Kayu Balsa

Kayu Balsa, Jenis Kayu Kuat namun Ringan dari Kalimantan

Kayu balsa merupakan salah satu jenis kayu yang banyak diminati, hal itu bukan tanpa alasan, kayu balsa memiliki daya tahan yang cukup baik dengan bobot yang cenderung ringan.

Kayu dari dulu memang menjadi material utama dalam pembuatan kontruksi, bahkan sampe sekarang jenis material ini tidak pernah tergantikan, baik dari kontruksi ringan hingga kelas atas.

Semua itu karena populasi kayu yang melimpah dan tumbuh baik di hutan berbagai daerah penjuru dunia, bahkan Indonesia atau lebih tepatnya Kalimantan menjadi salah satu habitat berbagai spesies pohon yang menghasilkan kayu berkualitas.

Penasaran seperti apa kayu balsa? Simak terus ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Kayu Balsa? Yuk Kenali Lebih Dalam dari Habitatnya!

Gambar Kayu Balsa

Kayu balsa dihasilkan dari pohon balsa (Ochroma Grandiflorum Rowlee) yang banyak tumbuh di hutan Indonesia, tepatnya di Kalimantan Selatan.

Meski habitat kayu balsa salah satunya terdapat di hutan Indonesia, ternyata kayu ini merupakan tanaman asli daerah Amerika Selatan. Kota Ecuador menjadi salah satu penghasil kayu balsa terbesar, menguasai 60% lebih pasar balsa yang ada di dunia.

Di Indonesia sendiri kini kayu balsa tumbuh dan tersebar dibeberapa daerah selain Kalimantan, yaitu seperti daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, serta Papua.

Baca Juga:
Jenis Kayu Kelas 1 Berdasarkan Tingkat Kuat & Awet

Berdasarkan dari habitatnya, kayu balsa ini dapat tumbuh pada dataran tinggi hingga rendah sekitar 0-1000 meter dibawah permukaan laut. Balsa terbaik biasanya tumbuh diantara ketinggial 0-800 mdpl.

Penting untuk diketahui, kayu balsa merupakan jenis flora yang termasuk dalam spesies intoleran. Karena itu, pohon balsa membutuhkan cahaya matahari dan suhu udara dengan tingkat yang pas untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Bagaimana Karakteristik Kayu Balsa?

Ciri-ciri Kayu Balsa

Dari segi karakteristik, balsa termasuk pohon yang terbilang cepat tumbuh dengan membutuhkan waktu pertumbuhan sekitar 5 sampai 6 tahun, dengan tingginya yang mencapai 20 meter dengan diameter 40 cm.

Jika dibandingkan dengan jenis pohon penghasil kayu lain, balsa termasuk tumbuhan yang perkembang biakannya cukup cepat. Itu menjadikan balsa berpotensi sebagai alternatif kayu lain yang memiliki masa pertumbuhan lebih lama.

Kayu Balsa memiliki berat jenis sekitar 80 hingga 240 Kg/M3, nah hal ini yang menobatkan kayu balsa sebagai kayu komersial paling ringan.

Uniknya, kayu balsa memiliki stuktur pori-pori yang besar sehingga berguna untuk menyimpan air, hal ini membuat perbedaan yang cukup signifikan pada berat kayu balsa ketika basah dan kering.

Namun dengan beragam karakteristik kayu balsa yang menggoda tersebut, banyak masyarakat yang lebih memilih kayu sengon sebagai kayu budidaya mereka. Masalah tersebut berawal dari kampanye kayu balsa yang gagal dan sedikitnya wawasan mengenai jenis kayu satu ini.

Bagaimana Kelebihan Kayu Balsa?

Kayu Balsa
  • Bobot yang ringan: Salah satu poin yang menjadikan kayu balsa lebih unggul adalah bobotnya yang ringan, yang menjadikan kayu ini ringan adalah dari struktur kayu itu sendiri. Balsa hanya memiliki 40% bahan padat, selain itu kayu ini mengandung lebih banyak air dari bobotnya. Untuk itu perlu pengeringan yang baik untuk menghasilkan kayu balsa berkualitas.
  • Kekuatan yang baik: Meskipun bobot dari kayu balsa ini lebih ringan dari jenis kayu lain, siapa sangka kayu ini memiliki kekuatan yang cukup baik. Sehingga akan berfungsi dengan baik untuk berbagai macam kebutuhan dengan syarat anda mengetahui tingkat kepadatannya.
  • Kayu yang mudah diolah: Kembali lagi pada struktur kayu balsa yang ringan dengan kerapatan yang rendah, menjadikannya mudah dibentuk sedemikian rupa untuk dijadikan produk yang bernilai, selain itu kayu balsa dapat menyerap getaran secara baik sehingga dapat memudahkan proses pemotongan.
  • Memiliki Warna Terang: Tidak semua jenis kayu memiliki warna yang terang, hal ini menjadikan kayu balsa banyak digunakan untuk furnitur rumah karena dapat memunculkan kesan terang dan cerah pada ruangan. Juga cocok untuk semua jenis rumah bergaya modern.

Apa saja Manfaat Kayu Balsa?

Manfaat Kayu Balsa

Dengan beragam karakteristik menarik dari kayu balsa, tentu itu membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai berbagai produk olahan maupun kontruksi.

Berikut ini beragam pemanfaatan umum kayu balsa:

Material furnitur rumah

Salah satu alasan mengapa kayu balsa sangat diminati sebagai material furnitur adalah warnanya yang terang dengan karakter kayu yang mudah dibentuk.

Warna terang dari kayu ini membuat furnitur yang dihasilkan menjadi lebih cerah, dengan warna yang khas membuatnya dapat beradaptasi dengan model ruangan apapun.

Furnitur yang biasanya dibuat seperti kursi, panel dinding, meja, plafon rumah, kusen, dan banyak lainnya.

Dijadikan kerajinan tangan

Kayu balsa dikatakan dapat meningkatkan UMKM hingga pelaku industri kerajinan tangan.

Harga kayu balsa yang lebih murah dibanding dengan jenis kayu lain, membuatnya lebih menarik dan sesuai untuk material kerajinan tangan.

Bahan papan selancar

Jika anda berwisata ke suatu pantai dengan ombak yang bagus pastinya akan melihat banyak orang yang bermain surfing atau selancar.

Nah kayu balsa merupakan salah satu material utama dalam pembuatan papan selancar itu, kayu ini dipercaya dapat menjadikan selancar lebih ringan dan juga lebih kuat.

Material Aeromodelling

Kayu balsa terbilang cukup populer dalam dunia aeromodelling, hal itu karena balsa menjadi salah satu material yang menjadikan pesawat aeromodelling sukses terbang.

Pastinya diantara kalian yang mengenal aeromodelling setuju dengan paragraf diatas, pasalnya ada banyak jenis bahan kayu balsa yang menjadi produk yang dibutuhkan oleh para pembuat aeromodelling ini.

***

Itulah beberapa pembahasan mengenai kayu balsa, semoga dapat menambah wawasan anda seputar dunia kayu.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai dan selamat bertemu di artikel informatif berikutnya!

Untuk anda yang membutuhkan informasi mengenai lantai kayu silahkan Hubungi Kami.

(Visited 33 times, 2 visits today)
Scroll to Top