trap tangga kayu

Contoh Pemasangan Trap Tangga Kayu Rumah

Tangga adalah bagian yang harus ada pada rumah bertingkat karena Tangga adalah sarana kita untuk berpindah dari lantai 1 ke lantai 2 begitupun sebaliknya. Bagi anda yang Menginginkan hunian lebih berestetika, jangan lupa untuk memperhatikan bagian tangga rumah.

contoh pemasangan papan tangga kayu 2

Kenapa bagian tangga rumah ini harus diperhatikan ?

Kita tahu sendiri bahwa bagian tangga ini cukup mencolok, terlihat menjadi perantara lantai 1 dan 2 hingga estetika pada bagian tangga rumah ini harus di perhatikan.

Nah, kali ini kami akan membahas dan membagikan beberapa contoh perpasangnya trap Tangga kayu untuk hiasan tangga rumah anda, sebagai bahan inspirasi dan pertimbangan tersendiri sebelum memilih papan tangga kayu untuk hiasan rumah.

Silahkan Anda nilai sendiri bagaimana tampilan tangga rumah yang telah dipasang papan kayu. Khusus Gambar paling akhir, sistem tangga rumah yang digunakan adalah tangga gantung, yaitu jenis tangga rumah yang tidak memerlukan penyangga beton. sehingga lansung dipasang papan kayu saja.

contoh pemasangan papan tangga kayu 2
contoh pemasangan papan tangga kayu

Untuk metode ini tentu saja akan menghemat biaya pembangunan rumah anda tanpa menghilangkan kecantikan dari papan kayu. cara ini juga bisa anda praktekan di rumah.

Jenis Papan Kayu Untuk Tangga Rumah

Terdapat dua jenis bahan dasar kayu yang kami gunakan untuk pembuatan papan kayu yaitu papan tangga kayu Jati dan kayu Merbau. Kedua jenis kayu ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya untuk dijadikan bahan Bangunan. Yang menarik lagi dari kedua jenis kayu ini adalah kelebihannya masing-masing.

contoh pemasangan papan tangga kayu jati & merbau

Pada kayu Jati, terdapat corak kayu yang sangat berestetika serta memancarkan kesan natural didalamnya. sementara itu, pada kayu Merbau dengan warna mewah kecoklatan dan serat lurusnya membuatnya terlihat lebih elegan dan Mewah.

Baca juga : Perbedaan kayu jati & merbau

Dalam jenisnya, produk tangga kayu yang tersedia di Gallery Parquet ada 2 macam

parket tangga merbau

Yaitu ada Trap Tangga & Parket Kayu. Kedua jenis produk ini memiliki kesamaan yaitu berfungsi sebagai pelapis anak tangga.

Trap Tangga

Trap tangga merupakan produk papan kayu yang memang dikhususkan untuk melapisi anak tangga. Trap tangga di produksi dengan bentuk 1/2 layer (lapisan) dan bentuknya memang di desain khusus agar langung bisa terpasang pada permukaan tangga beton.

Parket Tangga

Sedangkan Parket merupakan produk lantai kayu umum yang biasanya dipasangkan pada lantai dalam ruangan (indoor) namun dengan inovasi dari ahli pasang, parket juga bisa digunakan sebagai pelapis anak tangga. Parket kayu akan terlihat lebih cantik karena corak atau motif kayu akan lebih mencolok dengan beberapa sambung kayu pada tangga.

Namun kekurangan parket tangga ini adalah memakan waktu lebih lama karena harus memasang parket satu persatu untuk membuat 1 lapis anak tangga saja.

Cara Pemasangan Tangga Kayu Yang Benar

Dalam sebuah pemasangan papan kayu pada anak tangga tentunya hal penting yang di utamakan adalah mempersiapkan semua peralatan. Lalu apa saja alat dan bahan yang perlu disiapkan?

  • Produk Papan Tangga
  • Lem Perekat Kayu
  • Glue Scraper
  • Paku Tembak (Nailer)
  • Palu Karet
  • Waterpass
  • Amplas
  • Finishing

Setelah semua peralatan tersedia, langkah selanjutnya menuju proses pemasangan.

parket tangga kayu untuk anak tangga trap 3

Bersihkan permukaan tangga dari debu atau partikel lain

Sebelum memulai proses pemasangan tangga kayu, yang harus diperhatikan adalah membersihkan permukaan tangga dari debu atau kotoran lain yang menempel.

