Jenis – Jenis Lantai Kayu Untuk Hunian Etnik Klasik

Lantai kayu adalah salah satu unsur pendukung keindahan rumah etnik yang beraksen klasik. Sebelum memasang lantai kayu di seluruh atau sebagian ruangan, penghuni rumah harus mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis lantai kayu. Berdasarkan jenis materialnya, ada 2 jenis kayu yang menjadi lantai untuk di rumah. 2 jenis kayu tersebut yaitu kayu solid yang diistilahkan sebagai solid hardwood dan kayu buatan yang diistilahkan sebagai engineered hardwood.

Sedangkan untuk bentuknya ada 3 jenis. 3 Jenis tersebut antara lain kayu strip, plank, dan parket. Kau strip adalah bentuk dengan lidah alur. Plank adalah bentuk yang terdiri dari 3 strip berukuran lebar. Untuk bentuk parket, lantai kayunya membentuk motif yang khas.

  1. Solid Hardwood Flooring

decking kayu ulin

Yang dimaksud dengan solid hardwood flooring adalah penggunaan kayu solid sebagai lantai. Kayu solid melalui proses pembentukan mirip plank dengan ukuran ketebalan rata – rata 18 mm. Namun, ada juga beberapa produsen yang menjual produk ini dengan ukuran ketebalan 10 mm. Untuk pemasangannya, kayu solid 10 mm bisa memanfaatkan lem atau strapler. Sedangkan kayu solid yang lebih tebal, misalnya 18 mm tidak bisa memanfaatkan dua alat tersebut dan lebih baik menggunakan paku.

Secara umum, pada bagian tersebut terdapat alur serta lidah disampingnya. Secara spesifik, keistimewaan bahan ini yaitu tetap bisa dihaluskan dengan diamplas ulang meskipun sudah dipakai lama. Kayu dikerjakan sebagai lantai, lalu proses penyelesaiannya dikerjakan saat pemasangannya telah terselesaikan. Setelah finishing, baru dipasang beberapa bentuk lidah dan alur bentuk siku berukuran kecil agar lebih rapi dan unik.

Kekurangan dari proses dan penggunaan solid hardwood flooring adalah susunan partikel kayu yang rentan menyusut dan mengembang sesuai perubahan suhu. Begitulah karakteristik kayu yang asli 100% solid. Sehingga, untuk mengantisipasi hal tersebut dibuat pula penutupan lantai dengan dasar alas tiang pada lantai.

bagi selengkapnya : harga lantai kayu terbaru dan terupdate

  1. Engineered Hardwood Flooring

lantai vinyl

Plywood atau papan buatan memiliki struktur konstruksi yang sama dengan engineered hardwood flooring. Caranya lebih dengan menyusun lapisan kayu secara horizontal tiap lapisannya. Untuk leveling yang sudah baik, pemasangan di atas beton maupun langsung pada lantai dapat dilakukan.

Berbeda dengan kayu solid, kayu buatan yang dimanfaatkan sebagai lantai hanya bisa didapat dengan ukuran ketebalan 15 mm. Itupun sudah melalui tahap penyelesaian. Sehingga, engineered hardwood flooring tidak dapat diamplas lagi. Namun, kayu ini  juga memiliki keutamaan yakni  lebih sederhana dalam hal pemasangan. Sehingga, kayu jenis ini mudah sekali dimanfaatkan pada setiap sudut rumah.

%d blogger menyukai ini: