Tips sebelum memasang lantai kayu

Ingin memasang lantai kayu? ketahui terlebih dahulu hal ini

Jika anda bermain ke rumah – rumah teman Anda tentu ada yang berbeda dengan lantai yang dimiliki oleh rumah teman Anda, bahkan tidak dari lantai tapi mulai dinding, taman yang terlihat begitu yang memiliki suasana yang berbeda dari biasanya yaitu lantai motif kayu yang kebanyakan tidak dimiliki oleh banyak orang bahkan Anda.

Lalu terbesit dalam pikiran anda, dimana sih pesannya?, gimana cara pemasangannya?, mahal gak ya?, itu apa sih ?, Tenang, jika anda ingin memesan bisa melalui kami yaitu:

PT Rajawali Parquet adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengadaan dan pemasangan lantai kayu. baik itu untuk kebutuhan indoor maupun outdoor.

Semua Produk yang kami produksi telah menggunakan mesin dengan teknologi modern, sehingga produk yang dihasilkan mempunyai kualitas dan presisi yang sangat baik.

Bagi Anda yang masih awam tentang lantai kayu sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal berikut ini, agar Anda tidak menyesal atau mungkin menjadi lebih tertarik ingin menggunakan lantai kayu. Simak ulasannya berikut ini:

Apa itu Lantai Kayu ?

Dari sekian banyak elemen interior yang ada di rumah, lantai kayu murah merupakan bagian terpenting yang seirn terlupakan, padahal yang tepat bisa melindungimu  keluarga.

Bayangkan salah memilih material lantai untuk ruangan Anda, bisa-bisa Anda atau orang terkasih terpeleset dan terjatuh. Salah satu material yang dianggap paling baik mencegah hal ini adalah lantai kayu

Sejarah nama parket sendiri  berasal dari kata parqueterie dari Perancis dan sudah ada sejak tahun 1600. Lantai parket dulunya merupakan bahan flooring yang mewah dan bisa ditemukan di Versailes dan Grand Trianon loh.

lantai kayu murah

Lantai kayu merupakan produk dibuat dari kayu yang dirancang untuk dijadikan sebagai bahan material penutup lantai, baik secara struktural atau estetika.

Lantai kayu sering dianggap sebagai bentuk lantai parket, parket kayu atau lantai parquet, atau ubin kayu, meskipun dibuat dari pohon jati, pohon merbau, pohon bengkirai, pohon kruing dll, Kayu adalah pilihan umum sebagai bahan lantai karena memiliki tingkat fleksibelitas dan memiliki kekuatan yang stabil.

Penggunaan kayu, bantuan ekspos dan material asli yang di ekspos lainnya, hal ini membuat lantai parket murah atau sering disebut lantai kayu murah menjadi trending di dunia arsitektur indonesia. Lantai parquet sekarang sangatlah beragam jenis dan pengaplikasiannya, ada yang digunakan di indoor flooring, decking dan tangga.

Parket kayu juga sering dikenal dengan parket flooring adalah jenis flooring kayu dari kumpulan kepingan kayu yang sudah diolah dengan cara di press sedemikian rupa hingga berbentuk atau papan siap pasang di atas lantai konkrit.

Bahan lantai kayu murah bisa berupa kayu solid, yaitu terdiri dari 100% kayu original seperti kayu jati dan juga olahan, atau yang sering disebut dengan engineered wood atau laminate .

Lantai Kayu Berbahan Solid

harga lantai kayu Parquet Jati
Solid wood

Lantai kayu solid adalah jenis produk kayu keras padat pada lantai datang dalam berbagai dimensi dan gaya, dengan masing-masing papan yang terbuat dari kayu padat dan digiling dari sepotong kayu.

Lantai kayu padat yang awalnya digunakan untuk tujuan struktural, sedang dipasang tegak lurus terhadap dukungan balok kayu bangunan yang dikenal sebagai pembawa dan balok.

Teknik konstruksi modern jarang menggunakan pembawa dan balok untuk pembangunan subfloor dengan kebanyakan rumah dibangun di Australia menjadi dasar dari pelat beton dengan bingkai kayu bangunan, lantai kayu padat Australia digunakan hampir secara eksklusif untuk penampilan mereka.

Jenis Kayu Yang Digunakan

Kayu yang digunakan untuk lantai kayu merupakan kayu Padat, keras dan awet, dengan Tingkat kekerasan kayu diatas 500 kg/m³.

