tahap pemasangan parket kayu ukuran kecil dan jumbo

Cara Memasang Parket Kayu Ukuran Kecil & Jumbo Size

Parket kayu merupakan jenis produk yang masuk ke dalam kategori bahan bangunan yang di gunakan untuk pelapis lantai, sama halnya seperti keramik atau granit ataupun marmer, akan tetapi parket kayu ini tergolong material yang unik dan berkelas karena produk parket kayu lebih mahal dibanding lantai keramik, juga lebih mahal di banding lantai granit.

Memasang parket kayu tidak semudah memasang lantai keramik ataupun lantai granit yang mana memasang lantai keramik dan lantai granit hanya cukup menggunakan adukan dan juga semen saja, akan tetapi memasang parket kayu ini perlu keahlian khusus dikarenakan banyak tahapan yang harus di kuasai oleh si pemasang, karena itu parket kayu memberikan nilai lebih bagi suatu rumah yang menggunakan lantai parket.

Sebelum ke tahap pemasangan lantai parket, alangkah lebih baik jika anda mengetahui hal-hal atau langkah-langkah sebelum melakukan proses pemasangan parket kayu di dalam rumah.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Parket Kayu

Terdapat beberapa hal yang mesti anda ketahui sebelum hendak memasangkan parket di dalam rumah. Nah, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tipsnya.

1. Cek kondisi permukaan lantai

Sebelum melakukan pemasangan parket kayu pada lantai dasar di dalam rumah, sebaiknya anda cek terlebih dahulu kondisi lantai dasar tersebut. Apakah sudah rata atau belum? jika belum rata, maka alangkah lebih baiknya di ratakan terlebih dahulu agar nantinya parket kayu terpasang dengan rapih dan tidak bergelombang.

memasang lantai kayu

Jika kondisi rumah anda sedang tahap pembangunan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu pada kondisi lantai dasarnya jika memang anda berniat memasang parket kayu. Direkomendasikan, samakan tinggi pada bagian lantainya agar tidak miring

Cara meratakan permukaan lantai yang agak miring yaitu dengan cara menggunakan semen agar seimbang dari segi ketinggiannya, tetapi jika rumah anda sudah rata maka langsung saja kita ke tahap selanjutnya.

2. Siapkan alat dan bahan

Jika sidah dikatakan permukaan lantai dasar di rumah anda sudah rata, maka tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan dan juga tentunya bahan-bahan yang akan di pakai.

alat-alat memasang lantai kayu

Alat dan bahan yang di perlukan diantarannya:

  • Bahan yang bisa digunakan berupa parket, flooring dan mini flooring
  • Paku
  • Palu
  • Benang
  • Kuas
  • Amplas
  • Lem khusus untuk pemasangan lantai parket
  • Mesin amplas agar lebih praktis (jika punya)
  • Meteran (roll meter)

Bila semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, maka tahap selanjutnya yang mesti anda lakukan yaitu langsung saja ke proses pemasangan. Dengan mengikuti prosedur, maka pemasangan parket kayu akan lebih mudah.

3. Memulai proses pemasangan parket kayu

Pada saat ingin memulai proses pemasangan parket kayu, ada suatu hal yang perlu diperhatikan yaitu buatlah patokan awal pemasagan, yang dimana patokan awal ini untuk menyesuaikan dan meluruskan semua lantai parket. Direkomendasikan untuk di dekatkan dengan tembok.

proses pemasangan lantai kayu

Untuk membuat patokan awal tersebut anda bisa menggunakan kayu sisa yang dipaku pada bagian tembok untuk meluruskan tinggi awal parket, karena pada dasarnya setiap kayu rata-rata memiliki ketinggian yang berbeda ada yang lebih 1mm mamupun yang kurang atau mungkin permukaan lantainya masih ada yang tidak rata.

Berikut adalah tata cara Instalasi atau Pemasangan Parket Kayu

lantai kayu rumah
Pengerjaan Lantai Kayu Rumah

Ada beberapa cara dalam pemasangan parket kayu, tergantung jenis lantai parket apa yang akan dipasang. Parket solid ukuran standar, parket solid ukuran besar (Flooring), Parket Laminate, Parket Engineer Atau decking.

Macam-macam jenis Parket tersebut di atas, memiliki tata cara pemasangan yang berbeda-beda yang tentunya di sesuaikan dengan bahan dasar dari masing-masing parket tersebut.

Cara Pemasangan Parket ukuran standar

Yang di maksud parket ukuran standar adalah beberapa jenis produk lantai dari kayu solid yang ukuran lebarnya berkisar antara 2 sampai 5cm, dan tebalnya 1 sampai 1,2cm, untuk informasi lebih jelasnya silahkan kunjungi link berikut ini: Kategori Produk Parket

Dan produk parket umunya dijual dalam keadaan unfinish atau belum finish pabrik, dan pengerjaan finishing biasanya dilakukan setelah terpasang.

Lantai Acian

Pemasangan Parket ukuran standar ini bisa di lakukan di atas Plesteran yang sudah di Aci halus yang langsung di lumuri lem, atau jika perlu bisa juga di tutupi dengan multiplek minimal 15 mm diatas acian, sehingga parket tersebut di pasang diatas Multyplek.

Memasang Lantai Kayu

Selanjutnya permukaan lantai yang hendak di pasang Parket, di lumuri lem kayu secukupnya, Kemudian di susunlah Parket satu persatu dengan motif atau pola pemasangan sesuai dengan yang di inginkan.
Adapun untuk pola pemasangan parket kayu terdapat beberapa jenis pilihan desain, anda bisa kunjungi Pola Pemasangan Parket Kayu

Pengampelasan Lantai Kayu

Setelah pemasangan selesai, menuju ke tahap berikutnya yaitu meratakan parket yang sudah terpasang.

