hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lantai untuk kamar

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Lantai Untuk Kamar

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Lantai Untuk Kamar
Selain kehadiran furniture, tentu saja lantai juga memiliki peranan penting guna menunjang kebutuhan hunian rumah. Ya, disamping fungsi utamanya yang dapat memberi kenyamanan pada pijakan kaki, kehadiran lantai pun dapat mempermanis tampilan ruangan rumah kita.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kamar merupakan salah satu ruangan yang kerap digunakan untuk beristirahat. Itu sebabnya, mengapa ruang kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin pada setiap aspek, termasuk bagian lantainya. Maka dari itu, kita harus memperhatikan beberapa hal saat hendak memilih lantai untuk kamar tidur seperti berikut:

Kesehatan

kesehatan


Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam memilih lantai untuk kamar tidur, yakni aspek kesehatan. Apabila salah satu dari anggota keluarga anda yang alergi terhadap debu, tentunya pemilihan lantai kamar tidurnya tidak boleh sembarangan.

Seperti halnya lantai berbahan karpet, yang memang kerap menyimpan banyak debu maupun potongan rambut yang bisa memicu alergi dan asma lho!. Terlebih kamar merupakan ruangan untuk istirahat, yang tentu saja debu dan kotoran yang menempel pada lantai karpet akan terhirup semalaman.

Anggaran Belanja

anggaran belanja


Hal kedua yang harus diperharikan dalam memilih lantai untuk kamar tidur, yaitu anggaran belanja. Dengan kata lain, anda harus memilih bahan lantai kamar tidur yang harganya sesuai dengan anggaran belanja. Seandainya anggaran belanja yang anda miliki itu memang terbatas, maka anda bisa memilih laminate flooring. Lantas, apa yang dimaksud dengan laminate flooring?


Laminated flooring atau lantai laminasi merupakan jenis penutup lantai yang terbuat dari serbuk kayu, multifex yang dipress dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Pada umumnya, lantai laminasi ini memiliki permukaan yang diberi motif kayu buatan. Salah satu keunggulan dari lantai laminated, yaitu tidak akan memuai dan tidak mengerucut sehingga ideal digunakan untuk area kamar yang sering terkena sinar matahari. Namun, kekurangan dari jenis lantai yang satu ini adalah rentan terhadap goresan dan benturan.

Hewan Peliharaan

hewan peliharaan


Apakah anda termasuk orang yang gemar memelihara hewan di dalam rumah? Jika iya, tentunya anda harus memperhatikan faktor ini dalam memilih material lantai untuk kamar tidur. Misalkan hewan peliharaan anda itu berupa anjing, maka pilihlah lantai yang berbahan karpet. Pasalnya, lantai yang berbahan karpet ini dapat meredam suara sehingga suara gonggongannya tidak akan mengganggu tetangga.

Dalam hal ini, anda tidak boleh memilih jenis lantai karpet yang melingkar (looped carpet) karena mudah tertancap oleh kuku hewan. Dengan kata lain, anda harus memilih jenis lantai karpet yang berbahan cut pile style. Atau, anda juga bisa memilih jenis lantai vinyl yang mudah dibersihkan serta harganya yang cukup bersahabat.

Anak-anak

anak-anak


Kamar si kecil tentunya harus dibuat senyaman mungkin. Maka dari itu, anda harus memilih karpet sebagai lantai untuk kamar tidur anak. Ya, sebab jenis lantai karpet ini sudah terbukti sangat nyaman karena bisa membuat ruangan kamar terasa lebih hangat.

Tak hanya itu saja, lantai karpet juga tentunya dapat memberikan rasa aman ketika si kecil terjatuh. Dikarenakan lantai karpet rawan terkena noda, sebaiknya anda pilih lantai karpet yang berwarna gelap agar terhindar dari berbagai noda seperti minuman, makanan, crayon, spidol, dan lain sebagainya.

Cuaca

cuaca


Hal berikutnya yang jangan sampai anda lewatkan dalam memilih lantai untuk kamar tidur, yakni cuaca. Mengingat iklim cuaca di Indonesia terdiri dari musim hujan dan kemarau saja, maka anda harus memilih jenis lantai yang terhadap panas dan lembap. Lantas, jenis apa sajakah yang cocok? Adapun mengenai beragam jenis lantai yang direkoomendasikan seperti dberikut:


Lantai Parket

Jenis lantai parket yang terbuat dari bahan kayu ini dapat memberikan kesan natural dan kehangatan, sehingga sangat direkomendasikan sebagai lantai untuk kamar tidur. Bukan hanya itu, cara pemasangan lantai parket juga tergolong mudah lho. Namun, harga lantai parket dipasaran memang cukup mahal.


Lantai Vinyl

Apabila tidak ingin memilih lantai parket karena harganya yang mahal, maka jenis lantai vinyl ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, harga lantai vinyl sangat bersahabat dengan isi dompet anda. Bahkan, lantai vinyl ini tahan terhadap air dan kotoran. Belum lagi dengan motif kayu yang dimilikinya, sehingga dijamin akan menciptakan nuansa kehangatan dan kenyamanan didalam kamar anda.
Seperti itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih lantai untuk kamar tidur.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Scroll to Top