Jual produk lantai kayu

Perbandingan flooring parket dengan Decking

Seiring berjalannya waktu, penggunaan lantai kayu pada sebuah hunian rumah kian populer dari tahun ke tahun. Orang-orang berpendapat bahwa memakai lantai kayu dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan indah.

Profil rumah

Selain dapat merubah tampilan rumah, ternyata memakai lantai kayu juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan para penggunanya.

Tahukah Anda, bahwasanya lantai kayu ini memiliki 2 type penempatan pada sebuah ruangan yang berbeda, baik itu untuk ruangan yang berada di dalam rumah maupun area yang diluar rumah.

Sekilas seperti sama fungsi nya untuk menutupi lantai pada sebuah area tertentu, tetapi berbeda dari segi penempatannya. produk lantai kayu itu ada yang bernama parket flooring dan decking.

Apakah Anda mengetahui perbedaan antara kedua produk lantai kayu tersebut?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar perbedaan antara flooring dan juga decking. Ini dia ulasannya:

Mengenal decking dan parket flooring

Lantai kayu decking

Jual lantai kayu

Lantai kayu decking merupakan sebuah produk yang berfungsi untuk menutupi lantai pada sebuah ruangan terbuka atau area yang berada di luar rumah.

Decking ini di buat dari jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan tingkat tinggi dan mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca serta mampu bertahan dari serangan serangga, rayap dan jamur.

Karena decking kayu ini akan ditempatkan pada sebuah area yang berada di luar, maka jenis kayu untuk decking ini harus memiliki kriteria seperti itu.

Jenis kayu yang biasa dibuat untuk decking kayu yaitu jenis kayu merbau, ulin, bengkirai, keruing dan renggas.

Lantai kayu parket

Jual produk lantai kayu

Lantai kayu jenis ini secara penempatan lebih cocok di aplikasikan pada ruangan yang berada di dalam rumah (indoor). Terdapat produk untuk lantai kayu yang untuk di dalam ruangan yaitu parket dan flooring.

Tidak ada bedannya dari produk parket dan flooring ini, hanya yang membedakan dari segi ukuran.

Sama-sama dibuat dari jenis kayu keras, tetapi type parket ini bisa dibuat dengan jenis kayu yang memiliki kualitas menengah. Berbeda dengan decking kayu yang harus terbuat dari jenis kayu dengan kualitas yang cukup tinggi dar segi ketahanan dan keawetan.

Pembuatan produk lantai kayu type flooring ini terbuat dari jenis kayu seperti kayu jati, merbau, sonokeling, sungkai, keruing, ulin dan jenis kayu keras atau jenis kayu solid lainnya.

Lantai kayu flooring ini kurang cocok di aplikasikan terhadap ruangan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung atau yang lebih tepatnya kurang cocok di terapkan di luar ruangan.

Para konsumen lebih menyukai penerepan parket flooring di dalam rumah, sebab hasil setelah pemasangannya lebih terlihat elegan dan estetik pada sebuah ruangan.

Cara membedakan antara parket dan decking

Parket flooring

Jual lantai kayu
  • Memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding decking, ukuran standar parket yaitu 1,2cm dan 1,5cm.
  • Parket flooring memiliki permukaan yang lebih halus
  • Lantai parket bisa langsung diterapkan pada pada permukaan lantai keramik, tidak perlu dibongkar terlebih dahulu lantai keramik tersebut. sehingga memudahkan ketika proses pemasangan.
  • Ukuran bentuk parket itu kecil sehingga ketika pemasangan, disusun rapih dan dihamplas sehingga permukaan lantai lebih halus dan terlihat indah.
  • teknik finishingnya pun berbeda.

Warna permukaan lantai parket akan bertahan lebih lama dibanding decking karena lantai kayu parket di tempatkan di dalam ruangan yang dimana temperatur suhu dan paparan sinar matahari jauh lebih sedikit dibanding di luar ruangan.

Parket flooring tidak akan cepat memuai atau mengalami pelapukan jika di beri perawatan yang insentif, Anda bisa melakukannya setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan.

Seiring berjalannya waktu, lantai kayu lama kelamaan akan terlihat kusam atau warna permukaannya sudah memudar, maka solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara melakukan pembaharuan atau coating ulang.

Baca juga: Perbedaan lantai kayu merbau dan lantai kayu jati

Decking kayu

Jual lantai kayu

Lantai kayu decking ini berbeda penempatannya dengan lantai kayu parket, decking kayu ini lebih dominan penerapannya pada luar ruangan.

Biasanya para konsumen memilih decking kayu ini untuk pemasangan pada tepi kolam renang, halaman depan rumah, balkon, taman dan area-area yang berada di luar ruangan.

Inilah perbedaan spesifikasi decking yang tidak dimiliki lantai kayu parket

  • Decking memiliki ukuran yang cukup besar bila dibandingkan dengan parket, ukuran standar decking yaitu lebar 1,9cm dan panjang 9cm.
  • Memiliki alur anti slip sehingga ketika malintasi lantai kayu decking tidak bersifat licin.
  • Memiliki alur lajur air yang berfungsi agar tidak tergenangi atau terbanjiri dengan air, sehingga cocok untuk di pasang di area kamar mandi.
  • Pemasangan lantai kayu decking ini sangat berbeda dengan lantai kayu parket.

Sebelum melakukan pemasangan decking kayu diberi bantalan terlebih dahulu dan dibuat tidak merapat agar memiliki ruang untuk air mengalir sehingga tidak akan tergenangi.

Baca juga: Lantai kayu outdoor terbaik

*Kesimpulan

Memakai produk lantai kayu untuk menutupi lantai di rumah baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, sama-sama dapat merubah tampilan menjadi elegan.

Flooring dan decking sama-sama produk lantai kayu, tidak ada perbedaan fungsi diantara keduannya. Hanya saja, kami membedakan parket flooring dan decking kayu untuk memudahkan Anda untuk memilih jenis lantai kayu sesuai fungsinya.

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini seputar perbedaan antara parket flooring dan decking, semoga bermanfaat. Terimakasih

Bagi Anda yang ingin memasang lantai kayu, kunjungi website kami untuk melihat-lihat produk lantai kayu berkualitas beserta harga yang tertera di dalamnya

(Visited 77 times, 1 visits today)
Scroll to Top