Olahan kayu sonokeling

Kayu Sonokeling, Tumbuhan Khas Pulau Jawa

Hutan Indonesia ini memiliki tumbuhan yang beraneka ragam jenis, mulai dari jenis tumbuhan yang langka hingga yang unik sekalipun. Habitat yang luas dapat memudahkan tumbuhan di hutan dapat beradaptasi dengan cepat dan tumbuh subur, seperti itulah hutan indonesia saat ini.

Hutan yang sehat dan belum terjamah oleh manusia dapat menghasilkan tanaman yang unik dan tumbuh dengan baik, salah satu tumbuhan unik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu:

Pohon Sonokeling

Pohon sonokeling
Pohon sonokeling

Pohon yang satu ini merupakan ciri khas tumbuhan yang berasal dari indonesia yang terdapat di kepulauan jawa tengah dan jawa timur.

Sonokeling dapat tumbuh liar di hutan kepulauan jawa pada ketinggian 600 di bawah permukaan laut, baik tumbuh di tanah bebatuan maupun tanah kering secara berskala.

Jenis pohon yang satu ini mampu tumbuh menjulang tinggi hingga 20 – 40m dengan gemang mencapai 1,5 – 2m.

Daun yang dimiliki pohon sonokeling ini berbentuk menumpul lebar dengan warna hijau pada bgaian atasnya sedangkan bagian bawahnya berwarna keabu-abuan. Daun sonokeling hanya gugur pada musim kemarau.

Baca juga: Tumbuhan khas pulau Kalimantan

Karakteristik kayu sonokeling

Keungulan kayu sonokeling
Log kayu sonokeling

Sonokeling tergolong ke dalam jenis kayu keras dengan bobot sedang hingga berat, jenis beratnya mencapai antara 0,77-0,86 pada kadar air sekitar 15%.

  • Memiliki tekstur yang halus

Tak banyak jenis kayu yang memiliki tekstur yang halus, sonokeling memiliki keunggulan dari segi tekstur yang halus disertai serat yang lurus walaupun terdapat juga serat yang begelombang.

  • Kuat dan awet

Kelebihan lainnya yang terdapat dari kayu sonokeling ini yaitu kuat dan awet, tergolong ke dalam kayu keras dengan tingkat kuat kelas 2 dan tingkat keawetan kelas 1, hal ini membuat kayu sonokeling menjadi bahan baku yang sangat bermanfaat dan terbilang cukup populer.

  • Tahan terhadap rayap

Tidak hanya kuat dan awet saja, akan tetapi kayu jenis ini kuat juga terhadap serangan serangga, rayap dan juga jamur pembusuk kayu.

  • Memiliki warna khas

yang tak kalah menariknya lagi, kayu sonokeling memiliki ciri khas warna yang unik yaitu berwarna ungu disertai warna coklat dengan warna corang – coreng coklat hingga gelap dengan kayu gubal berwarna keputih-putihan hingga warna kekuningan, ukuran tebal yang dimiliki mencapai 3 – 5cm.

Manfaat kayu sonokeling

Manfaat daun sonokeling
Beragam manfaat kayu sonokeling

Sudah banyak produsen yang memanfaatkan kayu ini karena keistimewaan yang dimiliki kayu sonokeling yang sangat menarik perhatian, Dengan pola yang indah serta warna ungu bercoret hitam atau warna hitam keunguan berbelang coklat kemerahan.

Hal tersebut membuat kayu ini dimanfaatkan sebagai berikut:

1. Bahan baku pembuatan furniture

Dikarenakan jenis kayu ini memiliki warna yang unik dan kualitas yang cukup baik, sehingga kayu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture.

2. Dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi

Dikarenakan kayu sonokeling memiliki kualiatas yang cukup baik, sehingga kegunaannya pun tak jarang sebagai bahan kontruksi seperti, kusen, pintu, jendela hingga dijadikan bahan baku pembuatan gerbong rel kereta.

3. Bermanfaat sebagai Pakan ternak dan pupuk hijau

Kayu sonokeling bermanfaat bagi bahan baku furniture, sedangkan daun dari jenis pohon ini bermanfaat sebagai pupuk hijau dan pakan ternak.

Manfaat lain dari kayu sonokeling

Olahan lain dari kayu sonokeling selain bahan baku pembuatan furniture dan kontruksi yaitu sebagai:

Lantai kayu

Lantai kayu sonokeling
Lantai kayu sonokeling

Sonokeling sangat cocok dijadikan sebagai bahan penutup lantai dikarenakan sudah memenuhi standar kualitas untuk lantai dan memiliki warna yang cukup unik.

Hal tersebut menjadikan kayu sonokeling menjadi pilihan alternatif sebagai bahan penutup lantai selain kayu jati dan kayu merbau. Dengan dibekali warna yang unik dapat membuat ruangan di rumah menjadi lebih indah dan mewah.

Tidak hanya itu, jenis kayu ini juga memiliki harga yang di bandrol cukup murah dibandingkan kayu jati dan juga kayu merbau, maka dari itu jenis kayu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memasang lantai kayu dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Produk kayu sonokeling

Keunggulan dari memasang lantai kayu yaitu dapat memberikan kesan mewah pada rumah dan juga dapat meningkatkan harga jual property, hal tersebut sangat cocok bagi investasi.

Itulah dia pembahasan kali ini mengenai kayu khas yang berasal dari Indonesia ini yaitu sonokeling, semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

(Visited 33 times, 1 visits today)
Scroll to Top