kayu sungkai

Kayu Sungkai, Asli dari Indonesia Terkenal di Mancanegara!

Kayu sungkai (Peronema Canescens) merupakan salah satu kayu yang memiliki nama cukup populer di Indonesia. Apalagi berbicara tentang furniture, kayu sungkai memiliki reputasi yang baik di bidang tersebut.

Hal itu tentu karena kelebihan dan keunggulan dimiliki kayu sungkai ini, bahkan sering terdengar kasus dimana banyak orang mengakali atau mencari keuntungan dengan nama kayu sungkai, yang bahkan produk yang dijualnya tidak memakai kayu sungkai sekalipun.

Sebagai konsumen yang baik, penting untuk cermat dalam memilih bahan kayu dari produk furniture agar tidak mudah tertipu oleh oknum-oknum nakal yang memakai nama kayu sungkai pada produk mereka.

Untuk itu akan kami perjelas bagaimana ciri-ciri, karakteristik, serta kelebihan dari kayu sungkai yang tak dimiliki kayu lain. Berikut penjelasannya:

Nama dan Daerah Sebaran

nama lain kayu sungkai & daerah sebaran

Perlu diketahui, nama sungkai ini berbeda pada setiap daerahnya. Hal itu tentu untuk mengetahui jenis kayu sungkai asli, meski dengan nama yang berbeda.

Di Kalimantan banyak orang menyebutnya dengan kayu sungkai atau kayu longkai, sedangkan di Sumatera kayu ini memiliki nama lain kayu sungkih dan sekah, dan penamaan kayu sungke atau jati sabrang di daerah Jawa.

Uniknya nama sungkai ini populer hingga manca negara seperti German, Netherland, Sweden, UK, France, Spain, Italy dan USA.

Kayu sungkai atau nama botanisnya Peronema Canescens ini termasuk dalam famili Verbenaceae.

Kayu ini merupakan jenis kayu asli indonesia dengan daerah penyebarannya yang tersebar di beberapa daerah-daerah besar Indonesia seperti; Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Karakteristik Kayu Sungkai

karakteristik kayu sungkai

Secara umum, kayu sungkai memiliki karakteristik yang unik dengan warna permukaan kayu putih pucat sampai kekuning-kuningan, warna dari kayu ini akan sangat cocok bagi anda penyuka warna yang tidak terlalu berlebihan sehingga dapat membantu ruangan memiliki vibes yang kalem dan tenang.

Memiliki corak atau serat yang nampak lurus hingga bergelombang, dan jika di raba kayu sungkai ini akan terasa agak kesat pada permukaannya.

Kayu ini termasuk dalam golongan kayu yang memiliki kualitas sedang, dengan kelas awet III dan kelas kuat II hingga III. Dengan daya berat jenis kering udara maksimumnya di angka 0,73.

Baca Artikel Serupa : Mengenal Kayu Cempaka

Sungkai memiliki bobot atau berat yang ringan, sehingga itu akan memudahkan orang untuk mengubahnya menjadi kayu imitasi. Namun dengan penjelasan karaktersitik di atas, anda bisa lebih cermat dalam menentukan keasilan kayu sungkai ini.

Keunggulan Yang Dimilikinya

keunggulan kayu sungkai

Jenis kayu ini populer bukan hanya karena namanya saja, melainkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki kayu tersebut. Lalu apa saja yang menjadikan kayu sungkai ini unggul, berikut ulasannya.

  • Mudah diolah dan dibentuk

Tentu kelebihan ini menjadi sebuah poin penting bagi pengrajin kayu dalam membuat sebuah produk furniture. Dimana jenis kayu ini dapat diserut dan di bentuk sedemikian rupa dengan hasil yang cukup baik.

Selain itu, kayu ini dipercaya tukang untuk dapat dibor maupun di amplas dengan hasil yang baik.

  • Memiliki warna tenang dan lembut

Karakteristik yang dimiliki kayu sungkai ini memang dominan dengan warnanya yang cerah dan lembut.

Perpaduan warna putih dari gubal kayu dengan warna kuning pucat menjadikan ciri khas tersendiri bagi kayu sungkai. Dan tentunya hal itu dapat mempengaruhi suasana pada suatu ruangan yang tenang.

  • Harga relatif murah

Bila dibandingkan dengan kayu sekelas jati, merbau ataupun ulin, tentunya jenis kayu ini lebih murah daripada jenis-jenis kayu tersebut.

Hal itu tentunya menjadi keuntungan bagi pengrajin kayu untuk membuat sebuah produk yang memiliki kualitas cukup baik dengan harga yang terjangkau di masyarakat umum.

  • Cepat mengering

Kayu ini memiliki tingkat kering alami yang cukup cepat, hal itu bisa menjadikan efisiensi waktu untuk segera mengolah kayu ini dengan baik tanpa cacat yang biasanya timbul karena pengeringan yang tidak alami.

Kekurangan Pada Kayu Sungkai

  • Mudah retak

Hal itu tentunya menjadi sebuah pertimbangan untuk menggunakan kayu ini pada kontruksi yang berat, namun akan sangat cocok apabila dijadikan sebuah furnitur atau perabot yang tidak memilik beban terlalu berat.

  • Tidak cocok untuk outdoor

Tidak seperti kayu ulin yang memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca secara secara langsung, kayu sungkai ini memiliki ketahanan yang kurang baik untuk ditempatkan pada area luar ruangan yang dimana secara langsung terkena air dari hujan maupun panasnya matahari.

Hal itu dapat memakan umur dari kayu tersebut. Meski begitu, kayu ini tetap cocok untuk penempatan pada area indoor.

pemanfaatan kayu sungkai

Apa saja manfaat yang dihasilkan

Dengan spesifikasi yang dimiliki kayu ini tentu banyak orang atau pengrajin kayu memilih kayu sungkai untuk dijadikan beberapa produk furniture yang biasa kita pakai sehari-hari.

  • Kayu sungkai untuk pembuatan mebel

Furnitur atau biasa kita sebut mebel ini merupakan perlengkapan rumah yang diantaranya seperti meja, kursi, lemari dan lainnya.

Kayu sungkai dipercaya oleh pengrajin kayu sebagai bahan atau material utama dalam pembuatannya.

  • Bahan kontruksi ringan

Dengan spesifikasi yang dimiliki kayu sungkai ini ternyata dapat digunakan dalam bahan pembuatan kontruksi, meski tidak bisa sekuat kayu lain, jenis kayu ini dapat dibuat untuk kontruksi ringan seperti atap rumah dan lain sebagainya.

  • Sebagai kerajinan

Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa kayu ini memiliki kelebihan yaitu mudah diolah, dengan keunggulan tersebut memudahkan kayu sungkai dibuat atau diserut sedemikian rupa dengan bentuk kerajinan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga : Harga Lantai Dari Kayu

Itulah pembahasan mengenai kayu sungkai yang memiliki ciri khas tersendiri, semoga ulasan diatas dapat membantu anda untuk lebih memahami jenis kayu asli indonesia ini.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai, dan selamat menikmati hunian berkelas dari kayu!

(Visited 3 times, 1 visits today)
Scroll to Top