Meratakan lantai parket yang sudah terpasang dengan cara di amplas dengan menggunakan mesin khusus untuk meratakan permukaan Parket yaitu floor sander..

finishing lantai kayu

Setelah lantai parket rata, tahap selanjutnya adalah proses finishing yang mana pengerjaan finishing itu melalui beberapa kali tahapan, mulai sending sealer dua kali, kemudian pewarnaan (jika perlu) kemudian coating dengan menggunakan top coating Poly Urethane (PU).

Sanding dan Coating ini bisa di lakukan dengan spray, bisa juga menggunakan kuas, atau bisa juga dengan Roll khusus.

Cara Pemasangan Parket Kayu Ukuran Besar

Yang dimaksud parket kayu ukuran besar disini ialah salah satu produk penutup lantai yang terbuat dari kayu solid dengan memiliki ukuran yang lebih besar dari lantai parket biasa, dan jenis produk ini lebih di kenal dengan sebutan wood flooring atau flooring kayu.

Pemasangan parket kayu jenis Flooring ini sebenarnya tidak jauh beda dengan pemasangan parket standar, yaitu bisa di pasang di atas acian halus, atau bisa juga plesteran di lapisi ply wood / multiplek dengan ketebalan minimal 15mm agar lebih merekat dan stabil.

Kemudian setelah terpasang dilakukan pengampelasan untuk meratakan permukaan parket kayu, dan terakhir yaitu di finishing dengan menggunakan melamik khusus kayu.

lantai kayu rumah
Pengerjaan Parket Kayu Rumah

Beda halnya dengan jenis flooring yang sudah di coating fabrik, maka pemasangannya harus menggunakan polyfoam terlebih dahulu, teknisnya hampir sama dengan pemasangan lantai laminate, yaitu permukaan yang akan di pasang flooring ini harus di lapisi under layer / Poly foam.

Gunanya lapisan Poly foam tersebut yaitu untuk menahan uap air atau keringat yang keluar dari dalam tanah atau dari dalam lantai yang di cor.

Adapun biaya pemasangan untuk semua jenis parket kayu solid unfinish yaitu Rp.170.000 permeter persegi dengan menggunakan bahan finishing POLYURETHANE (PU). Dan jika jenis parketnya sudah di finish di pabrik, maka biaya pemasangannya hanya Rp.40.000/m2 dan itu sudah termasuk under layer polyfoam.

Layanan pemesanan dan jasa pemasangan

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk memasangkan parket kayu di rumah, kami menyediakan jasa pemasangan parket kayu yang dikerjakan oleh tenaga kerja profesional dan berpangalaman. Untuk informasi lebih lanjut biaya pemasangannya, anda dapat menghubungi salah satu pihak marketing di bawah ini:

Cara Memasang Laminate Flooring

Cara memasang laminate flooring adalah yang paling mudah dibanding jenis lantai dari kayu lainnya, bahkan anda yang bukan tukang kayupun bisa dengan mudah mempelajarinya, apalagi jika anda menyaksikannya sekali saja memasang parket laminate, maka anda akan bisa mempraktekannya sendiri di rumah.

Baca juga: Temukan Produk & Harga Laminate Flooring Terbaru Disini!

Langkah pertama yang harus anda siapkan untuk memasang laminate flooring yaitu, mempersiapkan terlebih dahulu alat-alatnya, peralatan yang dapat anda gunakan untuk memasangkan laminate flooring diantaranya:

  • Meteran
  • Palu
  • besi
  • Palu
  • karet
  • Gergaji
  • Siku
  • Penggaris
  • Benang
  • Pensil
  • Cutter

  • Selanjutnya siapkan juga Polyfoam untuk alas sebelum mengerjakan pemasangan laminate flooring.
  • Hamparkan Polyfoam dengan memenuhi semua ruangan, dan rekatkan antara satu sama lainnya dengan menggunakan lakban.
  • Selanjutnya pilihlah salah satu sudut ruang untuk mulai mengerjakan pemasangan, dan mulailah memasang laminate flooring satu persatu dengan cara menyatukan antara satu dengan lainnya dengan menyambungkan tounge and groove double klik.
  • Pasang satu baris memanjang dengan dari dinding satu ke dinding lainnya.
  • Setelah selesai memasang satu baris, kemudian lanjutkan memasang baris kedua dengan cara yang sama, akan tetapi ujungnya harus di potong setengah dari panjang laminate itu, agar tidak sampai sejajar dengan pemasangan pertama, melainkan harus di pasang secara zig-zag guna memberikan kekuatan lebih, dan juga untuk memberikan tampilan yang lebih artistik dan tidak terlihat monoton.
  • Ddan begitu seterusnya hingga seluruh ruangan tertutupi semua, maka selesailah memasang laminate flooring dan siap digunakan.
  • Baca juga: Kelebihan dan kekurangan laminate flooring

    Lantai Kayu Laminate

    Perlu di garis bawahi, setiap pemasangan wooden flooring sintetis ataupun solid permukaan lantai harus dipastikan dalam keadaan kering (tidak lembab) serta bersih dari debu dan kotoran seperti kerikil untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

    Cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kami informasikan dan sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih

    (Visited 3.258 times, 5 visits today)
    Scroll to Top