Perbedaan antara kayu solid, vinyl dan laminated

Apa bedanya kayu solid, vinyl, dan laminated.

Akhir-akhir ini memang penggunaan lantai kayu sebagai bahan material penutup lantai rumah memang sedang naik daun.

Produk yang tersedia di pasaran tentunya sangat beragam jenis dan berbeda-beda kualitas serta harga yang dibandrol bervariasi.

Setiap jenis lantai kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tahukah Anda, bahwa lantai kayu ini terbagi menjadi 3 bagian yang di perdagangkan di pasaran antara lain yaitu lantai kayu solid, lantai kayu laminated dan lantai kayu vinyl.

Ketiga jenis produk tersebut memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing serta memiliki kualitas yang secara signifikan berbeda, walaupun pada intinya sama-sama berfungsi untuk menutupi lantai.

Perbedaan lantai kayu

Perlu diketahui, sebelum Anda memutuskan ingin membeli produk lantai kayu dan tidak bingung ingin memilih jenis apa nantinya yang akan digunakan. Simak ulasan berikut:

Lantai kayu solid


Lantai kayu solid
Solid wood

Jenis lantai kayu yang satu ini terbuat dari kayu yang utuh bukan buatan atau campuran dengan jenis kayu lain.

Pembuatan jenis kayu solid ini menggunakan jenis kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu keran yang diantaranya seperti, kayu jati, merbau, sonokeling, keruing, ulin, bengkirai dan jenis kayu keras lainnya.

Lantai kayu solid ini memiliki berbagai macam tipe yang bisa dibedakan berdasarkan penempatannya dan memiliki beragam produk selain digunakan sebagai lantai kayu seperti:

  • papan tangga
  • Penutup lantai di luar ruangan (Decking)
  • Penutup lantai di dalam ruangan (Flooring dan parket)
  • Plafon
  • Plint

Produk yang dihasilkan dari kayu solid memang beragam dan tidak terfokus untuk dimanfaatkan sebagai lantai kayu. Setiap tipe lantai kayu solid tersebut memiliki karakteristik dan kelebihannya karena terbuat dari jenis kayu yang berbeda-beda.

Berikut inilah dia kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh kayu solid, Simak ulasannya berikut ini:

  • Memiliki kualitas yang cukup tinggi.
  • Memiliki ketahanan, kekerasan dan keawetan yang cukup baik.
  • Berkesan hangat sehingga terhindar dari penyakit ramatik.
  • Dapat mengeluarkan ION negatif yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.
  • Tampilan rumah menjadi alami dan berkesan natural.
  • Menjadikan harga jual rumah tinggi sehingga bagus untuk investasi.

 

Lantai kayu Laminated


Lantai kayu laminated
laminated flooring

Bahan untuk lantai yang terbuat dari serbuk kayu di bikin papan dengan cara di press disebut HDF sejenis MDF ( HDF= High Density Fiber). Kemudian salah satu permukaannya di laminasi  dengan bahan sejenis plastik bermotif kayu. Jadi jenis ini bukan kayu asli, tapi kayu tiruan.

HPL adalah jenis kertas tebal dengan tekstur dan motif kayu yang direkatkan pada kayu olahan seperti particle board, MDF atau blockboard. Adapun proses produksi HPL adalah dengan merekatkannya melalui tekanan dan suhu panas tinggi sehingga tersedia dalam bentuk lembaran dan ukuran besar.

Melalui proses pembuatan HPL (High Pressure Laminate) yang diolah langsung oleh pabrikan, finishing jenis ini memiliki ketahanan yang baik untuk penggunaan jangka panjang. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan HPL (High Pressure Laminate).

Kelebihan yang dimiliki lantai kayu laminated ini antara lain yaitu:

  • Memiliki banyak pilihan motif kayu.
  • Mudah cara pembersihannya.
  • Memiliki harga yang cukup terjangkau.
  • ketahanan terhadap air cukup baik, sehingga bisa dipasang di area dapur tetapi tidak bisa di kamar mandi.

akan tetapi, lantai kayu laminated ini tidak bisa dilakukan pembaharuan jika permukaan lantainya sudah mulai memudar, berbeda dengan lantai kayu solid.

