CARA PASANG DECKING

Cara Pasang Decking Kayu Pada Halaman Belakang Rumah

Cara Pasang Decking – Rumah merupakan tempat istirahat yang paling nyaman setelah beraktifitas diluar, tempat mengasyikan yang berada dirumah seperti ruang keluarga, ruang bermain, dan yang paling nyaman ada di halaman belakang yang tentunya bisa dijadikan gazebo.

Agar mendapatkan kenyamanan itu tentunya perlu menggunakan dekorasi alami yang tentunya family friendly, lantai kayu bisa menjadi salah satu contoh untuk membuat halaman belakang lebih nyaman untuk keluarga.

Ada beragam produk lantai kayu untuk halaman belakang rumah, yang paling populer yaitu decking kayu.

Decking kayu merupakan jenis produk lantai kayu yang memang peruntukannya untuk area luar ruangan (outdoor).

Anda bisa menemukan produk decking dengan beragam jenis kayu sebagai material utamanya. Seperti decking kayu ulin, decking kayu merbau, decking kayu bengkirai, dan banyak lainnya di GalleryParquet.com!

Namun yang menjadi kendala adalah bagaimana cara memasang decking kayu pada halaman belakang rumah ?

Untuk itu akan kami berikan langkah-langkah memasang decking dengan rinci agar anda dapat memahami semua tahapan berikut.

Langkah Pertama : Persiapkan Peralatan

Yang paling penting adalah peralatan untuk menunjang semua kesiapan dalam memasang decking kayu.

CARA PASANG DECKING

Lalu apasaja peralatan yang perlu diperlukan? berikut rinciannya.

  • Gergaji
  • Benang
  • Paku
  • Palu
  • Cat finishing
  • Alat ukur

Setelah semua peralatan disiapkan langsung menuju langkah selanjutnya.

Langkah Kedua : Pastikan Permukaan Lantai Rata

Pertama-tama adalah lokasi yang akan di tutupi Decking kayu ini harus di Plester terlebih dahulu dan di rapikan dengan Acian.

Ini gunanya agar Decking kayu yang akan dipasang terhindar dari menyentuh tanah.

Selain itu juga, Acian semen berfungsi untuk melancarkan aliran air ketika terkena hujan atau siraman Air

Langah Ketiga : Siapkan Kaso Sebagai Bantalan Decking

Siapkan Balok kayu atau kayu Kaso yang akan digunakan sebagai Bantalan Decking (kerangkan deck).

Ketebalan balok Kayu ini harus di sesuaikan dengan level yang dibutuhkan.  

Bisa ukuran Kaso 2x4cm, bisa 4x6cm, bisa juga ukuran 5x7cm, atau bias juga dengan bahan Decking itu sendiri yang ukuran standarnya 1,9x9cm.

Langkah Keempat : Beri Ruang Pada Bantalan Decking

Langkah selanjutnya yaitu Bentangkan Bantalan kaso atau kayu ini diatas Acian yang akan dipasangi Decking dengan Jarak Standar yaitu 50cm atau 60cm. Atau tergantung ketebalan Decking yang akan digunakan. 

Ruang Bantalan Decking Ini gunanya untuk memberikan ruang sirkulasi udara di bawah Decking yang sudah dipasang tetap lancar. Hal ini dikarenakan ketebalan Decking mempengaruhi Stabilitas kekuatan Decking itu sendiri. Sedangkan jarak 50cm itu, adalah porsi standar untuk decking dengan ketebalan 1,9cm

Langkah Kelima : Sekrup atau Paku Bantalan Decking

Setelah Bantalan Kayu dibentangkan satu persatu, jangan lupa untuk memperkuat bentangan itu dengan cara di sekrup menggunakan Fisher agar Bantalan yang terpasang tidak bergeser.

Atau anda bisa menggunakan paku dengan ukuran yang di sesuaikan.

Langkah Keenam : Pasangkan Decking Kayu diatas Bantalan

Setelah itu, mulailah pengukuran Decking Kayu yang akan dipasang satu persatu dan langsung dipasang di atas Bantalan dengan cara di sekrup dari bagian atas.

CARA PASANG DECKING

Jika diperlukan, Bahan decking kayu itu boleh dipotong untuk menyesuaikan dengan ukuran Lapangan.

Perlu diperhatikan adalah pemasangan Decking ini harus dipasang secara zig-zag, sebagaimana pola pemasangan pada batu bata.

Ini gunanya agar pemasangan ini lebih kuat dan stabil karena saling terkait.

Langkah Ketujuh : Beri Jarak Pada Tiap Kayu Decking

Dan yang perlu diperhatikan adalah pemasangan decking itu harus diberikan jarak 3-5cm antara Decking lainnya.Ini gunanya untuk memberikan ruang pada pergerakan kayu saat memuai atau menyusut karena perubahan cuaca.  

Perlu diketahui bahwa semua jenis Kayu, baik itu di oven atau tidak, tetap akan melakukan pemuaian ketika terpapar langsung oleh perubahan cuaca.

Selain itu juga, harus diberikan jarak ketika bertemu dengan dinding atau tembok. Ini gunanya untuk memberikan ruang pada pergerakan kayu saat memuai atau menyusut karena perubahan cuaca

Tampilan dari jarak jauh lantai yang sudah dipasang decking memberikan perubahan yang sangat signifikan dibanding sebelum dipasang.  

Dan ini memberikan nuansa yang sangat anggun dan sejuk di area taman.

Langkah Kedelapan : Finishing Decking Kayu

Dan langkah terakhir, jangan lupa untuk melakukan Coating pada Decking kayu yang sudah terpasang.

Coating pada decking kayu bertujuan agar melapisi kayu dari berbagai resiko seperti goresan serta kerusakan dari perubahan cuaca.

Selain itu coating menumbuhkan warna kayu yang akan membuat tampilan decking pada halaman belakang rumah lebih berwarna.

CARA PASANG DECKING

Demikianlan Tahapan cara pasang decking yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai rencana untuk memasang Lantai Kayu decking di rumah Anda.

Silahkan kunjungi halaman Katalog Lantai Kayu dari Produk Kami untuk memesan produk Decking diatas dengan kualitas yang tak diragukan.

(Visited 149 times, 1 visits today)
Scroll to Top