lantai kayu , decking

3 Decking Kolam Renang Terbaik, Tahan & Aman!

Memiliki sebuah kolam renang di pekarangan rumah, tentu saja menjadi dambaan bagi setiap orang. Guna mendapatkan kenyamanan dan keamanan, maka kita harus mempertimbangkan jenis lantai pinggiran kolam renang yang baik. Decking kolam renang menjadi pilihan yang tepat karena dirancang khusus anti air sehingga bagian permukaannya tidak licin. Bahkan, jenis lantai ini tahan terhadap perubahan cuaca.

decking kolam renang
decking kolam renang


Dengan menggunakan decking kolam renang, pastinya tampilan kolam renang di rumah anda akan terlihat berbeda dan indah untuk dipandang. Ya, hal tersebut dikarenakan lantai kayu mampu menghadirkan estetika tinggi dengan nuansa kehangatan. Lalu, decking kolam renang apasaja yang terbaik untuk digunakan? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis Decking Kolam Renang Terbaik untuk Kenyamanan & Keamanan

Decking Kayu Bengkirai

Yellow balau atau yang biasa kita sebut dengan nama bengkirai merupakan salah satu jenis kayu bengkirai. Umumnya, pohon bengkirai ini terdapat di di wilayah-wilayah hutan tropis seperti Kalimantan. Ciri khas dari pohon bengkirai memiliki batang lurus, dimana ukuran tingginya bisa mencapai 40 meter dengan diameter mencapai hingga 120cm.

decking kolam renang
decking kayu bengkirai

kayu bengkirai memiliki tekstur yang halus dan sedikit agak kasar dan memiliki daya tahan kekerasan yang tinggi serta memiliki karakter yang padat dengan warna yang sangat khas yaitu berwarna kuning kecoklatan. Tidak hanya itu, kayu bengkirai pun memiliki bobot yang cukup besar, perbedaannya sedikit lebih besar dari kayu jati.

Kayu bengkirai kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti konsktruksi, jembatan, bantalan rel, lambersering plafon kayu, decking kolam renang, penutup lantai, dan masih banyak lagi. Adapun mengenai beberapa keunggulan dari decking kayu bengkirai seperti berikut:


Tingkat Kekerasan yang Berdasarkan Kelas
Daya tahan pada decking kayu begkirai ini terbagi kedalam beberapa kelas, mulai dari kelas I, kelas II, dan kelas III. Semakin tinggi kelasnya, tentu saja daya tahannya semakin bagus juga. Namun, tingkat kekerasan pada decking kayu bengkirai ini sangat mirip dengan kayu ulin.


Daya Lengkung yang Minim
Perlu diketahui, daya lengkung minim atau tingkat ketegasan yang tinggi tersebut disebabkan oleh tingkat kerasnya yang tinggi. Ya, meskipun terkena air, kayu bengkirai ini masih mampu mempertahankan posisinya sehingga sangat cocok untung dijadikan decking kolam renang


Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi
Dengan mengusung warna kuning kecoklatan, kayu bengkirai pun dapat menyuguhkan keindahan melalui sentuhan natural yang kasual, tidak berlebihan, dan kehangatan. Menariknya lagi, kayu bengkirai cocok diwarnai dengan jenis warna cat apapun.


Tahan Terhadap Perubahan Cuaca
Inilah salah satu faktor yang membuat decking kayu bengkirai cocok dipasangkan di area-area outdoor seperti kolam renang maupun taman. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang tahan terhadap perubahan cuaca.


Menawarkan Harga Terjangkau
Keunggulan berikutnya dari decking kayu bengkirai yang harus kalian ketahui, yakni menawarkan harga terjangkau. Meski kayu bengkirai sudah terbukti berkualitas, namun harga yang ditawarkannya sangat bersahabat dengan isi dompet kita lho.

seperti yang kita ketahui, kayu bengkirai memiliki banyak keunggulan, walaupun kayu bengkirai memiliki banyak keunggulan akan tetapi tidak luput juga dengan kekurangan. salah satu kekurangannya yaitu mudah retak, meski begitu cara memperbaikinya cukup mudah.

seiring berjalanya waktu, lama kelamaan decking kolam renang dari kayu bengkirai akan terlihat kusam karena beberapa faktor seperti, terkena langsung paparan sinar matahari dan terlalu sering terkena air. Maka dari itu, anda hanya perlu mengecat ulang warna sesuai dengan warna dasar kayu, dengan begitu kayu akan tampak seperti semula.

