apa itu wpc decking

Apa Itu WPC Decking? Kenali Karakterisik Lengkapnya Disini

Apa Itu WPC Decking, Galleryparquet.com – Decking adalah salah satu cara untuk menambahkan lantai teras atau teras di sekitar rumah Anda. Decking dapat dibuat dari berbagai jenis material, seperti kayu, komposit, atau bahan sintetis lain seperti WPC.

Decking memungkinkan anda untuk menambahkan lantai ekstra di luar rumah, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tempat duduk, BBQ, atau hanya sebagai tempat bersantai.

Decking juga dapat menambah nilai estetika pada rumah dan memberikan tampilan yang lebih indah pada area luar rumah. Salah satu jenis decking yang akan menjadi fokus pembahasasn kali ini yaitu decking WPC.

Artikel Rekomendasi:
3 Decking Kolam Renang Terbaik, Tahan & Aman!

Mengenal Apa Itu WPC Decking

wpc decking

WPC (Wood Plastic Composite) Decking adalah material lantai yang terdiri dari campuran kayu dan plastik yang dicampur dan dicetak ke dalam bentuk lantai kayu yang terlihat natural dan hampir mirip decking kayu solid.

Material ini sering digunakan untuk membuat lantai teras, taman, dan area luar ruangan lainnya.

Decking WPC ini banyak orang yang menilainya lebih tahan air dan tahan cuaca daripada kayu alami, sehingga lebih cocok untuk pemasangan di luar ruangan.

Material ini juga sering dianggap lebih ramah lingkungan daripada kayu alami, karena ia terbuat dari campuran kayu yang didaur ulang dan plastik yang diperoleh dari sumber yang lebih ramah lingkungan.

Namun kita tidak bisa menyimpulkan bahwa decking WPC lebih baik daripada decking kayu solid, untuk lebih jelasnya pelajari informasi lebih lengkap tentang decking wpc dibawah ini.

Karakteristik WPC Decking Paling Umum

wpc decking

Untuk menilai bagaimana suatu barang tersebut memiliki nilai plus atau minus, tentu kita perlu mempelajari bagaimana karakteristiknya.

Karakteristik utama WPC decking adalah sebagai berikut:

  • Tahan air: WPC decking tahan terhadap air dan tidak mudah keropos atau membusuk. Ini membuatnya ideal untuk digunakan di daerah yang terpapar air, seperti dekat kolam renang atau di dekat pantai.
  • Tahan cuaca: WPC decking tidak mudah terpengaruh oleh sinar matahari atau hujan, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrim.
  • Anti jamur: WPC decking tidak mudah terpengaruh oleh jamur atau tumbuhan lainnya, sehingga tidak mudah rusak atau membusuk.
  • Tidak perlu perawatan: WPC decking tidak memerlukan perawatan khusus seperti pengecatan atau pengolesan lapisan pelindung. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur untuk memastikan kebersihannya.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan tekstur: WPC decking tersedia dalam berbagai warna dan tekstur yang dapat disesuaikan dengan gaya atau tema rumah Anda.
  • Mudah dipasang: WPC decking mudah dipasang dan dapat dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam pemasangan lantai.

Baca Juga:
Fungsi Decking Kayu yang Belum Anda Ketahui

Pertimbangkan Kekurangan Menggunakan Decking WPC

wpc decking

Meskipun WPC decking memiliki beberapa kelebihan, seperti tahan lama, mudah dibersihkan, dan tahan cuaca, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Salah satu kekurangan utama dari WPC decking adalah harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan kayu biasa. WPC decking juga mungkin tidak sekuat kayu yang asli dan mungkin akan membentur atau retak dengan penggunaan yang intensif. Selain itu, WPC decking mungkin tidak sesuai untuk beberapa lingkungan atau tujuan penggunaan.

Dalam beberapa kasus, WPC decking juga mungkin memiliki aroma yang tidak menyenangkan, yang mungkin beberapa orang tidak menyukainya. Selain itu, WPC decking mungkin tidak selalu tersedia dalam berbagai warna atau tekstur yang tersedia untuk kayu biasa, sehingga mungkin kurang fleksibel dalam desain.

Secara keseluruhan, WPC decking memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Meskipun ia memiliki beberapa kelebihan, seperti tahan lama dan mudah dibersihkan, ia juga lebih mahal dibandingkan dengan kayu biasa dan mungkin tidak sesuai untuk semua lingkungan atau tujuan penggunaan.

Tips Penempatan Decking WPC

wpc decking

WPC decking banyak digunakan sebagai pemasangan lantai di luar ruangan, seperti teras, balkon, atau taman. Untuk penempatan yang paling tepat, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Kondisi cuaca: Pastikan tempat yang dipilih tidak terkena sinar matahari langsung atau terkena air hujan yang berlebihan, karena dapat menyebabkan kerusakan pada decking WPC.
  2. Kondisi lokasi: Pilih lokasi yang datar dan kuat untuk mendukung berat decking WPC.
  3. Ketinggian: Jika decking akan ditempatkan di ketinggian yang tinggi, pastikan ada pagar atau balustrade yang memadai untuk menjamin keamanan.
  4. Aksesibilitas: Pastikan lokasi mudah dijangkau dan mudah untuk membersihkan dan merawat decking WPC.
  5. Desain: Pilih lokasi yang sesuai dengan desain rumah atau taman yang diinginkan, serta memperhatikan kebutuhan privasi dan pemandangan yang diinginkan.

Apakah Lebih Bagus Dari Decking Kayu Solid?

wpc decking

Dari segi kekuatan, decking WPC (Wood Plastic Composite) mungkin lebih tahan lama daripada decking kayu solid. WPC terbuat dari campuran kayu dan plastik, sehingga memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada kayu solid.

Namun, WPC mungkin tidak se-estetis kayu solid, terutama jika anda menginginkan tampilan yang alami. Selain itu, WPC juga mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi daripada kayu solid, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

Jadi, tergantung pada kebutuhan dan preferensi anda, salah satunya bisa jadi pilihan yang lebih baik daripada yang lain.

Buka Disini:
Jual 10 Jenis Lantai Kayu Outdoor Berkualitas, Tahan Cuaca!

Sekian pembahasan mengenai apa itu WPC Decking, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi anda untuk membangun rumah impian dengan desain ekseterios yang estetik.

Konsultasikan dengan kami seputar decking kayu, dapatkan penjelasan produk dari mulai harga, spesifikasi dan rekomendasi pemasangan. Hubungi sekarang dan dapatkan kesempatan promo awal tahun yang mengejutkan!

(Visited 247 times, 1 visits today)
Scroll to Top