Memperbarui & Merawat Lantai Kayu Lama Anda

Lantai kayu menawarkan sesuatu hal yang berbeda dalam pandangan visual dan membuat menjadi bersih pada hunian Anda. Namun Lantai kayu dapat rusak seiring berjalannya waktu sesuai dengan pola pemakaian anda, lantai kayu akan awet selama 5 lima tahun kedepan apabila diberi perawatan yang rutin.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah memakai lantai kayu didalam rumah senantiasi merawatnya dengan baik dan benar sesuai prosedur agar lantai parket dapat terjaga kualitasnya serta akan terlihat selalu kinclong.

Lalu bagaimana cara memperbarui & merawat lantai kayu ?

Merawat lantai kayu bisa dikatakan susah-susah gampang, tergantung kita sendiri yang melakukannya bagaimana. Karena, terdapat beberapa tahapan dalam merawat parket lantai agar awet dan tidak mudah rusak. Setidaknya, terdapat 3 tahapan dalam melakukan perawatan terhadap flooring parket. Diantaranya yaitu:

  • Perawatan harian
  • Perawatan mingguan &
  • Perawatan bulanan
terdapat 3 tahapan dalam merawat lantai kayu dirumah

Di agenda harian kita tidak boleh bermalas-malasan dalam melakukan perawatan terhadap lantai kayu, jadwal perawaratan hari ini Anda bisa isi dengan menyapu permukaan lantai parket agar terhindar dari debu, kotoran dan noda.

Sedangkan agenda mingguan ini, Anda bisa melakukan hal yang sama, tetapi ditambah dengan mengepel lantai kayunya bila sudah terlihat kusam atau kotor. Jangan terlalu sering mengepel lantai kayu karena itu dapat menyebabkan lantai kayu cepat rusak, terlebih lagi jika Anda mengepelnya dengan menggunakan pembersih lantai yang terdapat kandungan bahan kimia. Disarankan menggunakan pembersih lantai khusus parket.

Terakhir jadwal perawatan lantai kayu bulanan, kita hanya perlu mengecek kondisi lantai parket. Apakah baik-baik saja atau terjadi kerusakan maupun goresan akibat furniture atau benda tajam. Selain itu, kita juga bisa mengecek kondisi permukaan parket lantai apakah warnanya sudah memudar atau tidak.

Baca juga : Cara membersihkan lantai sesuai jenisnya

Merawat Lantai Parket Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

cara mudah pel lantai kayu

jaga kualitas lantai kayu dengan rutin membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada dasar lantai, lalu Gunakan lap microfiber untuk mengangkat partikel kecil dengan maksimal.

Atau setidaknya satu bulan sekali gunakan Vacum Cleaner untuk mengangkat semua kotoran, debu, partikel terkecil dengan merata ke seluruh sudut lantai agar lantai kayu tetap terawat.

Banyak kesalahan yang tidak kita sadari itu mengakibatkan lantai kayu cepat rusak, Kelalaian itu seringkali membuat banyak pengguna lantai kayu mengeluh, karena lantai kayu mereka menjadi kotor dan tidak seperti baru.

Perhatikan kondisi permukaan parket lantai, apakah terkena goresan?

merawat lantai kayu

Goresan goresan lembut maupun kasar diatas lantai kayu seringkali menjadi keluhan, Kesalahan fatal itu muncul akibat kelalaian dalam pemindahan furniture ketika sedang merenovasi rumah.

Ya, pastinya akan menjadi tergores.
apalagi, benturan yang keras, yang dapat menyebabkan bekas di lantai Anda.

Terlebih lagi ketika menggeser furniture berat seperti meja, lemari, kursi dan furniture berat lainnya kadang dengan cara menyeret agar tidak terlalu berat.

itu merupakan cara yang salah !

Menyeret benda – benda berat diatas permukaan lantai kayu secara tidak sengaja ataupun langsung berpotensi meninggalkan goresan.

Bagaimana tidak, material kayu tidak akan bisa menahan gesekan benda tajam.

Jadi, solusinya bagaimana dong?

Usahakan untuk tetap memindahkan barang berat atau furniture dengan cara diangkat terlebih dahulu agar tetap menjaga dan merawat lantai kayu.

Baca juga : Langkah mudah merawat lantai

Lindungi lantai kayu dari goresan dengan memakai pelindung terhadap furniture

merawat lantai kayu

Ini adalah cara yang paling simple untuk menjaga lantai kayu agar tidak terkena Gesekan dari Furniture Anda tergeser secara tidak sengaja.

Anda dapat menambahkan alas pada kaki-kaki furniture yang memiliki ujung keras ataupun menyiku, berguna sama seperti paragraf diatas agar mengurangi dan menghindari goresan pada lantai kayu.

Anda bisa membeli produk alas busa untuk kaki kaki tersebut di online shop atau bisa gunakan bahan yang tidak terpakai dirumah untuk menganjal benda tajam yang berpotensi meninggalkan goresan pada lantai kayu.

Baca juga : Cara merawat lantai kayu agar dapat bertahan hingga bertahun-tahun

Bagaimana Cara Memperbarui Lantai Kayu lama?

coating ulang lantai parket solid

Penting untuk memperhatikan beberapa masalah ketika hendak memperbarui dan merawat lantai kayu lama anda.

Metode yang paling umum untuk membuat tampilan lantai kayu menjadi mengkilap seperti baru adalah dengan meminyaki.

Pastinya anda akan berpikir jika di olesi dengan minyak maka lantai kayu akan lengket dan berminyak. Namun tidak seperti yang anda bayangkan.

Anda hanya perlu mencampur olive oil dengan cuka lalu mulai membersihkan dengan baluran minyak tersebut keseluruh dasar lantai kayu, maka lantai kayu anda akan terlihat mengkilap seperti baru.

Namun, bagaimana dengan merawat lantai kayu yang rusak ?

Agar bisa memperbaiki goresan atau retakan yang ada pada lantai kayu lama anda, persiapkan barang seperti amplas, pengikis untuk membersihkan cat lama, mesin spiral untuk sudut dan tepi, dempul untuk menutupi celah, cat dan kuas.

Prosesnya awalnya anda bisa mengikis cat lama anda dengan pengikis, lalu dempul bagian lantai kayu yang berlubang atau tergores. Halus dan ratakan kembali menggunakan amplas alus.

Untuk Refinishing atau memfinishing ulang lantai kayu, Anda bisa menggunakan pernis kayu agar lantai kayu terlihat seperti baru lagi.

Begitulah cara merawat dan memperbarui Lantai kayu hunian Anda

Baca juga : Tips mewujudkan hunian yang sehat & ramah lingkungan

” buatlah baru, dengan cara memperbaiki dan merawatnya “

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai tatacara memperbaharui lantai kayu dan cara merawatnya, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Cukup sekian & Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Scroll to Top