cara hitung kebutuhan material decking kayu kolam renang

Cara Hitung Kebutuhan Material Decking Kayu Kolam Renang

Kolam renang adalah salah satu fasilitas yang sangat digemari, terutama saat musim panas tiba. Namun, untuk membuat kolam renang yang indah dan nyaman, diperlukan perencanaan yang matang.

Salah satu aspek penting yang harus Anda pertimbangkan adalah material untuk decking pinggiran kolam renang. Decking kayu adalah pilihan populer karena tampilannya yang estetis dan daya tahannya terhadap cuaca.

Namun, sebelum Anda memulai proyek ini, Anda perlu tahu cara menghitung kebutuhan material decking kayu untuk pinggiran kolam renang Anda.

Mengapa Menggunakan Decking Kayu?

decking kayu pinggiran kolam renang

Sebelum kita masuk ke perhitungan yang lebih mendalam, mari kita bahas mengapa decking kayu menjadi pilihan yang tepat untuk pinggiran kolam renang Anda.

Decking kayu memiliki keindahan alami yang sulit ditandingi oleh material lainnya. Kayu memberikan nuansa hangat dan alami, menciptakan suasana yang cocok untuk bersantai di sekitar kolam renang.

Selain itu, decking kayu juga tahan terhadap cuaca ekstrem. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang keretakan atau perubahan bentuk akibat suhu yang berfluktuasi. Kayu juga memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap kelembapan, yang merupakan faktor penting di sekitar kolam renang.

Selengkapnya:
Apa Itu Decking Kayu Outdoor? Yuk Pelajari Karakteristiknya

Menentukan Luas Decking

decking kayu pinggiran kolam renang

Langkah pertama dalam menghitung kebutuhan material decking kayu adalah menentukan luas area yang akan Anda tutupi dengan decking. Biasanya, area ini adalah pinggiran kolam renang. Untuk itu, Anda perlu mengukur panjang dan lebar kolam renang Anda.

Mengukur Panjang dan Lebar Kolam

  1. Ambil penggaris atau alat ukur yang panjangnya cukup untuk mengukur panjang kolam renang Anda. Mulai dari satu ujung kolam dan catat angkanya.
  2. Lakukan hal yang sama untuk mengukur lebar kolam renang Anda. Pastikan Anda mengukur dari pinggiran kolam ke pinggiran kolam yang berlawanan.
  3. Setelah Anda memiliki kedua angka tersebut, kalikan panjang dengan lebar untuk mendapatkan luas keseluruhan pinggiran kolam renang Anda.
  4. Misalnya, jika panjang kolam Anda adalah 10 meter dan lebarnya adalah 5 meter, maka luasnya adalah 50 meter persegi.

Menambahkan Cadangan

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan cadangan material. Ini penting karena selalu lebih baik memiliki sedikit material tambahan daripada kekurangan. Biasanya, tambahkan sekitar 10% hingga 15% dari luas yang telah Anda hitung sebelumnya. Jadi, jika luas pinggiran kolam renang Anda adalah 50 meter persegi, tambahkan sekitar 5 hingga 7,5 meter persegi sebagai cadangan.

Menghitung Kebutuhan Decking Kayu

decking kayu pinggiran kolam renang

Setelah Anda memiliki luas keseluruhan yang sudah disesuaikan dengan cadangan, sekarang saatnya menghitung berapa banyak kayu yang Anda butuhkan. Ini akan bergantung pada jenis kayu yang Anda pilih dan lebar papan decking yang akan Anda gunakan.

Memilih Jenis Kayu

Pertama-tama, Anda perlu memilih jenis kayu untuk decking Anda. Beberapa jenis kayu yang umum digunakan untuk proyek seperti ini adalah kayu ulin, kayu jati, atau kayu bangkirai. Setiap jenis kayu memiliki harga dan karakteristik yang berbeda, jadi pertimbangkan dengan baik sebelum membuat keputusan.

Baca Disini:
3 Decking Kolam Renang Terbaik, Tahan & Aman!

Menentukan Lebar Papan Decking

decking kayu pinggiran kolam renang

Selanjutnya, tentukan lebar papan decking yang akan Anda gunakan. Papan decking biasanya tersedia dalam berbagai lebar, mulai dari 90 mm hingga 150 mm atau lebih. Lebar papan ini akan memengaruhi seberapa banyak papan yang Anda butuhkan.

Menghitung Kebutuhan Papan Decking

Untuk menghitung jumlah papan decking yang Anda butuhkan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan lebar papan decking yang akan Anda gunakan. Misalnya, Anda memilih papan dengan lebar 120 mm.
  2. Bagi luas keseluruhan decking (termasuk cadangan) dengan lebar papan. Misalnya, jika luas total adalah 55 meter persegi (termasuk cadangan) dan lebar papan adalah 120 mm (0,12 meter), maka Anda perlu:
    55 m² / 0,12 m = 458,33 papan
  3. Karena Anda tidak bisa membeli pecahan papan, Anda perlu membulatkannya ke atas. Jadi, Anda akan membutuhkan sekitar 459 papan decking.

Cek Harga Decking:
Turun Harga! Daftar Decking Lantai Kayu Outdoor Tahun 2023

Memperhitungkan Pengurangan

Terkadang, Anda perlu memotong papan decking agar sesuai dengan bentuk area sekitar kolam renang, seperti sudut atau lengkungan. Ini akan menghasilkan potongan-potongan kecil yang tidak dapat digunakan untuk area lain. Untuk menghindari kekurangan material, tambahkan beberapa papan ekstra sebagai pengganti potongan yang terbuang.

Kesimpulan

decking kayu pinggiran kolam renang

Menghitung kebutuhan material decking kayu pinggiran kolam renang bukanlah tugas yang sulit. Ini adalah langkah penting dalam perencanaan proyek Anda, dan dengan perhitungan yang cermat, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki cukup material untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa kekurangan.

Selain itu, dengan memilih jenis kayu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda, Anda dapat menciptakan area pinggiran kolam renang yang indah dan tahan lama.

Sekarang Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menghitung kebutuhan material decking kayu untuk pinggiran kolam renang Anda. Selamat memulai proyek Anda dan nikmati waktu bersantai di sekitar kolam renang yang indah itu!

(Visited 18 times, 1 visits today)
Scroll to Top