Jenis kayu kelas 1

Jenis Kayu Kelas 1 Berdasarkan Tingkat Kuat & Awet

Hutan merupakan habitat utama dari banyaknya spesies kayu yang ada di dunia ini, saking banyaknya, spesies kayu harus di golongkan pada beberapa klasifikasi yang berbeda. Tingkat awet dan kuat menjadi salah satu klasifikasi yang akan dibahas berdasarkan jenis kayu kelas 1.

Baca Juga: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Pembagian golongan kayu ini menjadikan banyak orang terbantu dikarenakan kebutuhan dan fungsional setiap kayu yang berbeda, tentu itu membuat kami menjadi berkeinginan untuk memberikan informasi bermanfaat seperti ini kepada khalayak luas.

Namun sebelum membahas kayu apa saja yang menjadi golongan kelas I, berikut ini cara menentukan kelas kayu berdasarkan beberapa pengujian untuk menentukan klasifikasi kayu.

Kayu Kelas 1 Berdasarkan Tingkat Kuat

Dalam menentukan kelas dari kekuatan kayu, perlu adanya pengukuran dari kuat lentur, kuat desak dan berat jenis dari kayu tersebut. Berikut tabel untuk pengukuran tingkat kuat kayu kelas 1.

Jenis PengukuranDaya Tahan
Kuat Lentur1100 kg/cm2
Kuat Desak750 kg/cm2
Berat Jenis0,9
Jenis kayu kelas 1

Kayu Kelas 1 Berdasarkan Tingkat Awet

Sebagai penentu tingkat keawetan dari sebuah kayu, adalah bagaimana kayu tersebut bertahan pada pengaruh-pengaruh yang akan di jelaskan pada tabel berikut ini.

Jenis PengukuranDaya Tahan
Kayu ditempatkan di tanah lembap8 Tahun
Kayu ditempatkan di tempat yang tidak terlindung, tetapi dicegah masuknya air ke dalam timpat penyimpanan5 Tahun
Kayu ditempatkan di tempat terlindung3 Tahun
Kayu di tempatkan di tempat terlindung & dipelihara. Selain itu, diamati pula daya tahan terhadap rayap dan serangga3 Tahun
Kayu dimakan rayapSingkat sekali
Kayu dimakan oleh serangga yang lain (kumbang, bubuk kayu)Singkat sekali

5 Jenis Kayu Kelas I Kayu Menurut tingkat Kuat & Awet

Jenis kayu kelas 1

Berikut adalah beberapa jenis kayu kelas I berdasarkan tingkat kuat dan keawetannya:

#1 Kayu ulin

Kayu ulin atau nama latinnya Eusideroxylon zwageri ini merupakan kayu pertama yang akan dibahas pada jenis kayu kelas 1, hal ini dikarenakan tingkat kekuatan dan keawetannya yang bisa dikatakan tak terkalahkan, bahkan kayu ulin sering juga disebut dengan Kayu Besi.

Kayu ulin juga disebut jenis kayu kelas 1 berdasarkan tingkat awet dan kerasnya, hal ini terlihat dari penggunaan kayu ulin dalam berbagai olahan atau kebutuhan, seperti kontruksi jembatan, perlengkapan kapal laut, hingga lantai kayu pada hunian.

Baca Juga: Kayu Ulin: Asal-usul, Karakteristik, Status Langka, Pemanfaatan

Selain itu, kayu ulin memiliki tampilan menarik dan perlindungan yang baik dari rayap, memberikan banyak manfaat bagi pengguna kayu ulin, sehingga kayu ulin dapat memastikan bahwa bagian-bagian rumah akan bertahan lebih lama.

#2 Kayu Jati

Kayu Jati (Tectona grandis) merupakan salah satu jenis kayu kelas I dalam hal keawetan, kayu ini sampai saat ini sangat terkenal di masyarakat karena memiliki kekokohan yang baik sejak lama sebagai bahan furniture dan interior rumah.

Warna kayu jati yang bergaya dengan warna coklat kekuningan dan serat bergelombang membuat kayu ini tidak menonjol dalam kekuatannya saja, namun visualnya yang indah juga menjadi daya tarik untuk kebutuhan yang berbeda.

Kayu kelas I tentunya memiliki masa pakai yang sangat lama, hal ini menjadikan kayu jati sebagai bahan spekulasi dengan harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, kayu jati sering digunakan sebagai lantai kayu outdoor.

#3 Kayu Merbau

Kayu merbau atau nama ilmiahnya Intsia bijuga ini merupakan jenis kayu kelas I berdasarkan tingkat awet, sifat kayu merbau yang keras, dan kokoh, membuat kayu merbau banyak digunakan untuk kebutuhan berat.

Tak hanya itu, kayu merbau digolongkan kelas kuat I-II dengan resiko keretakan yang rendah, dan memiliki permukaan kayu yang halus.

Meskipun kayu merbau memiliki kelas awet I, kayu ini memiliki tampilan yang dapat mempercantik tempat tinggal, warna coklat yang kemerah-merahan dengan serat semi lurus membuat kayu merbau sangat dominan untuk kebutuhan tampilan ruangan.

Baca Juga: 5 Produk Lantai Kayu Merbau Terpopuler!

Untuk itu, Anda bisa menggunakan kayu Merbau sebagai bahan pilihan rumah, misalnya lantai kayu, decking kayu, dan berbagai material yang membutuhkan kayu Kelas I.

#4 Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling (Dalbergia latifolia) ini tergolong kayu awet kelas I, kayu sonokeling merupakan kayu yang memiliki warna luar biasa kontras dibanding dengan bahan kayu lainnya.

Warna hitam gelap dengan serat kuning keemasan membuat kayu yang satu ini tak tertandingi dalam kebutuhan visual. Selain itu, kayu sonokeling memiliki tingkat kuat pada kelas II, sehingga kayu ini banyak digunakan untuk kebutuhan interior, seperti lantai kayu.

Memang, bahkan beberapa pekerja terampil furnitur sering menggunakan kayu besi ini sebagai bahan baku mereka, karena tingkat kekuatan dan tampilan visual yang indah membuat daya jual furnitur sonokeling tinggi.

#5 Kayu Kamper

Jenis kayu yang akhir-akhir ini populer, yaitu kayu kamper. Jenis kayu kamper termasuk dalam jenis kayu kelas I yang berdasarkan pada tingkat keawetannya, namun berada di kelas II pada tingkat kuatnya.

Salah satu keunggulan kayu kamper selain tangguh adalah aroma kayunya yang sangat khas, apalagi kayu kamper merupakan pilihan lain yang lebih murah dibandingkan dengan kayu jati.

Pohon kamper biasanya tumbuh hingga ketinggian 20 meter hingga 30 meter, dan memiliki lebar 0,6 sampai 1,2 meter, hal ini membuat kayu kamper umumnya digunakan untuk kebutuhan furnitur yang memiliki jarak melintang yang lebar.

Lalu, apa saja keuntungan menggunakan kayu kelas I?

Manfaat Jenis kayu kelas 1

Karena digolongkan dalam jenis kayu kelas I, pastinya akan ada banyak manfaat yang didapatkan. Apa saja keunggulan dari jenis kayu kelas 1 ini? Simak ulasannya berikut ini.

Memiliki ketangguhan yang tahan lama

Keuntungan dari kayu kelas I adalah Anda dapat menggunakan material untuk waktu yang cukup lama, tanpa mempersulit dalam hal perawatan atau penyusutan kayu yang biasanya terjadi pada jenis kayu dengan kelas dibawahnya.

Tahan serangan rayap dan aman dari hama

Manfaat kayu kelas I berikut ini adalah Anda tidak perlu melapisi bahan kayu dengan lapisan anti iritasi, karena kayu kelas I memiliki tingkat kekerasan yang tidak tertandingi sehingga membuat serangga dan rayap tidak dapat bertahan hidup untuk merusak jenis kayu ini.

Penggunaan di berbagai tempat

Tentu saja anda dapat menempatkan jenis kayu kelas I di beberapa tempat, misalnya area indoor maupun outdoor, karena kayu kelas I cenderung tidak melenting, secara efektif tahan dari kelembapan, sinar matahari, dan hujan.

Bahan baku efektif untuk banyak kebutuhan

Kayu kelas I jelas memiliki tingkatan diatas jenis kayu lain, karena itulah kayu ini dipilih untuk menjadi material beragam kebutuhan bahan baku.

Namun sayangnya karena kualitas yang dimiliki jenis kayu ini, membuatnya semakin mahal dan banyak orang tidak sanggup dan memilih alternatif lain yang lebih murah.

Baca Artikel Terkait: Jenis Kayu Kelas III Berdasarkan Tingkat Awet & Kuat

Itulah beberapa pembahasan mengenai jenis kayu kelas 1 yang mendapat banyak sorotan dari produsen hingga masyarakat umum.

Semoga informasi ini menjadi wawasan baru untuk anda di dunia perkayuan, terimakasih telah membaca dan selamat bertemu di artikel berikutnya!

(Visited 229 times, 5 visits today)
Scroll to Top