lantai kayu untuk halaman

Lantai Kayu Untuk Halaman Rumah di Bekasi

Lantai kayu untuk halaman rumah di Bekasi dengan pekarangan yang luas tentunya sangat tepat untuk digunakan sebagai area minum kopi atau baca koran di pagi hari. Bekasi, kota yang cukup maju di kawasan Jawa Barat ini berlokasi dekat dengan Jakarta. Kemajuan kota Jakarta telah mempengaruhi kota Bekasi sehingga kota ini menjadi kota pemukiman incaran penduduk yang bekerja di Jakarta. Kota Bekasi juga memiliki kelebihan selain berdekatan dengan Jakarta.

Lantai Kayu Di Halaman Rumah

Kelebihan lainnya adalah jarak ke arah Jawa Tengah atau Jawa Timur lebih dekat. Begitu juga jarak kota Bekasi ke Bandung lebih dekat dibandingkan dengan kota Jakarta. Pertumbuhan penduduk di Bekasi yang kian meningkat ini tidak hanya menimbulkan pertumbuhan perumahan kecil, perumahan mewah di Bekasi sudah terbangun di beberapa daerah. Perumahan mewah pastinya memiliki lahan yang luas. Sehingga tidak hanya rumah tapi pekarangan dan halaman rumah yang luas pun dapat terealisasi dengan mudah menggunakan lantai kayu.

Desain Lantai Kayu Untuk Halaman Rumah

Halaman rumah yang nyaman perlu didesain menggunakan material yang nyaman pula. Lantai kayu untuk halaman rumah di Bekasi menjadi salah satu cara mengubah halaman rumah menjadi area yang enak untuk digunakan. Lantai kayu yang akan dipasang di halaman rumah pastinya akan terkena hujan, panas terik matahari, dan hewan perusak kayu seperti rayap. dibutuhkan material kayu yang tahan terhadap segala kondisi agar kayu tetap awet digunakan dan tidak rusak dalam jangka waktu yang panjang. Lantai yang menggunakan keramik outdoor memang lebih murah dan lebih tahan terhadap cuaca yang silih berganti. Namun penggunaan kayu memberikan kesan alami, natural, dan lebih nyaman daripada keramik yang keras.

Material Lantai Kayu Untuk Halaman Rumah

Material lantai kayu untuk halaman rumah di Bekasi sebaiknya menggunakan kayu parket untuk area outdoor. Beberapa tipe kayu parket untuk area outdoor adalah kayu ulin, kayu bengkirai, kayu merbau, dan kayu keruing. Di antara kayu parket solid di atas, kayu yang paling keras dan paling aman untuk digunakan sebagai lantai kayu outdoor adalah kayu ulin. Kayu ulin merupakan tipe kayu yang paling dibenci oleh rayap. serangga pengerat yang mampu membuat kayu menjadi lapuk ini tidak mampu menggerogoti kayu ulin. Kayu ulin juga tidak terpengaruh oleh hujan maupun panas matahari yang menyengat di area Bekasi. Disamping kelebihan kayu ini, kayu ulin tetap memiliki kekurangan dibandingkan dengan kayu bengkirai atau kayu merbau. Kayu ulin hanya berwarna terang dan tidak memiliki serat. Sehingga tidak ada pola serat yang dapat ditonjolkan oleh kayu ulin sebagai lantai halaman rumah.

Kayu bengkirai atau kayu merbau bisa menjadi alternatif selain kayu ulin. Selain memiliki serat, kayu bengkirai juga dijual lebih murah daripada kayu ulin lho. Memang kayu bengkirai tidak lebih keras daripada kayu ulin, namun kayu ini masih tahan terhadap air hujan dan terik matahari. kayu parket solid tipe ini lebih baik diberi perlindungan terhadap rayap yang mampu merusak struktur kayu. Kayu parket yang akan dipasang harus diberi lapisan anti rayap.

Saat memilih lantai kayu untuk halaman rumah di Bekasi maka perlindungan lain selain penggunaan coating kayu adalah pemasangan perangkap rayap yang ditanam di area terbuka sekitar halaman berlantai kayu. Pemasangan perangkap ini cukup ampuh untuk mencegah rayap menuju kayu parket dan memangsa kayu perangkap yang telah disediakan. Rayap akan mati dalam beberapa hari setelah memakan kayu yang sudah dilumuri dengan cairan pembasmi rayap.

(Visited 81 times, 1 visits today)
Scroll to Top