lantai kayu untuk mesjid

Lantai Kayu Untuk Mesjid Bekasi

Kota Bekasi sangat kental dengan aroma Islamnya. Hal ini ditunjukkan pada banyaknya bangunan mesjid yang berdiri di setiap penjuru kota Bekasi yang besar ini. banyaknya penduduk yang beragama Islam pastinya membutuhkan banyak sarana ibadah yang memadai. Jadinya, mesjid di kota Bekasi banyak yang dibangun dengan megah, besar, dan memiliki ruang ibadah yang sangat luas. Luasnya area ibadah memang memberikan sirkulasi yang bagus, namun beribadah dengan nyaman lebih didambakan oleh setiap umat muslim tentunya. Lantai keramik yang dingin pada mesjid akan lebih nyaman dan enak jika diganti dengan lantai kayu untuk mesjid Bekasi. Lantai kayu dapat menggunakan lembar kayu parket yang disusun secara rapi. Banyak kelebihan dari penggunaan kayu parket sebagai lantai mesjid dibanding dengan lantai keramik. Apa sajakah itu? Mari lanjut ke bawah ini.

Lantai Kayu Untuk Mesjid

Kelebihan pokok dari lantai kayu dibanding material lainnya adalah suhu yang lebih hangat seperti yang sudah disebutkan di atas. Hal ini memang benar karena lantai kayu tidak menyalurkan suhu dingin di bawah lantai kayu dan tetap terjaga suhu permukaannya sehingga tetap nyaman dipakai di setiap waktu. Lantai kayu juga memberikan kesan natural, alami, dan khas. penggunaan lantai kayu dari lembar kayu parket yang memiliki serat akan lebih menonjolkan keistimewaan lantai dan meningkatkan estetika ruang ibadah mesjid. Paduan kayu parket yang memiliki serat dan polos dapat digunakan untuk menunjukkan batasan wilayah atau area ibadah pria dan wanita sehingga memudahkan penduduk yang ingin beribadah di mesjid Bekasi.

Kenyamanan Lantai Kayu

Kayu memang nyaman untuk digunakan sebagai lantai dan pula indah jika dipandang oleh mata. Namun kayu juga memiliki kelemahan tersendiri. Pemasangan kayu yang tidak benar akan memberikan efek lebih cepat rusaknya lantai kayu. Kayu memiliki musuh besar 2 hal, yaitu rayap dan air. kayu parket untuk indoor mesjid biasanya menggunakan jenis kayu yang tidak sekuat kayu parket untuk outdoor. Kayu parket harus bebas dari genangan air atau tetesan air dari atap. Untuk itu pemeliharaan atap mesjid agar tidak menimbulkan tetesan air saat hujan harus tetap dilakukan secara berkala. Kayu parket harus diolah lebih lanjut dengan diberi cairan anti rayap terlebih dahulu sebelum pemasangan dilakukan.

Kelemahan Lantai Kayu

Rayap merupakan binatang yang sangat suka akan kayu dan dapat membuat kayu menjadi lapuk dan keropos. Terdapat alternatif lain untuk agar rayap tidak datang untuk merusak lantai kayu, yaitu dengan membuat jebakan rayap di area tanah terbuka atau yang tidak terdapat perkerasan beton. Cara ini memang membutuhkan biaya yang tidak murah, namun cara ini sangat efektif agar rayap tidak menyerang lantai kayu atau rangka pintu atau jendela yang terbuat dari kayu. Dengan menggunakan ini, jebakan yang menggunakan kayu akan dimakan terlebih dahulu hingga perangkap tersebut habis termakan. Perangkap rayap biasanya sudah dilumuri oleh cairan pembunuh rayap agar rayap mati pada perangkap tersebut.

Lantai kayu untuk mesjid Bekasi lebih baik menggunakan jasa pemasangan yang disediakan oleh toko penjual kayu parket. Garansi pemasangan kayu parket sebagai lantai dapat diberikan secara cuma-Cuma oleh penjual karena tenaga pekerja pemasangan langsung dari sang penjual. Pemasangan lantai kayu dapat juga dilakukan secara mandiri dengan tenaga dari kontraktor, namun garansi yang mungkin tidak diberikan oleh kontraktor harus diganti dengan pengawasan pemasangan teliti agar hasil pemsangan dapat sesuai yang diharapkan.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Scroll to Top