lantai vinyl

5 Jenis Lantai Rumah Yang Sering Dipakai

Lantai Di dalam rumah menjadi elemen yang sangat penting selain elemen penting lainnya seperti atap, pondasi dan lain sebagainya. Bagi seorang yang sangat memperhatikan tampilan sebuah rumah, tentunya akan memilih jenis-jenis elemen dekorasi rumah secara baik tak terkecuali dengan pemilihan sebuah lantai.

Dan pada kesempatan kita kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis lantai rumah yang sering di pakai. Secara umum, bahan penutup lantai dibedakan menjadi 2 kategori yaitu jenis lantai alami dan buatan. Lantai yang terbuat dari bahan-bahan yang kita dapat dari alam inilah yang merupakan jenis lantai alami, contohnya kayu dan bebatuan. Sedangkan contoh dari lantai buatan diantaranya semen, keramik, vinyl, linoleum dan laminate.

Berikut Jenis-Jenis Lantai Yang Sering Digunakan Untuk Rumah

Terdapat beberapa jenis lantai yang tersedia di pasaran, akan tetapi hanya beberapa jenis lantai saja yang banyak digunakan untuk dijadikan penutup lantai dasar di dalam sebuah hunian. Terdapat beragam faktor pendukung kenapa hanya sedikit jenis lantai yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, di mulai dari segi harga, kualitas hingga karakteristiknya.

Lalu, jenis lantai apa sajakah yang banyak diminati oleh orang-orang? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Lantai Kayu

Lantai kayu menjadi salah satu jenis lantai yang akan kita bahas pertama. Lantai kayu ini sering disebut parket sebagai istilah kerennya. Biasanya Jenis lantai yang satu ini sangat digemari oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang seni. Sebab lantai ini memiliki nilai estetika yang jarang bisa didapat dari jenis lantai lainnya. Selain itu, lantai kayu ini sangat nyaman jika dibandingkan dengan lantai yang berbahan dasar batu atau keramik.

lantai kayu merupakan sebuah produk penutup lantai yang sering dipakai

Saat ini penggunaan lantai kayu di rumah-rumah sudah kian banyak, bahkan seiring berjalannya waktu pemakaiannya trus meningkat dari tahun-tahun. Dari sini kita sudah bisa memastikan bahwa lantai kayu bukan penutup lantai biasa yang hanya berfungsi sebagai pijakan saja, tetapi dapat juga mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah.

Sayangnya, lantai kayu di jual dengan harga yang cukup tinggi sehingga tidak mudah dijangkau oleh semua kalangan, meskipun harganya mahal tetapi sebanding dengan kualitas dan karakteristiknya. Lantai kayu cukup awet, bahkan dapat bertahan hingga puluhan tahun bila perawatannya teratur.

Baca juga : harga lantai kayu terupdate 2021

2. Lantai Keramik

Beberapa alasan mengapa orang menjadikan keramik sebagai pilihan untuk lantai rumahnya adalah beragamnya bentuk, pola dan teksturnya serta banyak sekali variant warnanya. Keramik ini menjadi bahan lantai yang paling banyak dipakai disebagian besar rumah di Indonesia. Bahan dasar pembuatan keramik adalah tanah liat (clay) dimana tanah liat tersebut diolah melalui beberapa tahapan beberapa diantaranya dalah pertama dibakar dengan suhu tertentu dan dilapisi dengan glasur yang kemudian akan membantuk warna,pola dan tekstru keramik

lantai keramik merupakan jenis lantai yang sering digunakan

Alasan mengapa lantai keramik ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia karena harganya sangat terjangkau, mudah di rawat dan cukup awet, bahkan dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Maka tak heran, jika setiap rumah yang kita kunjungi sebelumnya hampir semua menggunakan lantai keramik.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu dengan keramik

3. Lantai Marmer

Lantai granit atau Marmer sering disebut juga dengan Marble, jenis lantai ini merupakan salah satu jenis lantai yang cukup kokoh dan serbaguna juga. Kita tidak hanya bisa menggunakan bahan marmer ini untuk lantai saja, tetapi bisa juga digunakan untuk pelapis dinding rumah. Bahan material yang bisa multifungsi tersebut sangatlah jarang.

lantai marmer sering digunakan oleh rumah mewah

Tampilan yang dihasilkan dari lantai marmer ini begitu elegan dan memperkuat karakter sebuah hunian, sehingga tidak ada salahnya bila Anda memasukan lantai marmer ini ke dalam bucket list Anda.

Lantai marmer ini sering digunakan oleh rumah-rumah mewah modern, sama sepeti halnya dengan lantai kayu.

Baca juga : Alternatif pilihan selain keramik & marmer

4. Lantai vinyl motif kayu

Selanjutnya, terdapat salah satu jenis lantai yang cukup sering di berbagai rumah di Indonesia selain lantai keramik dan lantai kayu yakni lantai vinyl. Jenis lantai yang satu ini sangat populer, bahkan di pasaran produknya sering laku keras.

lantai vinyl motif kayu sering digunakan untuk ruangan

Lantai vinyl ini merupakan sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride), yang dimana bahan tersebut cukup elastis dan teksturnya halus. Terdapat beberapa jenis lantai vinyl yang tersedia, diantaranya:

  • Vinyl tile
  • Vinyl click
  • Vinyl roll
  • Vinyl plank

Kenapa lantai vinyl banyak diminati? karena lantai vinyl di jual dengan harga yang sangat murah, mudah dalm hal instalasi, beragam motif pilihan dan tahan terhadap air.

Baca juga : Harga lantai vinyl per meter

5. Lantai parket laminate

Salah satu jenis lantai yang hampir serupa dengan lantai parket solid yaitu lantai kayu laminate. Hanya saja, perbedaannya terletak pada segi bahan pembuatan, yang dimana lantai kayu solid terbuat dari kayu utuh alami tanpa adannya bahan campuran lain, sedangkan laminate terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan resin.

lantai kayu laminasi sering dipakai untuk menutupi lantai rumah minimalis

Lantai laminasi ini mudah di terapkan ke dalam hunian dan mempunyai motif kayu yang elegan. Selain itu, harga lantai laminate ini cukup murah hampir serupa dengan harga vinyl. Oleh sebab itu, jenis lantai yang satu ini banyak juga yang memakainya dan biasanya lantai laminate sering di aplikasikan ke dalam ruang keluarga, kamar tidur dan ruang tamu.

Baca juga : Harga lantai kayu laminate per meter 2021

Dari ketiga jenis lantai diatas, tentunya memiliki penikmatnya sendiri. Namun andaikan disuruh milih, saya akan memilih jenis lantai kayu. Karena masih jarang sekali orang yang memilikinya, sehingga akan terlihat berbeda. Mungkin cukup sekian informasi yang dapat saya bagian. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai macam-macam lantai yang sering digunakan di dalam hunian minimalis, modern, sederhana dan klasik.

(Visited 102 times, 1 visits today)
Scroll to Top