Tidak hanya itu, lantai kayu laminated pun jika terlalu sering terkena matahari akan cepat melinting karena kekuatan dan ketahanan yang dimiliki lantai kayu laminated ini kurang baik.

Lantai vinyl motif kayu


Lantai kayu vinyl
Vinyl flooring

Lantai vinyl ini sebenarnya bukan terbuat dari kayu asli, akan tetapi jenis lantai yang satu ini memiliki berbagai macam motif yang bisa menirukan berbagai macam jenis lantai seperti lantai keramik, lantai kayu, dan jenis lantai lainnya.

Cara pembuatan untuk jenis lantai yang satu ini hampir mirip dengan cara pembuatan lantai kayu laminated, yang membedakan hanya bahan yang digunakan. Lantai kayu laminated menggunakan bahan kayu untuk pembuatannya sementara lantai vinyl tidak ada bahan kayu yang digunakan hanya motif permukaannya saja.

Berikut inilah dia keunggulan yang dimiliki lantai vinyl, simak ulasan berikut:

  • Memiliki variasi motif yang sangat beragam
  • memiliki sifat elastisitas yang cukup bagus
  • Memiliki kesan hangat
  • Tahan terhadap air
  • Mudah dibersihkan

Lantai vinyl ini kurang bagus dari segi ketahanannya dan keawetanya serta sulit diperbaiki jika permukaan lantainya mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, lantai jenis ini pun kurang bagus untuk kesehatan karena pembuatan lantai vinyl ini terbuat dari bahan kimia.

Apa perbedaan antara parket dan flooring


Perbedaan parket dan flooring
Perbedaan parket dan flooring

Perbedaan antara produk parket dengan produk flooring yaitu antara lain hanya membedakan dari segi ukuran, tetapi di buat dengan bahan yang sama yaitu dari bahan kayu solid.

Ukuran standar parket biasa= 5cm x 20cm,  5cm x 25cm, 5cm x 30cm. (Lebar x Panjang)
Ukuran standar Parket Flooring= 9cm x 45cm up  (Lebar x Panjang)

Apa bedanya jati, merbau, sonokeling. Yang mana yang paling bagus untuk kamar tidur?


Kayu jati, kayu merbau dan kayu sonokeling
Produk lantai kayu

Kayu Jati warnanya kuning kecoklatan dengan serat kembang, Kayu merbau warnanya coklat Kemerahan dengan serat garis kecil-kecil.

Kayu sonokeling warnanya hitam dengan serat mirip jati. Ketiganya termasuk berkualitas tinggi juga disebut kayu keras (Hard Wood) tahan lama dan tahan rayap, Yang membedakan hanya dari segi harga.

Baca juga: Harga produk lantai kayu terbaru 2021

Apa yang maksud dengan jati KW 1 atau KW 2 ?


Jenis Kayu KW 1 dan KW 2= Setiap produksi Lantai Kayu, pasti ada yang hasilnya bagus dan kurang bagus, Dari segi presisi dan dari segi tampilan ada yang berwarna coklat dan warna putih, keduanya disortir. yang paling bagus masuk ke KW.1, yang kurang bagus masuk ke KW.2.

Apakah kayu ini ada kemungkinan kena rayap?


Tahan rayap


Untuk Jenis kayu keras kelas 1 seperti jati,Merbau,kayu besi/ulin,atau sono keling.rata2 didalam kayu tersebut terdapat senyawa tektikuinon, sebagai senyawa anti rayap,sehingga dalam pemakaiannya bisa tahan lama, bahkan bisa berumur ratusan tahun.

Bisa kita lihat kalau di daerah kalimantan banyak jembatan yang terbuat dari kayu ulin,dan umurnya sudah ratusan tahun.Dan bisa kita lihat juga seperti bantalan kereta api,sampai sekarang di beberapa titik masih menggunakan bantalan dari kayu.

Sedangkan untuk jenis lantai kayu laminated, rata2 menggunakan bahan anti rayap buatan,dan ini sifat pemakaiannya temporer.

 

Itulah dia pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

Selamat menikmati hunian rumah dengan tampilan yang berbeda menggunakan lantai kayu.

 

(Visited 107 times, 1 visits today)
Scroll to Top