PLAFON KAYU PINUS

Pemanfaatan Kayu Pinus Sebagai Plafon (Lumbersering)

Plafon Kayu Pinus – Gaya dekorasi pada hunian kini banyak variasinya, mulai dari lantai, dinding, hingga atap semua bisa di sesuaikan dengan minat masing-masing.

Atap menjadi sebuah elemen penting dalam rumah, sehingga tak jarang banyak orang memiliki gaya tampilan yang berbeda untuk atap mereka.

Plafon kayu hadir sebagai pelapis multi guna yang penempatannya di atap dan bisa juga pada dinding atau sering disebut lambersering.

plafon kayu pinus

Banyak jenis plafon dari berbagai macam kayu seperti agathis, pinus, jati, kruing dan lainnya. Namun tak semua jenis kayu dapat dijadikan plafon, hal itu karena beberapa faktor seperti tingkat ketahanan terhadap cuaca serta resiko serangan rayap atau jamur.

Untuk itu GalleryParquet menyediakan produk plafon kayu pinus untuk merubah tampilan atap lama anda. Namun sebelumnya simak beberapa ulasan seputar kayu pinus dibawah ini agar lebih mengenal dan tahu akan kelebihan serta kekurangannya.

Jenis Kayu Pinus

kayu pinus

Dalam area pertumbuhannya, kayu pinus terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Pinus Radiata (Radiata Pine)

Area Tumbuh Australia, Chili, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Amerika. Hutan paling besar untuk kayu ini diketahui adalah dari Chili. Beberapa eksporter juga berasal dari Selandia Baru namun tidak murni plantation

Biasanya Selandia Baru mengekspor kayu ini sudah dalam bentuk S2S atau S4S.  Pohon pinus Radiata yang berumur 15 – 25 tahun bisa memiliki diameter batang 30 – 80 cm dan tinggi antara 15 – 30 meter.

Pinus Radiata termasuk jenis pohon yang cepat tumbuh dan berbatang lurus, Kayu ini berwarna merah kecoklatan utuk bagean teras dengan gubal berwarna kuning dan krem.

Garis lingkaran tahun pinus radiata lumayan jelas terlihat sehingga garis serat kayu pada pembelahan tangensial bisa terlihat jelas pula. Serat kayu pinus radiata Cenderung lurus tapi terdapat banyak mata kayu karena pohon pinus radiata memiliki banyak cabang kecil pada batangnya.

Pinus Merkusii (Merkus Pine)

Area tumbuh Asia Tenggara meliputi Kamboja, Vietnam, Malaysia, Phillipina, Myanmar dan Laos. Terbesar adalah di area pulau Sumatra di daerah antara Gunung Kerinci dan Gunung Talang.

Di Phillipina terdapat di area gunung Mindoro. Dengan ketinggian mencapai 25 – 45 meter dan diameter pohon yang bisa mencapai hingga 1 meter dengan warna Kayu teras berwarna coklat kemerahan dan kayu gubal berwarna kuning keputihan, untuk serat nya yang Lurus dan sama rata antara kayu gubal dan teras.

Plus & Minus Kayu Pinus

Kayu pinus memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak orang tertarik pada jenis kayu ini, yaitu :

  • Kayu pinus memiliki tekstur yang halus dan pori-pori yang tidak besar seperti jenis kayu lainny.
  • Serat kayu pinus yang eksotis membuat tampilan kayu ini terlihat elegan dan memberikan nilai artistik yang baik.
  • Kayu pinus tidak memiliki bobot yang terlalu berat. Hal Baiknya produk plafon kayu pinus akan terpasang lebih cepat.
  • penampilan kayu pinus lebih alami serta natural.
  • Mengurangi waktu serta bahan finishing, karena kayu pinus memiliki serta halus serta tidak terlalu keras.

Selain memiliki banyak kelebihan, kayu pinus ini mempunyai kekurangan yang dapat anda pikirkan dahulu sebelum membelinya.

  • Kayu pinus tidak termasuk kedalam kategori kayu keras, hal itu menjadikan kayu pinus ini tidak banyak digunakan dalam bahan material pembuatan kontruksi berat.
  • Kayu pinus tergolong kedalam kayu yang mudah lapuk, karena tidak tahan terhadap cuaca

Kayu Pinus dimanfaatkan untuk Pembuatan Plafon Kayu (Lumbersering)

plafon kayu

Kayu pinus dimanfaatkan untuk beragam jenis furniture indoor hingga sebuah produk Plafon Kayu.

Namun dalam pembahasan kali ini kami akan fokus pada plafon kayu pinus yang menjadi salah satu produk pilihan untuk mengganti tampilan atap lama anda.

Plafon kayu pinus dibuat untuk melapisi atap sehingga tampilan rumah atau bangunan akan terlihat lebih memiliki nilai artistik.

Selain itu plafon kayu pinus akan melindungi anda dari cuaca panas yang berlebih sehingga udara pada ruangan akan tetap lebih sejuk.

Harga Plafon Kayu Pinus

plafon kayu pinus

Untuk Produk Plafon Kayu Pinus kami berikan informasi harga dan sepesifikasinya sebagai berikut :

Jenis ProdukUkuranHarga
 Plafon Kayu Pinus1 x 9 x 125 cmRp 160.000
 Plafon Kayu Pinus1 x 10 x 70-125 cmRp 170.000
*Harga bersifat sementara

Harga tersebut belum termasuk biaya pasang dan biaya finishing.

Baca Juga : Daftar Produk Plafon Kayu (Lambersering) Terlengkap

Untuk Pemesanan dan Informasi Harga Lantai Kayu, anda bisa mengunjungi kantor pemasaran kami, Untuk Pusat Lantai Kayu di

Jalan Rajawali Barat, No. 39
Bandung. 40213
Phone: (022) 6078505

Asep Dindin


0812-2344-9911

(Visited 228 times, 1 visits today)
Scroll to Top