ukuran lapangan basket

Perbedaan Ukuran Lapangan Basket Standar FIBA & Perbasi

Ukuran Lapangan Basket, Galleryparquet.com – Hallo! Jadi, ceritanya ini tentang bikin lapangan basket. Gak gampang, ya, rencanain anggarannya? Mesti dipikirin betul-betul. Entah buat lapangan di rumah atau di kantor, penting banget nih ngertiin biayanya, namanya RAB, buat bikin lapangan basket. Nah, hitung-hitungan ini buat liat seberapa mahalnya bikin lapangan basket, baik yang dalam ruangan atau yang di luar ruangan. Jadi, stay tuned ya buat penjelasan detilnya.

Tapi sebelum itu, kita bahas dulu tentang basket.

Seputar Olahraga Basket

ukuran lapangan basket

Basket itu olahraga yang lumayan populer, tapi gak semua orang main basket dibandingin sama voli atau sepak bola, kan. Ada dua tim, masing-masing dengan lima pemain. Tujuannya sama kayak olahraga lain, nyetak poin dengan lempar bola ke keranjang. Bedanya, basket punya batas waktunya, lho.

Sejarah Olaharga Basket

Sejarah basket dimulai sama James Naismith, guru olahraga. Mainnya itu mulai dibikin pas musim dingin tahun 1891, waktu olahraga lain pada gak bisa dimainin gara-gara cuaca. Naismith mulainya cuma pindah-pindahin bola di ruangan. Trus, dia coba bikin inovasi dengan ngepasang keranjang persik di dinding, gitu, biar bisa nyetak poin kalo bola masuk.

Dulu, timnya ada sembilan orang, gak ada dribel; mereka cuma lempar bola ke temennya aja. Main resminya dimulai di YMCA di New York tahun 1892 dan dinamain basket. Tiongkok punya peran penting dalam ngeluarin basket ke Indonesia waktu itu, pas banyak orang Tiongkok pindah ke Asia Tenggara.

Nah, dari situ Indonesia mulai suka sama basket. Akhirnya dibentuk Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi). Di level internasional, Perbasi diakui sama Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Dari organisasi-organisasi ini, muncul aturan-aturan dasar.

Baca Juga:
Material Terbaik #1 Lantai Lapangan Basket Berstandar FIBA

Teknik Dasar Bermain Basket

Ada beberapa teknik dasar yang jadi kunci dalam main basket:

  • Teknik ngendali bola
  • Teknik ngelempar (seperti lemparan dada, lemparan atas, lemparan pantulan, lemparan baseball, dan lemparan di belakang)
  • Teknik dribel
  • Teknik pivot
  • Teknik nembak (layup, tembakan melompat, tembakan tetap, dll.)
  • Teknik rebound

Setelah ngerti teknik dasarnya, penting juga ngerti aturan mainnya.

Aturan Dasar Bermain Basket

Ada beberapa aturan yang harus diikuti pas main basket:

  • Pemain: 5 orang sama beberapa pemain pengganti. Ganti pemain kalo bola mati.
  • Waktu main: FIBA punya 4 kuarter selama 10 menit, NBA punya 4 kuarter selama 12 menit sama istirahat 10 menit.
  • Aturan membawa bola: (1) Gak boleh lebih dari 3 detik di area lawan (2) 8 detik buat kembangin bola di area mereka sendiri (3) 24 detik buat main. Melanggar aturan ini bikin pelanggaran.
  • Aturan lainnya: Gak boleh dribel ganda, maksimal 4 pelanggaran per pemain, lari atau jalan sama bola jadi pelanggaran, dan gak ada batasan cara lempar bola.

Aturan-aturan ini penting banget buat diikutin pas main basket.

Standar Lapangan Basket

ukuran lapangan basket

Setelah ngerti aturan mainnya, kita bahas ukuran lapangan, keranjang, dan bola. Ada beda ukurannya antara standar internasional (FIBA) sama standar nasional (Perbasi).

Ukurang Lapangan Basket Menurut FIBA

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional:

KeteranganUkuran (FIBA)
Panjang lapang28 meter
Lebar lapang15 meter
Diameter lingkaran tengah3,66 meter
Radius dibatasi busur1,25 meter
Jarak garis lemparan bebas dari lantai ke backboard4,6 meter
Jarak garis 3 poin dari ring6,75 – 6,60 meter

Baca Juga:
The Bucketlist Bogor, Lapangan Basket Kelas Dunia!