Ada beberapa jenis kayu yang bisa dijadikan lantai kayu diantaranya yaitu, Kayu Jati, Kayu Merbau, Kayu Sonokeling (Rosewood), kayu Oak, kayu Ebony, kayu Bengkirai (Yellow Balau), kayu Ulin (Ironwood). beberapa kayu tersebut merupakan jenis kayu keras dan awet sehingga sangat baik untuk diterapkan sebagai lantai kayu.

Engineering

Jual lantai kayu engineering

Lantai kayu ini merupakan gabungan dari lampiran tipis kayu solid di bagian permukaan dengan lapisan kayu yang memiliki kualitas lebih rendah di bagian bawahnya. Sedangkan, Bagian atas dilapisi kayu solid berkelas seperti jati,merbau dll dengan ketebalan lapisan atas bervariasi dari 0,2mm sampai 5mm.

Dengan proses engineering, lapisan atas ini di tempelkan pada salah satu permukaan multiplek. Proses penempelan ini menggunakan mesin industrial khusus dan bahan lem yang berkualitas tinggi sehingga mendapatkan daya rekat yang sangat kuat dan tahan terhadap air. Hasilnya parket Engineer ini bisa dijual dengan harga yang lebih murah untuk jenis tampilan kayu yang sangat mahal atau kayu langka diantaranya: Kayu Jati, Merbau dll

 

Lantai Kayu Vinyl

Vinyl Lantai Motif Kayu

Lantai kayu menjadi favorit untuk desain interior lantai kebanyakan rumah. Meskipun banyak yang masih menggunakan lantai ubin, keramik atau marmer, pemilihan lantai kayu juga masih banyak digunakan dalam hal ini adalah lantai parket. Namun, lantai parket menggunakan karet yang mudah dimakan rayap sehingga lebih cepat rusak.

Solusi mudah mengatasi hal tersebut adalah menggunakan lantai vinyl. Lantai vinyl adalah pelapis lantai yang terbuat dari pvc atau polivinylklorida yang tersedia dalam bentuk lembaran. Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang lebih murah ketimbang lantai pelapis jenis lainnya.

Kelebihan menggunakan lantai kayu

Karena bahan utama dari lantai parket terdiri dari kepingan kayu yang dipasang bersamaan, maka lantai parket memiliki keindahan dari segi geometris dan dekoratif yang tidak bisa ditampilkan oleh papan kayu biasa.

Selain formasi yang indah, lantai parket murah juga bisa dicat atau diberi finishing dengan gaya yang berbeda. Jadi tak heran bila lantai parket bisa memberikan nuansa hangat yang tetap terlihat elegan.

1. Mudah Dibersihkan

Lantai parket murah adalah salah satu solusi untuk Anda yang ingin punya rumah yang minim perawatan dan senantiasa terlihat rapi bersih. Jenis lantai parket tidak membutuhkan banyak perawatan yang merepotkan. Anda cukup membersihkan seperti biasa, menyapu dan mengepel, terutama untuk lantai parket jenis olahan.

Untuk Anda yang memilih parket solid, perawatannya juga tidak merepotkan. Cukup disapu dan dipel dengan kain setengah basah. Sesekali, Anda juga disarankan untuk memberikan cairan pengkilap supaya lantai parket solid terlihat berkilau dan indah.

2. Kuat Dan Tahan Lama

Jual lantai kayu

Lantai ubin kayu memiliki durabilitas yang cukup tinggi dan tahan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga. Pemakaian normal terhadap lantai parket juga jarang menunjukkan tanda-tanda penuaan atau kerusakan. Karakteristik lantai parket, terutama lantai parket solid, memang tergolong kuat dan tahan lama, bahkan bisa mencapai hingga Puluhan Tahun.

3. Bahan Tidak Bikin Alergi

Lantai parquet bisa menjadi alasan terbaik untuk Anda yang memiliki masalah alergi, berbeda dengan jenis lantai lain, ternyata lantai kayu bisa menangkap alergi, misalnya seperti serbuk bunga, debu hingga hama hewan peliharaan.

4. Harga Cukup Terjangkau

Harga lantai kayu

Beberapa jenis produk lantai kayu memiliki harga yang sangat tinggi, ada pula yang memiliki harga yang terbilang cukup murah.

walaupun harganya murah bukan berarti murahan atau tidak berkualitas, akan tetapi kelebihan yang dimiliki produk lantai kayu murah sangat minim dibanding jenis produk yang harganya di atas rata-rata.

5. Lantai kayu Mampu Bikin Ruangan Hangat

Pemasangan lantai kayu di rumah anji

Lantai kayu memiliki bahan kayu solid sehingga memberi kesan estetik yang bagus dan menarik karena corak alami yang dimilikinya. Kesan alami dari lantai kayu ini bisa membuat Anda merasa betah berada di dalam rumah. Apalagi buat Anda yang menyukai suasana alam.

