lantai parket

Cara Membuat Lantai Parket Terlihat Lebih Modern

Lantai parket pada saat ini terus menjadi perhatian banyak orang, banyak yang pro dan kontra terhadap tampilan yang dihasilkannya.

Ada sebagian oang yang menganggap lantai parket dan rumah klasik terlihat seram dan menakutkan, tetapi sebagian banyak orang justru melihat lantai parket sebagai alternatif lantai yang memiliki daya tarik cukup tinggi.

Lantai parket memang sudah ada dari sejak dulu dipakai oleh hampir semua rumah, karena bahan baku kayu bisa didapatkan dengan mudah.

Sekarang, lantai parket menjadi suatu produk dekorasi yang memiliki kualitas sangat baik. Banyak variasi produk yang dapat memudahkan pemasangan dan motif kayu yang beragam.

Berikut ini kami berikan cara untuk membuat lantai parket pada rumah anda terlihat modern.

#1 Memilih Dekorasi dan Furnitur Yang Tepat

dekorasi lantai parket

Tampilan keseluruhan ruangan dapat anda ubah dengan bergantung pada pemilihan dekorasi atau furnitur yang sesuai.

Pada tempat bersantai seperti ruang tamu dan keluarga anda bisa menempatkan kursi sofa simple dan ganti kursi kayu lama anda yang bergaya kerajaan itu.

Baca Juga:

√ Harga Parket Kayu Jati Terupdate 2021 – 2022

Disudut-sudut ruangan anda bisa tambahkan tanaman dengan pot, alangkah baiknya gunakan tanaman hidup agar membuat ruangan lebih segar dari oksigen yang dihasilkan tanaman tersebut.

Tetapi jika anda merasa tidak ingin mengurusnya, bisa menggunakan tanaman sintetis yang hijau dan terlihat menyegarkan.

Bagian bawah meja gunakan karpet lantai minimalis dengan warna yang kontras atau lebih redup dari warna parket.

Selanjutnya, dapat anda gabungkan beberapa ide yang tersimpan untuk dekorasi ruangan. Namun perlu diperhatikan pada beberapa sudut ruangan agar tidak berlebihan.

#2 Gunakan Pencahayaan Yang Baik

desain lantai parket

Pencahayaan adalah bagian dari perubahan tampilan yang drastis, untuk itu perlu untuk memperhatikan bagaimana cahaya masuk dan membuat perubahan pada ruangan.

Pada konsep modern, anda bisa menggunakan lampu gantung minimalis dengan cahaya yang terang dan tidak redup.

Cahaya itu mungkin akan lebih baik dan membuat ruangan lebih kontras.

Perlu anda ketahui, cahaya pada lampu dapat mempengaruhi warna lantai parket yang terlihat oleh mata kita.

Untuk itu perlu memeilih cahaya yang tepat dan terang pada ruangan agar mendapatkan tampilan lantai parket yang maksimal.

#3 Perhatikan Warna Lantai Parket

warna lantai parket

Untuk saat ini anda dapat menemukan banyak pilihan warna dan motif yang tersedia untuk lantai parket.

Hal ini merupakan elemen penting ketika anda akan mempertimbangkan bagaimana membuat suatu ruangan terasa lebih nyaman dengan warna yang sesuai.

Warna terang seperti cream, putih, cokelat muda cocok untuk nuansa ruangan yang cerah dan luas. Ditambah dengan furnitur futuristik akan membuat rumah lebih bernilai.

Pada sisi ruangan lain anda bisa menggunakan warna gelap seperti jenis lantai parket sonokeling, itu akan menumbuhkan kesan lebih elegan dan mewah bersama furnitur berkelas.

Bagaimana, anda sudah memahami konsep warna pada lantai parket?

Untuk itu diharapkan lebih selektif agar membuat anda lebih puas dengan tampilan yang dihasilkan lantai parket.

#4 Menyesuaikan Ruangan

ruangan yang cocok dengan lantai parket

Jika tadi harus menyesuaikan warna dengan furnitur atau dekorasi, sekarang menyesuaikan ruangan dengan pemilihan parket yang cocok digunakan.

Contohnya lantai parket jati, jenis ini sangat populer dan diandalkan. Cocok untuk segala ruangan dengan kualitas yang super.

Namun jika dalam segi biaya, alangkah baiknya jika hanya ditempatkan pada ruangan yang umum dipakai seperti ruang tamu, ruang keluarga, lorong, dapur, dan lainnya.

Karena jika hanya untuk suatu ruangan yang tidak banyak aktivitas akan lebih membuang biaya berlebih. Seperti pada kamar, sebaiknya gunakan lantai parket yang memiliki warna lebih terang dari jati dan lebih murah agar lebih hemat.

Penting diketahui, tidak banyak jenis parket yang tahan terhadap kondisi luar ruangan, seperti terkena hujan, terkena langsung sinar matahari, dan resiko lainnya.

Untuk itu alangkah baiknya menggunakan lantai parket di dalam ruangan saja (indoor).

Jika anda membutuhkan lantai kayu untuk luar ruangan, tersedia khusus produknya yaitu decking kayu (wooden deck)

Baca selengkapnya seputar decking kayu dan harganya disini:

Decking Terbaik Terbuat dari Kayu Ulin Kalimantan

Decking kayu di desain khusus untuk keperluan lantai luar ruangan dengan tambahan alur anti slip yang membuat lapisan atas tidak licin.

#5 Perbarui Lantai Parket Lama Anda

Memperbarui lantai parket

Jika sebelumnya anda sudah menggunakan lantai parket untuk hunian, berikut ini cara untuk memperbaruinya dan mengubah tampilannya sehingga terlihat lebih modern.

Bersihkan cat yang tersisa pada lantai parket lama anda, sehingga mendapatkan dasar kayu asli yang tak sedikitpun menyisakan warna catnya.

Setelah itu pilih cat finishing yang baik untuk lantai parket antara warnanya dan jenis glossy atau doff.

Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan yang mencolok dan perlu anda pertimbangkan untuk disesuaikan dengan gaya design modern yang sudah sebelumnya ditata dan dipikirkan.

warna gelap glossy dapat menciptakan kesan mewah pada sebuah ruangan, atau finishing terang doff lebih baik jika digunakan pada sebuah ruangan keluarga.

Itu akan terlihat lebih sesuai.

Terimakasih telah membaca artikel diatas hingga selesai, semoga menambah wawasan baru dan selamat menikmati hunian modern menggunakan lantai parket!

(Visited 15 times, 1 visits today)
Scroll to Top