Ukuran Lapangan Basket Menurut PERBASI

Ukuran Lapangan Basket Standar Nasional:

KeteranganUkuran (Perbasi)
Panjang lapang29 meter
Lebar lapang15 meter
Diameter lingkaran tengah3,66 meter
Radius dibatasi busur1,22 meter
Jarak garis lemparan bebas dari lantai ke backboard4,57 meter
Jarak garis 3 poin dari keranjang7,24 – 6,70 meter

Bedanya ada di panjang, radius, garis lemparan bebas, dan garis 3 poin. Lainnya hampir sama, cuma beda tipis di meteran. Terus, ada spesifikasi buat ring dan tiangnya:

Ukuran Ring dan Tiang Basket

KeteranganUkuran
Tinggi ring3,05 meter
Diameter ring45 cm
Diameter tengah1 meter
Jarak dari tiang ring ke garis akhir1,8 meter x 1,05 meter
Panjang papan pantul59 cm x 45 cm
Jarak dari papan pantul ke garis akhir1,25 meter

Ukuran Bola Basket

KeteranganUkuran
Lingkar75 – 78 cm
Berat600 – 650 gram

Sekarang udah paham kan tentang ukuran lapangan basket, keranjang, dan bola. Info ini bisa bantu kira-kira budget buat bikin lapangan basket. Tau kan, lapangan basket bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan, dan masing-masing punya kebutuhan sendiri.

Basket gak cuma di dalam ruangan, tapi juga bisa di luar ruangan. Lapangan dalam ruangan biasanya ada di gym atau kompleks olahraga.

Lapang Basket Indoor (Dalam Ruangan)

ukuran lapangan basket

Banyak yang suka lapangan basket di dalam ruangan. Kalo mau bikin yang dalam ruangan, pastiin ngerti banget kebutuhannya. Lapangan olahraga dalam ruangan biasanya pake permukaan karpet, kayak lapangan bulu tangkis atau voli.

Karpet buat lapangan dalam ruangan ada yang vinyl, interlock, sama cat flexi pave. Tiap jenis punya kelebihan dan kekurangannya. Tapi buat lapangan basket dalam ruangan, vinyl atau interlock, yang keduanya berbasis karet, lebih disarankan karena bagusan nge-absorb.

Baca Juga:
Material Vinyl Lapangan Basket Bersertifikat FIBA

Lapangan dalam ruangan juga lebih gampang dirawat karena tertutup. Pilihan karpetnya bisa ngaruh banget sama rencana anggaran buat bikin lapangan basket. Makanya, pilih yang sesuai sama kebutuhan dan budget yang ada. Sekarang, kita bahas lapangan basket di luar ruangan.

Lapangan Basket Outdoor (Luar Ruangan)

ukuran lapangan basket

Selain yang dalam ruangan, lapangan basket di luar ruangan biasanya ada di area perumahan, rumah, atau halaman sekolah.

Banyak lapangan basket yang dibikin di luar ruangan, terutama kalo ruangannya terbatas. Biasanya, bikin lapangan luar ruangan gak perlu budget gede. Tapi, penting diinget kalo lapangan luar ruangan butuh perawatan ekstra.

Terus kena paparan cuaca keras kayak panas matahari sama hujan terus menerus bisa ngaruh kualitas permukaan lapangan.

Kalo mau lapangan basket luar ruangan yang tahan lama, bisa pertimbangkan pake flexi pave. Ini bahan yang bagus tahan cuaca, gabungan silika, pasir, sama cat warna-warni. Beda sama vinyl, karpet ini gak direkomendasiin buat lapangan luar ruangan. Kalo lebih prefer ke yang berbasis karet, interlock bisa jadi pilihan yang bagus.

Hubungi kami untuk konsultasikan biaya pembuatan lantai lapangan basket profesional!

Nah, udah milih jenis lapangan basket yang kamu mau? Apapun pilihannya, pastiin rencana anggarannya sesuai sama persyaratan khusus dari jenis lapangan yang dipilih.

(Visited 14 times, 1 visits today)
Scroll to Top