Kayu Anti Rayap

6 Kayu Anti Rayap Terbaik Asal Hutan Indonesia

Beruntung sekali tinggal di Indonesia yang memiliki banyak hutan penghasil kayu berkualitas, juga banyak kayu anti rayap yang dapat digunakan sebagai bahan furnitur maupun mebel.

Seringkali banyak orang berfikir untuk mengurungkan niatnya menggunakan material kayu pada hunian mereka hanya karena takut akan serangan rayap atau hama lainnya.

Baca Juga: Jenis Kayu Kelas 1 Berdasarkan Tingkat Kuat & Awet

Namun anda tak perlu khawatir dan cemas lagi, karena banyak jenis kayu anti rayap asal hutan Indonesia yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Untuk itu kami merangkum enam jenis kayu anti rayap terbaik yang dapat ditemukan di hutan Indonesia.

Jenis Kayu Anti Rayap Terbaik Asal Indonesia

Berikut ini beberapa jenis kayu anti rayap terbaik yang dapat anda gunakan tanpa perlu cemas lagi akan kerusakan yang ditimbulkan dari rayap:

#1 Kayu Merbau

Kayu Anti Rayap

Kayu merbau adalah salah satu kayu keras dengan kualitas tinggi yang tahan terhadap serangan rayap.

Merbau memiliki tingkat keras kelas I dan tingkat awetnya kelas II. Ini membuktikan bahwa kayu merbau merupakan jenis kayu yang sulit melenting juga anti rayap.

Selain anti rayap, kayu merbau memiliki tampilan yang khas, dengan warnanya yang eksotis dan pola serat lurus, membuatnya cocok untuk digunakan sebagai material interior rumah seperti lantai kayu, tangga, dan lain sebagainya.

#2 Kayu Jati

Kayu Anti Rayap

Siapa yang tak mengenal satu jenis kayu ini, jati memang merupakan jenis kayu dengan kualitas sangat tinggi.

Mempunyai tingkat kekerasan kelas II dan tingkat awet kelas I, membuatnya tahan terhadap beberapa resiko kerusakan dan salah satunya adalah serangan rayap.

Artikel Terkait: Harga Parket Kayu Jati Terupdate 2021 – 2022

Kayu jati dengan grade terbaik memang dikenal kuat dan menjadi salah satu kayu anti rayap terbaik, namun kayu jati dengan grade terendah tidak memiliki ketahanan yang baik untuk serangan rayap.

Selain memiliki kualitas & struktur kayu yang baik, kayu jati juga memiliki tampilan yang cantik dan membuat banyak orang tertarik padanya.

#3 Kayu Ulin

Kayu Anti Rayap

Kayu ulin merupakan pilihan terbaik saat ini untuk kategori kayu anti rayap. Hal itu dikarenakan kayu ini memiliki struktur yang padat juga keras.

Kayu ulin memiliki tingkat kuat kelas I dan kelas awet I, dengan berat jenisnya 1,04. Dengan kualitasnya tersebut sudah jelas kalau kayu ini tahan akan serangan rayap dan bahkan hama lain perusak kayu.

Ulin juga mendapat sebutan lain kayu besi dan menjadi kayu yang memiliki popularitas tertinggi dan terkuat dihabitatnya, yaitu hutan Kalimantan.

Dengan ketahanannya tersebut maka kayu ini wajar jika disandang dengan kayu sepanjang masa dan kayu priimadona. Saking kuat dan kerasnya, kayu ini sukar di gergaji maupun di paku.

#4 Kayu Sonokeling

Kayu Anti Rayap

Ciri yang menjadikan kayu sonokeling populer adalah tampilan khasnya.

Memiliki warna hitam keunguan dengan tekstur yang indah membuatnya sangat di idamkan oleh banyak orang untuk interior mereka.

Namun itu semua tak lepas dari kualitasnya yang juga dapat dikatakan cukup baik. Memilki kelas kuat II dan kelas awet I, membuatnya tahan akan serangan rayap.

Dengan kualitas serta tampilannya yang khas, kayu anti rayap ini banyak digunakan sebagai furnitur interior, patung, mebel, hingga lantai kayu.

#5 Kayu Sengon Laut

Kayu Anti Rayap

Kayu sengon merupakan jenis kayu yang memiliki warna cerah dengan tekstur yang agak kasar.

Kayu sengon memiliki banyak penamaan di beberapa daerah seperti jeungjing (Sunda), sengon laut (Jawa), tedehu pute (Sulawesi), sika (Maluku) dan bae, wahogon (Irian Jaya).

Kayu sengon menjadi kayu anti rayap yang banyak digunakaan sebagai material peti kemas, kontruksi ringan, alat musik, kerajinan tangan, dan banyak lainnya.

#6 Kayu Bengkirai

Kayu Anti Rayap

Kayu bengkirai atau nama lainnya yellow bawalu ini tumbuh subur di hutan tropis Kalimantan, Malaysia dan Filipina.

Kayu bengkirai termasuk dalam kayu awet kelas I, II, II dan kayu kuat kelas I, II. Dengan karakterstiknya tersebut kayu ini seringkali digunakan dalam material kontruksi ringan hingga berat.

Selain itu, kayu bengkirai juga tahan terhadap serangan rayap. Hal tersebut dibuktikan dengan produk Decking Kayu Bengkirai yang kami produksi memiliki ketahanan yang baik di luar ruangan sekalipun.

***

Itulah keenam jenis kayu anti rayap yang populer di Indonesia karena memiliki kualitas tinggi didukung dengan tampilannya yang menarik.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai, semoga dapat menjadi wawasan baru anda dan semoga bertemu di artikel informatif selanjutnya!

Untuk informasi produk lantai kayu dan jasa pasang ahli, dapat berkonsultasi secara gratis dengan marketing kami disini 0812-2041-993

(Visited 96 times, 1 visits today)
Scroll to Top