lantai kayu untuk kamar

Lantai Kayu Untuk Kamar di Bogor

Bahan baku konstruksi yang ramah lingkungan bisa didapatkan dimana saja. Kayu adalah salah satu bahan bangunan yang ramah lingkungan. Permintaan pasar akan kayu sebagai bahan lantai semakin meningkat di Bogor meskipun harga per meter kubik dari kayu cukup pricy. Penggunaan kayu cukup mudah dan cepat seperti pemotongan, pengukiran, dan penyatuan antar kayu. Saat ini, kayu cukup digemari oleh penduduk Bogor dan digunakan sebagai lantai kayu. Jika semakin tertarik dengan material ini, mari lanjutkan pembahasan kita di bawah ini bagaimana lantai kayu untuk kamar di Bogor semakin banyak.

Keuntungan Menggunakan Lantai Kayu

Beberapa keuntungan menggunakan kayu sebagai lantai yang pertama adalah nyaman digunakan. Lantai pasti digunakan untuk berpijaknya telapak kaki. Kayu memiliki suhu yang relatif hangat dan nyaman dibanding dengan lantai keramik. Pada suhu lingkungan yang dingin seperti di Bogor, lantai kayu tetap hangat dan membuat suhu ruangan tidak lebih dingin dari ruangan lain. Kondisi ini disebabkan oleh sifat kayu yang sukar menghantarkan suhu dingin dari bagian bawah lantai. Keuntungan yang kedua adalah kemudahan dalam membersihkan lantai kayu dari debu. Cukup disapu atau disedot oleh mesin penyedot debu. Dan keuntungan yang ketiga adalah kemudahan dalam pemasangan dan pembongkaran lantai kayu. Penggantian lantai kayu yang rusak dilakukan per panel dan tidak perlu mengganti semua panel lantai kayu.

Kekurangan Menggunakan Lantai kayu

Disamping keuntungan, penggunaan lantai kayu memang tidak luput dari kekurangan. Seperti manusia, lantai kayu juga punya kelemahan meskipun dapat dimitigasi dan dihindari. Kekurangan yang pertama adalah harga yang lebih mahal daripada penggunaan lantai keramik. Kekurangan yang kedua adalah lemah terhadap air. Kayu akan mudah lapuk jika terkena air dalam jangka waktu lama. Untuk itu hindari kontak dengan air dalam jangka waktu lama. Untuk membersihkan lantai kayu untuk kamar di Bogor, cukup menggunakan lap agak basah dan langsung dikeringkan dengan lap kering. Kekurangan ketiga adalah permukaan kayu yang mudah tergores atau luka oleh karena benda tajam atau keras.

Cara Agar Lantai Kayu Awet

Jika dilihat dari kekurangan penggunaan lantai kayu di atas, maka perlu adalah tindakan mitigasi dan pencegahan agar lantai kayu awet dan tahan lama. Lantai kayu memang lebih mahal dari keramik, namun hal ini bisa direkayasa dengan penggunaan kayu laminated atau kayu press. Kayu solid dapat dipilih jika dana yang tersedia mencukupi pembelian untuk kamar. Menghindari kayu kontak dengan air sepertinya mustahil terjadi. Ada kalanya lantai kayu dibersihkan dengan lap basah atau tertumpah cairan seperti air minum. Penggunaan pelapis kayu bisa menghindarkan kayu terkena kontak langsung dengan air.

Lantai kayu untuk kamar di Bogor sebaiknya dipasang oleh tenaga terampil dan berpengalaman. Meskipun kita dapat membeli bahan lantai kayu di toko terdekat, namun pemasangan yang benar harus diterapkan jika ingin lantai kayu awet. Akan disayangkan jika pemasangan lantai kayu tidak diimbangi dengan desain interior biasa. Faktor estetika dari lantai kayu cukup mendongkrak nilai seni interior kamar jika mampu dipadukan dengan perabot yang cocok. Perawatan lantai kayu dapat dilakukan dengan cara menjaga agar rumah atau kamar tidak terjadi rembesan air atau kebocoran dari hujan. Jika terjadi kebocoran atau rembesan, sebaiknya perbaikan rumah segera dilakukan sebelum terlambat dan merusak kayu yang dipasang sebagai lantai kamar.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Scroll to Top