Lantai Kayu Untuk Pijakan Anak Tangga di Bogor

Gedung atau hunian satu lantai atau lebih pasti membutuhkan struktur tangga. Desain tangga berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan ruang dapat memiliki bentuk yang berbeda-beda. Tangga dengan desain seperti tangga monyet atau melingkar lebih disarankan untuk area yang sempit daripada tangga dengan desain memanjang. Tangga desain memanjang pada umumnya digunakan di bangunan rumah dengan desain indah dan elegan daripada desain tangga memutar. Material kayu sudah banyak digunakan sebagai anak tangga selain dari beton. Pemasangan anak tangga dengan material kayu merupakan salah satu yang paling mudah dan cepat. Oleh karena itu, banyak juga yang menggunakan lantai kayu untuk pijakan anak tangga di Bogor.

Tipe Papan Kayu

Desain dua layer atau satu layer biasa digunakan pada lantai kayu untuk pijakan anak tangga di Bogor. Untuk mendapatkan dimensi standar papan kayu sebagai pijakan anak tangga, desain dua layer menggunakan sambungan antar kayu dengan cara direkatkan oleh lem. Papan satu layer dibuat dari potongan kayu utuh yang dibentuk sesuai desain. Harga papan kayu tipe dua layer biasanya lebih murah daripada harga papan kayu satu layer karena material yang digunakan untuk membuat papan satu layer lebih besar daripada papan dua layer.

Kegunaan Anak Tangga

Kegunaan atau fungsi dari anak tangga adalah untuk pijakan kaki saat menggunakan tangga untuk menuju ke lantai atas atau lantai bawah. Pengguna atau penghuni di suatu rumah atau kantor lebih baik sebagai referensi dalam mendesain dimensi papan anak tangga yang akan dipasang. Anak tangga di kawasan eropa kebanyakan lebih besar dimensinya daripada kawasan asia. Perbedaan ini didasarkan pada panjang kaki orang asia yang tidak lebih panjang daripada orang eropa. Jarak antar tangga juga berbeda untuk dan pada umumnya di asia lebih rapat jarak antar anak tangga dibanding di eropa. Keseluruhan telapak kaki sebaiknya menapak pada anak tangga agar kenyamanan dan keamanan tetap terjaga. Segi keamanan dan kenyamanan penggunanya dalam mendesain tangga harus tetap diperhatikan meski ada keterbatasan ruang mungkin akan mengurangi lebar anak tangga

Material Untuk Anak Tangga

Bahan selain kayu untuk anak tangga memang banyak di pasaran, namun untuk material kayu yang biasaya digunakan adalah kayu merbau dan kayu jati. Kayu merbau biasanya lebih murah daripada kebanyakan kayu jati. Kelebihan dari kayu merbau adalah ketahanan terhadap suhu dan durasi pemakaiannya yang mendekati kayu jati. Kayu jati sendiri sangat tahan terhadap suhu yang cepat berubah seperti ruangan yang menggunakan pendingin. Kayu jati yang sudah ini sangat keras dan memiliki karakter yang khas sebagai kayu mahal. Kayu merbau meskipun lebih murah daripada kayu jati, namun masih tergolong aman untuk digunakan sebgai lantai kayu untuk pijakan anak tangga di Bogor.

Penjualan lantai kayu untuk pijakan anak tangga di Bogor sudah semakin meningkat. Desain yang dapat dipilih oleh konsumen beragam. Bogor merupakan area dataran tinggi yang banyak dipasok material kayunya dari area sekitarnya. Ketersediaan material kayu di kota ini cukup banyak dan pengrajin kayu mampu melayani keinginan anda tentang desain tangga dengan material kayu. Pengrajin akan memberikan opsi desain dari yang paling murah hingga paling mahal. Tentunya denga harga yang mahal, hasil yang didapat tidak akan mengecewakan. Untuk menghemat pengeluaran, penggunaan tipe papan dua layer dapat dijadikan opsi menarik.