersama keluarga dan orang-orang terkasih anda.

Namun, untuk anda ketahui, merawat lantai kayu tidaklah semudah merawat lantai keramik. Khususnya bagi lantai kayu yang terbuat dari bahan kayu solid (100% kayu). Sifat kayu yang mudah berubah bentuk karena dipengaruhi oleh suhu, rentan terhadap kelembaban, serta disukai oleh serangga menjadikan merawat lantai kayu menjadi hal yang penting anda ketahui demi menjaga kenyamanan tempat tinggal anda.

Rutin Menyapu

rajin disapukan

Sebagaimana lantai pada umumnya, menyapu merupakan hal dasar dari cara merawat lantai kayu dan juga lantai lainnya. Lantai yang rutin disapu akan terhindar dari penumpukan debu dan kotoran. Untuk menyapu lantai kayu di rumah anda, sebaiknya anda menggunakan sapu dengan bulu yang lembut atau menggunakan vacuum cleaner, dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan lap kering.

Jika lantai kayu di rumah anda terbuat dari kayu solid, sebaiknya anda juga melakukan proses waxing melakukan semir ulang lantai rumah anda secara rutin dengan menggunakan pengilap kayu, sehingga kualitas kayu di lantai rumah anda senantiasa terjaga.

Hindari Kelembaban

Kayu dan kelembaban merupakan musuh yang tak akan pernah akur. Kelembaban yang berlebih akan mengurangi usia lantai kayu anda dan menyebabkannya keropos lebih cepat. Oleh karena itu, jangan pel lantai kayu rumah anda. Bahkan meskipun lantai kayu anda terkena noda bekas makanan atau minuman, bersihkan saja dengan lap kering. Anda juga bisa menggunakan perasaan jeruk lemon, belimbing wuluh, atau air cuka putih untuk mengatasi noda membandel. Penggunaan jeruk lemon, belimbing wuluh, atau air cuka juga dapat menjaga kilau lantai kayu anda.

Selain itu, anda juga dapat menjaga kualitas lantai kayu anda dengan menyuntikkan bahan kimia anti rayap pada beberapa potongan kayu untuk menghindari kelembaban lantai kayu dan mengantisipasi kerusakan lantai kayu karena serangga.

Memindahkan Posisi Perabot

Paparan sinar matahri dapat menyebabkan warna lantai kayu memudar perlahan. Untuk menyiasati hal ini, anda dapat memindahkan perabot anda secara rutin. Namun, ingatlah untuk tidak mendorong perabot anda, khususnya yang besar atau berat agar tidak menimbulkan goresan di lantai kayu anda. Melakukan proses steam secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga warna lantai kayu anda agar tidak cepat pudar.

Jika anda memutuskan menggunakan karpet di atas lantai kayu anda, pastikan anda memilih karpet yang mudah digeser. Selain itu, anda juga perlu menjemur karpet anda secara rutin untuk menghindari kelembaban pada lantai kayu anda.

bagi anda yang membutuhkan data harga lantai kayu bisa baca : harga lantai kayu terupdate

%d blogger menyukai ini: