Desain rumah kayu

Inilah jenis kayu yang cocok untuk rumah

Dari sekian banyaknya bahan material untuk pembangunan rumah, bahan kayu menjadi suatu elemen yang penting dan wajib ada dalam membangun sebuah hunian.

Material yang berasal dari alam ini sering di gunakan untuk membangun sebuah tempat seperti, rumah, sekolah, kantor, restoran dan lain sebagainya.

Rumah adat

Bahkan pada zaman dahulu, penggunaan kayu ini sudah di pakai untuk dijadikan sebagai bahan baku kontruksi rumah oleh orang-orang pada masa lampau. Rumah-rumah tersebut masih bisa kita lihat dan jumpai yang dimana rumah tersebut dikenal sebagai rumah adat.

Tahukah anda, bahwasannya pemanfaatan kayu akhir-akhir ini sering digunakan sebagai bahan baku seperti dibawah ini:

Manfaat kayu untuk sebuah rumah

Manfaat kayu untuk furniture dan kontruksi

Material kayu yang di terapkan pada sebuah hunian rumah dapat merubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah serta kayu juga memiliki nilai seni yang tinggi. Karena, kayu memiliki warna khasnya tersendiri dan mempunyai serat kayu yang alami.

Inilah dia peran kayu dalam sebuah rumah:

Kayu di manfaatkan sebagai bahan baku furniture

Jual lantai kayu

Apakah Anda menyadari bahwasannya terdapat elemen kayu di dalam rumah anda ? jika dilihat kembali, hampir di setiap sudut rumah terdapat elemen kayu yang dijadikan sebagai kursi, meja, lemar, jendela, pintu dan lain sebagainnya.

Jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan baku furniture sudah memenuhi standar kualitas untuk dijadikan sebagai perabotan dirumah seperti kuat, keras dan tahan lama serta tahan terhadap serangan serangga, rayap hingga jamur. Contohnya seperti kayu jati, trembesi, mahoni dan kayu sungkai.

Dimanfaatkan untuk membangun rumah

Desain lantai kayu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasannya elemen kayu sering digunakan sebagai bahan bangunan. Hampir kebanyakan para pekerja yang membuat rumah atau yang lebih di kenal dengan sebutan mandor, sering menggunakan material kayu sebagai bahan baku pembuatan dinding, atap ,penutup lantai, tiang dan lain-lain.

Alasan kenapa memilih aksen kayu untuk membuat rumah yaitu antara lain karena kayu memiliki keunikan dari segi warna dan dapat menjadi isolator yang sangat efektif dalam mengisolasi suhu panas dan dingin.

Yang artinya, kayu dapat menyimpan suhu panas pada siang hari dan menyimpannya untuk beberapa waktu, lalu mengeluarkannya pada malam hari sehingga elemen kayu dapat membuat rumah terasa hangat.

Tidak hanya itu, membangun sebuah rumah yang dimana beberapa ruangan atau media lainnya terbuat dari kayu dapat menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar ketimbang membangun rumah dengan desain ruangan yang terbuat dari beton, batu dan lain sebagainya.

Kelebihan menggunakan elemen kayu pada rumah

Kelebihan menggunakan kayu

Salah satu kelebihan kayu untuk digunakan sebagai bahan baku kontruksi dan furniture yaitu karena kayu memiliki tekstur serat yang alami yang beragam sehingga menarik perhatian para produsen atau pengrajin yang berkecimpung di dunia kontruksi, arsitektur, dan furniture untuk di aplikasikan di dalam rumah karena dapat memberi kesan yang natural secara srtuktural.

Kelebihan yang di dapat dalam menggunakan material kayu pada sebuah rumah yaitu:

Mengubah tampilan rumah menjadi bernilai seni tinggi dengan sentuhan yang alami

Tampilan rumah aksen kayu alami

Sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki sebuah hunian rumah yang indah dan mewah serta nyaman ketika digunakan, karena peran kayu dapat menyesuaikan diri dengan ruangan.

Terlebih lagi jika aksen kayu tersebut diberi sedikit ukiran dengan didukung warna yang elegan yang dapat mengubah suatu ruangan di dalam rumah tampil lebih maksimal.

Baik untuk kesehatan

lantai kayu

Ternyata selain dapat mengubah tampilan rumah, elemen kayu dapat memberikan efek manfaat yang sangat signifikan terhadap kesehatan para pengguna atau penghuni,

Contoh jenis kayu yang sangat baik bagi kesehatan para pemakainnya yaitu kayu merbau, jenis kayu ini jika di gunakan sebagai bahan material penutu lantai atau yang lebih di kenal dengan sebutan lantai parket.

Lantai kayu merbau dapat mengeluarkan semacam senyawa ION negatif yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan seperti menetralkan peredaran darah di tubuh, menguatkan sistem ketebalan tubuh, dapat meningkatkan metabolisme sel dan lain-lain.

Tidak hanya itu, penggunaan material kayu juga dapat menurunkan tingkat stress, hal ini sudah di uji oleh para peneliti yang berasal dari jepang yang bernama Yuko Tsunetsugu. Ia menjelaskan bahwa jika seseorang masuk kedalam ruangan yang terdapat 90% kandungan kayu di dalamnya, dapat menurunkan tekanan darah.

Ramah lingkungan

Pengolahan kayu

Penggunaan material kayu untuk dijadikan sebagai bahan baku bangunan merupakan tindakan yang sangat baik, karena elemen kayu merupakan material yang ramah lingkungan.

Hal ini karena, jumlah energi yang diperlukan dalam mengolah kayu sampai bermanfaat sebagai bahan baku bangunan tidak sebanyak energi yang diperlukan dalam pengolahan besi dan atau baja.

Tahan lama

Alasan mengapa orang-orang pada zaman dahulu memilih material kayu dalam membangun sebuah rumah karena dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, terbukti sampai sekarang bukan ? bahwa rumah adat atau rumah tradisional yang sebagian besar bahan bakunya menggunakan elemen kayu dapat bertahan lama.

Tips agar material kayu dapat bertahan lama yaitu merawatnya secara teratur baik perawatan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Hal ini harus dilakukan agar kayu tidak cepat mengalami pelapukan dan tidak memudar permukaan warnanya.

Rekomendasi jenis kayu yang cocok untuk di aplikasikan di dalam rumah

Jenis-jenis kayu yang bermanfaat

Tidak sembarangan jenis kayu bisa kita terapkan di dalam rumah, karena jenis kayu yang cocok di terapkan di dalam rumah harus memenuhi standar kualitas atau kriteria tertentu. Seperti jenis kayu di bawah ini:

Kayu jati

lantai kayu

Siapa sih yang tidak mengenali jenis kayu yang satu ini ? hampir kebanyakan orang telah mengetahui jenis kayu ini, apalagi jika orang yang berkecimpung di dunia furniture, kontruksi dan dekorasi tentu sudah tidak asing lagi dengan kayu jati.

Kayu ini memiliki kualitas yang cukup tinggi baik dari segi kekuatan, kekerasan hingga keawetannya, maka tak jarang jika kayu jati ini di gunakan sebagai bahan baku kontruksi dan furniture.

Baca juga: Jenis-Jenis lantai kayu

Kayu merbau

Produk kayu merbau

Apakah jenis kayu yang satu ini cukup asing bagi Anda ? kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari Irian Jaya yang mempunyai kualitas sangat tinggi, sejajar kualitasnya jika dibandingkan dengan kayu jati.

Kayu merbau memiliki ciri Khas warna yang cukup unik, yaitu berwarna coklat kemerah-merahan yang terkadang disertai dengan warna highlight warna kuning. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai lantai kayu, karena dapat memberikan kesan yang elegan pada ruangan.

kayu ulin

Jual produk kayu ulin

Kayu ulin merupakan jenis kayu yang berasal dari Kalimantan, kayu ini memiliki tingkat kualitas yang sangat tinggi dari segi kekerasannya jika dibandingkan dengan jenis kayu lain.

Sifat kekerasan, kekuatan dan keawetan ini menjadikan kayu ulin (eusideroxylon zwageri) mendapat julukan sebagai kayu besi. Ciri-ciri kayu ulin adalah memiliki tekstur yang kasar , kuat sehingga terbilang cukup sulit untuk di gergaji dan memiliki aroma bau yang aromatis.

Jenis kayu ulin ini sering digunakan sebagai bahan baku bangunan yang penerapannya tak jarang di lakukan di area yang terbuka (outdoor) seperti atap sirap, pagar kayu, lantai kayu outdoor dan lain sebagainya.

Kayu bengkirai

Jual kayu bengkirai

Kayu bengkirai merupakan jenis kayu yang cukup mudah ditemukan khususnya di indonesia, kayu bengkirai ini berasal dari hutan kalimantan.

Jenis kayu yang mendapat julukan Yellow Balau ini memiliki tekstur yang halus tetapi sedikit agak kasar dan memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi, bahkan dari segi kualitas kekerasan, kekuatan hingga keawetannya pun terbilang cukup baik sehingga sangat cocok di jadikan bahan baku bangunan.

Warna yang dimiliki kayu bengkirai ini sangat unik dan menarik yaitu berwarna kuning kecoklatan maka tak heran jika kayu ini mendapat julukan Yellow Ballau.

Baik segitu saja pembahasan kita kali ini seputar penggunaan kayu untuk sebuah rumah, semoga pembahasan kali ini dapat menjadi referensi bagi anda dan bermanfaat untuk keperluan lain. Terimakasih

Bagi Anda yang ingin mempercantik tampilan rumah, kunjungi website kami untuk melihat-lihat produk kayu berkualitas dan kegunaan atau fungsi dari kayu tersebut.

(Visited 64 times, 1 visits today)
Scroll to Top