volatile organic compound adalah

Kenali Volatile Organic Compound, Senyawa Berbahaya Dari Produk Rumah Tangga

Volatile Organic Compound – Kualitas udara yang buruk mungkin saja terjadi karena adanya pencemaran, baik itu berasa dari asap, debu, atau bahkan senyawa kimia dan organik yang sebelumnya tidak kita ketahui. Senyawa kimia atau organik biasanya berupa gas yang dapat menyebar pada ruangan dalam kondisi tidak terlihat, dengan begitu akan sulit bagi kita untuk mengidentifikasinya.

Salah satu senyawa organik yang seringkali tidak kita sadari sudah mencemari udara disekitar ruangan adalah Volatile Organic Compound. Umumnya senyawa organik ini terkonsenterasi didalam ruangan jika dibandingkan dengan luar ruangan, bahkan lebih besar hingga sepuluh kali lipat.

Senyawa tersebut hanya dapat kita sadari melalui bau nya, namun tetap akan sulit bagi orang yang awam. Untuk lebih mengenal jenis polutan satu ini, berikut kami berikan penjelasannya.

Baca Juga:
Tips Menciptakan Sebuah Hunian Yang Sehat Dan Ramah Lingkungan

Mengenal Apa Itu Volatile Organic Compound

volatile organic compound adalah

Volatile Organic Compound adalah jenis bahan kimia yang berasal dari produk rumah tangga dan bahan bangunan tertentu. Meski bahan tersebut terbentuk secara alami, tetap akan menjadi bahaya ketika sudah berubah menjadi gas atau uap.

Volatile Organic Compound (VOC) dapat menyebar kedalam seluruh ruangan dan mengurangi kualtias udara di area tersebut. Akibatnya dapat menjadi penyebab kesulitan bernafas atau gejala lain yang mungkin lebih parah.

Beberapa dari jenis VOC memang sudah berbahaya, bahkan beberapa dapat menyebabkan kanker. Akan tetapi, ada juga jenis VOC yang melakukan reaksi terlebih dahulu dengan jenis gas lain dan mulai membentuk polutan.

Jika ingin menciptakan lingkungan yang sehat untuk anda dan keluarga yang dicintai, pertimbangkan produk yang mengandung VOC untuk rumah tangga. Emisi dari VOC dapat mempengaruhi setiap ruangan dengan ventilasi yang kurang mendukung.

Sumber Volatile Organic Compound

volatile organic compound adalah

Dari artikel-artikel galleryparquet.com sebelumnya, VOC seringkali dikaitkan dengan lantai vinyl, karena jenis lantai tersebut memang memiliki kandungan VOC didalamnya. Namun selain emisi dari lantai, rumah anda mungkin memiliki senyawa ini dari beberapa sumber berikut:

  • Bahan Bangunan: Mungkin anda dapat dengan mudah menemukan kandungan VOC didalam bahan bangunan seperti cat, lem, dempul, pernis, bersamaan dengan pelapis dan busa di furnitur. Beberapa jenis karpet dan lantai vinyl juga mengandung VOC, dan jika akan melapiskan finishing pada lantai kayu, lapisan tersebut mungkin mengandung formalin yang dapat memicu VOC didalamnya.
  • Produk Rumah Tangga: Selain dari bahan bangunan, anda perlu memastikan setiap produk rumah tangga tidak mengandung VOC. Meski anda menggunakan bahan kimia untuk melindungi diri dari penyakit seperti pembersih dan disinfektan, akan tetapi bahan kimia tersebut justru dapat membuat anda lebih sakit. Berhati-hatilah terhadap semprotan aerosol, pestisida, penyegar udara, dan produk lain.
  • Sumber Umum Lainnya: Mungkin ada beberapa barang lain yang secara umum sering digunakan akan tetapi mengandung VOC. Biasanya senyawa itu terkandung dibeberapa barang atau benda seperti rokok, spidol permanen, mesin printer atau fotokopi, tip-ex dan bahkan pakaian yang di dry-cleaning.

