Tips Mengatasi Udara Panas Dirumah!

Ketahui Tips Mengatasi Udara Panas Dirumah, Sebelum Kemarau!

Di ujung musim penghujan ini, beberapa kawasan di negara Indonesia telah dekat dengan perubahan cuaca ke musim kemarau. Dimana yang biasanya dingin, suhu akan terus meningkat seiring berjalannya musim kemarau.

Cuaca yang panas dari musim kemarau akan menimbulkan udara yang panas juga, maka dari itu, sudah seharusnya kita waspada akan rawannya terjadi kebakaran.

Dirumah contohnya, paparan terik matahari yang begitu panas lambat laun dapat mengakibatkan sejumlah beberapa barang di dalam rumah mudah terbakar.

Oleh karena itu, senantiasa kita harus mencegah sebelum musim kemarau tiba.

Tips mengatasi udara panas di rumah

Lalu, langkah apa sajakah yang bisa kita lakukan ketika cuaca sedang panas dan cara mengatasi udara panas di dalam rumah? yuk ikuti tips-tips nya di bawah ini:

Biarkan pintu rumah terbuka

Mengatasi Udara Panas Dirumah - Buka  pintu

Solusi ini menjadi langkah yang begitu mudah dan bisa Anda lakukan dirumah.

Ketika udara sedang panas-panasnya, cobalah untuk membukakan pintu rumah sesering mungkin, hal ini bertujuan agar sirkulasi udara di dalam rumah anda silih berganti secara berskala.

Dengan begitu, udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar dan sejuk.

Gunakan jendela buka & tutup

Mengatasi Udara Panas Dirumah - jendela terbuka

Selain cara membiarkan pintu rumah terbuka ketika udara sedang panas, langkah yang bisa Anda selagi belum memasuki musim kemarau yaitu menggunakan desain jendela yang bisa di buka dan tutup.

Fungsinya sama seperti poin di atas, dengan jendela terbuka udara akan bebas keluar masuk.

Kombinasikan kipas angin dengan es batu

Mengatasi Udara Panas Dirumah - kipas dengan es batu

Cara yang satu ini cukup terbilang unik dan menarik sebab, dengan mengkombinasikan kipas angin dengan es batu ruangan di dalam rumah anda akan terasa dingin dan sejuk, seperti halnya menggunakan AC.

Caranya, taruh semangkok es batu di depan kipas angin, cukup mudah bukan?

Dengan begitu, angin yang dihasilkan dari kipas angin akan menyebar ke segala sudut ruangan.

Cara ini juga sebagai alternatif bagi Anda yang tidak memiliki AC dirumah, tetapi ingin menikmati udara yang sejuk dan dingin ketika siang hari.

Taruh beberapa tanaman di dalam ruangan

Tanaman indoor

Seperti yang kita sudah ketahui, bahwasanya tanaman dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satu contohnya yaitu dapat berguna untuk mengurangi pemanasan global.

Menaruh beberapa tanaman hijau di dalam ruangan dapat menciptakan suasana ruangan terasa sejuk dengan sedikit sentuhan yang alami.

Selain itu, alaminya tanaman menghasilkan oksigen yang baik pada ruangan. Namun jangan berlebihan ya, karena pada malam hari tanaman-tanaman ini dapat mengeluarkan dioksida yang dapat menurunkan kualitas tidur anda.

Bangun kolam ikan

kolam ikan koi

Membuat sebuah kolam ikan di halam depan rumah juga menjadi langkah yang bisa Anda lakukan guna meminimalisir udara panas yang masuk ke dalam rumah.

Selain dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah, memiliki kolam ikan di rumah juga dapat menangkal udara hawa yang panas sehingga suasana rumah akan terasa teduh.

Gunakan lantai kayu

gunakan lantai kayu untuk mengstabilkan suhu ruangan

Tahukah anda, bahwasanya memakai lantai kayu dapat memberikan suasana ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk dan menyehatkan.

Karena lantai kayu dapat menyerap udara panas ketika siang hari dan menyimpannya untuk beberapa waktu, lalu mengeluarkan udara panas tersebut ketika malam hari.

Sehingga ketika siang hari ruangan akan terasa sejuk, sedangkan ketika waktu malam hari ruangan akan terasa hangat.

Temukan produk lantai kayu terlengkap disini:

Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Matikan peralatan elektronik yang tidak terpakai

matikan elektronik untuk udara yang baik

Bagi anda yang memiliki kebiasaan tidak mematikan alat canggih atau elektronik ketika tidak sedang di pergunakan, sangat di sarankan untuk mematikannya ketika selesai memakai.

Karena peralatan elektronik yang tidak terpakai menyala atau hidup dapat menimbulkan hawa panas di dalam ruangan.

Mematikan cahaya lampu ketika siang hari juga dapat meminimalisir hawa yang panas ketika di dalam ruangan.

Perhatikan faktor kelembaban

ventilasi untuk udara panas

Kelembaban yang cukup tinggi di dalam rumah dapat mengakibatkan udara yang panas dan terasa pengap.

Sebaiknya jika anda melakukan aktivitas mencuci di kamar mandi atau memasak di area dapur, pergunakanlah ventilasi udara dan lakukanlah aktivitas tersebut ketika waktu pagi hari atau sore hari.

Tinggikan void rumah

tinggikan void rumah agar suhu lebih baik

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah udara panas di dalam ruangan yaitu dengan cara meninggikan void rumah.

Void rumah merupakan sebuah ruang hampa yang berperan sebagai penghubung lantai dengan atap bangunan.

Semakin tingginya void rumah, maka semakin berkurangnnya juga udara panas di dalam rumah karena tersedot ke atap bangunan.

Begitupun sebaliknya, jika void rumah terlalu rendah akan menimbulkan udara panas terasa awet di dalam rumah.

Memasang lapisan penyerap panas

pasang anti panas di atap

Solusi lainnya yang bisa anda lakukan guna mengatasi udara panas yaitu memasang lapisan penyerap suhu panas menggunakan alumunium foil.

Caranya yaitu, dengan menempelkan atau memasangkan lembaran alumunium foil dengan ketebalan tertentu di bawah genteng atau di area atap.

Hal ini bertujuan agar suhu panas yang akan masuk ke dalam rumah di tahan oleh bahan alumunium foil yang dapat menyerap panas, sehingga suasana rumah akan terasa sejuk meskipun diluar rumah sedang panas-panasnya.

Gunakan warna cat yang cerah

warna cat mempengaruhi udara ruangan

Menggunakan warna cat yang cerah juga dapat meminimalisir udara panas di dalam ruangan , kenapa tidak dengan warna yang gelap? karena warna yang gelap dapat menyerap udara panas lebih cepat dibandingkan dengan warna yang cerah.

Pergunakan tirai yang gelap atau kaca film

gunakan tirai agar panas tidak masuk

Penggunaan tirai yang gelap juga dapat menghalau paparan sinar matahari secara langsung yang akan masuk ke dalam ruangan, sehingga suasana ruangan tidak akan terlalu panas.

Opsi lain selain menggunakan tirai yang gelap, anda juga bisa menggunakan kaca film sebagai media penutup pantulan sinar matahari di luar yang akan masuk ke dalam ruangan.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi udara panas di ruangan rumah yang dapat anda praktekan sendiri, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai!

(Visited 20 times, 1 visits today)
Scroll to Top