Untuk mengetahui tentang harga decking kayu bengkirai: baca selangkapnya

Decking Kayu Ulin

decking kolam renang
decking kayu ulin


Seperti halnya kayu bengkirai, kayu besi atau kayu ulin juga berasal dari sebuah pohon yang ada di kawasan hutan Kalimantan. Namun, ukuran pohon kayu ulin ini jauh lebih tinggi dan lebih besar dari pohon bengkirai. Menurut informasi yang didapat, pohon kayu ulin bisa tumbuh hingga mencapai 50 meter dengan diameter sekitar 120 cm.

Berkat ketahanannya terhadap perubahan cuaca, kayu ulin pun sering dijadikan dan diolah menjadi beragam bahan bangunan, termasuk untuk lantai kayu samping kolam renang. Terdapat beberapa keunggulan dari decking kayu ulin yang harus kalian ketahui seperti berikut:


Memiliki Manfaat Dari Segi Ekologi
Disamping memiliki nilai jual yang tinggi, ternyata kayu ulin juga memiliki manfaat dari segi ekologi. Pasalnya, pohon kayu ulin dapat mempertahankan air dan tanah yang bertugas untuk mencegah terjadinya erosi atau longsor. Nah, berkat karakternya tersebut, maka tak heran jika kayu ulin ideal dijadikan lantai kayu samping kolam renang.


Tekstur yang Keras dan Kasar
Dengan teksturnya yang keras dan kasar, tentu saja akan membuat permukaan pada decking kayu ulin menjadi tidak licin. Dikarenakan tingkat kekerasannya yang begitu baik, secara otomatis proses pengolahan kayu ulin tergolong cukup sulit sehingga membutuhkan alat khusus.


Awet dan Tahan Lama
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit umum yang kerap terjadi pada material kayu itu berupa serangan rayap, perubahan suhu, dan kelembapan. Namun, penyakit tersebut sama sekali tidak berlaku bagi kayu ulin. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin cocok dipasangkan di area-area outdoor.

ketahui juga tentang harga decking kayu ulin: baca selengkapnya

selanjutnya yang terakhir rekomendasi jenis lantai pinggiran kolam renang, terbaik yaitu:

Decking Kayu Merbau

decking kolam renang
decking kayu merbau


Jenis material lainnya yang cocok dijadikan sebagai decking kolam renang, yakni decking kayu merbau. Perlu anda ketahui kayu ini mendapat julukan kaki besi dari papua dengan kualitas yang cukup baik, serta memiliki berupa serat kayu yang tampak elegan, berkat warna merah kecoklatan yang diusungnya.

Tak hanya itu, kayu ini juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga dijamin kuat dan tahan lama. Menariknya lagi, harga decking kayu merbau ini relative murah lho. keunggulan dari kayu jenis ini diantaranya:

  • Memiliki Tingkat Kekerasan Yang Berkualitas

merbau menjadi suatu alternatif sebagai decking ketimbang dengan kayu jati, karena memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dari kayu jati. dengan di bekali dengan tekstur yang keras jenis kayu ini sangat cocok karena tahan terhadap perubahan cuaca, yang dimana faktor tersebut sangat berpengaruh dalam pembuatan lantai kayu atau decking.

  • Tingkat Penyusutan Yang Sangat Rendah

karena pohon merbau ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, maka dalam proses pengeringan di lakukan tingkat kerusakannya sangat lah kecil.

  • Tahan Terhadap Serangan Serangga dan Rayap

karena memiliki daya tahan yang kuat, maka dari itu kayu jenis ini mampu bertahan dari serangan serangga dan rayap.

  • Harganya Yang Lebih Murah Dari Kayu Jati

hal ini pun yang menjadi sebuah keunggulan yang menarik dari kayu jenis ini, karena memiliki harga yang cukup terjangkau bahkan lebih murah dari kayu jati.

selain memiliki banyak keunggulan, akan tetapi kayu jenis ini memiliki kekurangan seperti jenis-jenis kayu lainnya. Salah satu kekurangannya yaitu memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingga dalam proses finishing memerlukan bahan dan waktu yang cukup lama. tidak hanya itu, karena kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi maka dalam proses pengerjaannya pun akan memakan waktu yang cukup lama.

Ketahui juga tentang harga decking merbau: baca selengkapnya

baik itulah dia rekomendasi dan pembahasan tentang jenis kayu yang cocok untuk dipasang di samping kolam renang, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari jenis kayu yang cocok untuk di pasang di tepian atau di samping kolam renang. sekian dan terimakasih

(Visited 478 times, 1 visits today)
Scroll to Top