Sifat alami kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari dan mampu menghangatkan udara pada malam hari membuat suhu ruangan cenderung menyesuaikan diri dengan suhu udara. Jadi Anda tidak perlu khawatir merasa terlalu dingin atau terlalu panas menggunakan lantai kayu.

6. Perawatan yang Mudah

Untuk membersihkan permukaan lantai kayu sejatinya tak sesulit yang Anda bayangkan lho. Cukup menggunakan vacuum cleaner atau sapu bulu halus kamu bisa membersihkan kotoran atau remah-remah. Untuk membersihkan noda atau benda-benda cair, cukup gunakan lap untuk membersihkannya.

7. Lantai Kayu Bikin Sehat Keluarga

Lantai kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di ruanganmu. VOC sendiri adalah senyawa organik yang memiliki tekanan uap yang sangat tinggi dan mudah menguap pada temperatur dan tekanan ruang.

Salah satu senyawa seperti metana dan non-metana dapat membahayakan kesehatan, karena memiliki sifat karsinogenik. Nah, dengan kemampuan lantai kayu yang bisa menyesuaikan suhu ruangan

8. Lantai Kayu Buat Rumah Terlihat Mahal & Mewah

Lantai Kayu

Rumah yang terlihat mewah karena hadirnya lantai kayu tentu sangat bagus untuk dunia bisnis anda alam dunia properti, ternyata dipercaya penggunaan lantai kayu membuat rumah terlihat mewah dan megah

Lantai kayu juga disebut sebagai investasi jangka panjang karena dapat meningkatkan nilai jual dari properti penghuni rumah. Harga jual dari rumah pasti akan berbeda jauh dengan harga saat pertama kali membeli rumah itu.

Cara Perawatan Lantai Kayu Murah

cara merawat lantai kayu

Untuk menjaga lantai kayu dan lantai parket terjaga dengan baik dan tahan lama, ada beberapa cara sekaligus tips untuk merawatnya, diantaranya:

1. Menjaga kelembaban lantai

cara merawat lantai kayu

Meski memiliki ketahanan terhadap air bukan berarti lantai kayu maupun parket kebal terhadap air. Ada baiknya melakukan tindakan preventif. Bila terkena air, segera keringkan. Air yang meresap ke dalam lantai berpotensi menjadikannya bengkak atau rusak.

2. Minim zat kimiawi, ramah lingkungan

tips membersihkan lantai kayu

Untuk mencegah kerusakan pada coating atau lapisan terluar dari lantai, gunakan bahan pengepel ramah lingkungan. Ini semata-mata dilakukan untuk menghindari efek dari penggunaan bahan kimia dengan kandungan tertentu yang perlahan namun pasti dapat merusak lapisan kayu.

3. Proteksi Perabot

pelapis furniture

Sementara untuk meminimalisir kerusakan atau cacat akibat goresan ataupun beban furniture tertentu diatas lantai, seperti meja kursi, lemari, dll, berikan alas khusus untuk melindunginya.

4. Mengangkat bukan menyeret

menghindari kerusakan lantai kayu

Pindahkan furnitur/barang-barang berat seperti lemari, tempat tidur, buffet, dll dengan cara diangkat bukan diseret untuk menghindari baret atau cacat pada lantai akibat goresan. Atau beri alas sewaktu hendak memindahkannya.

5. Mesin scrubber

tips membersihkan lantai kayu

Meski masih terdengar jarang di Indonesia, namun salah satu cara untuk merawat lantai kayu dan parket Anda adalah dengan menggunakan mesin ini. Cara kerja mesin akan menyemprotkan cairan, kemudian akan muncul sikat-sikat halus yang langsung membersihkan permukaan lantai kayu ataupun lantai parket.

6. Coating baru

pembaharuan lantai kayu

Bila lapisan luar lantai kayu/parket Anda nampak telah memudar, Anda bisa memperbaharui atau mengganti warnanya dengan yang baru. Caranya dengan menggunakan mesin khusus yang akan berfungsi menghilangkan lapisan luar kemudian mengganti dan memasang coating baru. Tentu ini akan sangat membantu Anda yang ingin menghadirkan suasana baru di rumah.

Baik itulah dia pembahasan pada kesempatan kali ini, bagi Anda yang ingin memsang lantai kayu segera hubungi kami. Terimakasih

(Visited 151 times, 1 visits today)
Scroll to Top