Volatile Organic Compound dapat dihasilkan dari benda-benda diatas selama penggunaan ataupun saat disimpan. Tetapi, volume VOC yang menyebar cenderung menurung seiring berjalannya usia setiap produk.

Efek Volatile Organic Compound Bagi Kesehatan

volatile organic compound adalah

Efek dari senyawa ini sangatlah bervarasi, mulai dari yang belum diketahui efeknya untuk kesehatan hingga yang sudah dipastikan sangat beracun. Efek buruk yang terjadi pada tubuh biasanya berbeda-beda tergangung pada beberapa faktor seperti tingkatan dan lamanya paparan.

Beberapa gangguan kesehatan yang biasanya menjadi gejala utama terkait paparan yang dihasilkan oleh VOC:

  • Mata Memerah
  • Mual
  • Pusing
  • Muntah
  • Hidung & Tenggorokan tidak nyaman
  • Sesak Nafas
  • Mimisan
  • Lelah
  • Reaksi alergi kulit

Kemungkinan terburuk bisa saja terjadi pada tubuh manusia jika waktu paparan terjadi dalam jangka panjang, berikut contohnya:

  • Kerusakan pada hati
  • Kerusakan pada ginjal
  • Kerusakan pada sistem saraf pusat
  • Menyebabkan kanker

Namun yang perlu anda ketahui, kebanyakan orang tidak terpengaruh oleh paparan VOC dalam jangka pendek, akan tetapi beberapa orang yang sensitif seperti asma atau alergi akan segera merasakan dampak buruknya.

Material Lantai Yang Rendah VOC

Lantai Rendah VOC

Selain memperbarui ventilasi udara di rumah dan mengurangi penggunaan produk rumah tangga yang mengandung VOC, anda dapat meningkatkan kualitas udara dengan memilih material lantai yang rendah VOC.

Pertimbangkan beberapa jenis lantai tersebut untuk melindungi anda dan keluarga dari resiko penyakit diatas:

Lantai Kayu Solid

Lantai Kayu Solid alaminya hanya mengeluarkan VOC dalam jumlah paling sedikit. Letakan jenis lantai ini di kamar tidur atau ruang tamu utama karena dapat bertahan terhadap penyok atau kerusakan lain.

Selain ramah lingkungan dan lebih sehat, lantai kayu solid juga memiliki nilai estetik secar alami yang dapat membuat desain lebih menarik secara daya tarik maupun daya jual.

Karpet Alami (non-sintetis)

Seperti yang telah disinggung diatas, bawha karpet dapat mengandung VOC yang berbahaya, namun itu terdapat pada karpet sintetis. Berbeda dengan karpet alami yang tidak memiliki bahan kimia beracun didalam proses pembuatannya.

Wol menjadi salah satu material terbarukan, dan produsen menggunakan lebih sedikit bahan kimia untuk pembuatan karpet alami dibandingkan dengan karpet sintetis.

Keramik

Keramik terbuat dari bahan alami dengan kandungan VOC yang rendah karena biasanya dibuat pada suhu tinggi. Selain ramah lingkungan, keramik juga sangat tahan lama dan cocok pada penggunaan area lalu lintas tinggi, mudah digunaan dan tahan lembab.

Keramik juga tersedia dalam beberapa variasi motif sekarang yang beragam, membuat tampilan rumah menjadi tidak monoton.

Baca Juga:
Alternatif Lantai Indoor selain Keramik

Demikian ulasan mengenai Volatile Organic Compound (VOC) semoga dapat menambah wawasan baru untuk anda. Terimakasih telah berkunjung dan membaca semua paragraf diatas.

Untuk informasi seputar produk lantai seperti lantai parket solid, lantai vinyl, laminate, dan decking beserta jasa pemasangannya yang ahli dapat berkonsultasi bersama kami disini 0812-2041-993

(Visited 27 times, 1 visits today)
Scroll to Top