Itu berguna untuk menjaga lem kayu agar tidak tercampur kotoran yang dimana akan membuat tingkat rekatan menurun. Selain itu batu kerikil juga kan membuat posisi trap tangga tidak rata.

Untuk itu perhatikan permukaan tangga beton sebelum memulai proses pemasangan tangga kayu.

Ratakan lem pada permukaan tangga dan papan tangga

Setelah dirasa permukaan tangga beton sudah bersih dari kotoran debu atau batu kerikil, langkah selanjutnya adalah meratan lem kayu pada permukaan tangga beton dan trap tangga.

Meratakan lem kayu pada permukaan menggunakan glue scraper atau alat perata lem yang tentunya akan mempermudah proses pemerataan.

Letakan papan kayu pada anak tangga

Langkah selanjutnya adalah mulai meletakan trap tangga pada permukaan beton.

Dalam langkah ini perlu diperhatikan posisinya agar tidak terjadi kesalahan yang akan menghamburkan lem

Gunakan paku tembak agar lebih rekat

Setelah trap tangga menempel sempurna pada anak tangga, selanjutnya tembakan paku menggunakan alat paku tembak atau Nailer agar trap tangga lebih menempel sempurna (tidak goyang) pada anak tangga.

Cek tingkat keseimbangan menggunakan waterpass

Langkah berikutnya adalah mengecek tingkat keseimbangan trap tangga menggunakan alat cek tingkat keseimbangan atau Waterpass.

Langkah ini berfungsi agar trap tangga yang menempel pada permukaan anak tangga terlihat lebih presisi serta menyempurnakan pemasangan tangga kayu.

Bersihkan kembali trap tangga yang telah selesai di pasang

Langkah ini sebetulnya langkah terakhir dalam proses pemasangan tangga kayu, namun perlu diketahui produk papan tangga itu ada yang sudah di amplas dan finishing atau belum.

Jika produk papan tangga yang dipesan sudah dalam kondisi ter finishing, langkah terakir ini tinggal melakukan pembersihan menggunakan sapu untuk menyingkirkan debu dan partikel kecil yang tertinggal.

Untuk terlihat lebih bagus gunakan lap pel basah agar lebih bersih.

Amplas papan tangga

Jika produk papan tangga yang dipesan dalam kondisi unfinished (belum ter finishing), selanjutnya melakukan pengamplasan menggunakan mesim pengamplas yang tentunya akan meringankan serta mempercepat proses pengerjaan.

kalau tidak memiliki mesin amplas, gunakan amplas kertas untuk memperhalus permukaan trap tangga.

Finishing

Langkah paling akhir dalam proses pemasangan tangga kayu adalah finishing.

Ya, proses ini adalah proses akhir dimana memerlukan cat finishing kayu. Cat finishing di ratakan pada permukaan trap tangga hingga rata dan di ulang beberapa kali untuk mendapatkan warna kayu yang maksimal.

Setelah semuanya selesai tunggu beberapa saat sampai Lem perekat kayu dan cat finishing kering sempurna.

Harga papan kayu untuk tangga

Untuk harga papan tangga kayu memang selisihnya cukup jauh dimana papan tangga kayu Jati memiliki harganya lebih mahal dibandingkan papan tangga kayu Merbau. Hal ini dikarenakan perbedaan kualitas, yang dimana kayu jati lebih unggul dari segi ketahanan & keawetannya.

Baca juga : Harga papan tangga kayu jati 2021

Harga papan tangga kayu 1 layer jati di bandrol dengan harga yang cukup tinggi yakni sekitar 800rb, sedangkan harga papan tangga kayu merbau 1 layer di jual dengan harga yang lebih murah dari papan tangga kayu jati yaitu sekitar 500rb.

Baca juga : Harga papan tangga kayu merbau 2021

Bagi Anda yang berminat ingin memakai papan kayu untuk di terapkan ke sebuah tangga di rumah, bisa memesannya lewat kami. Anda bisa langsung menghubungi salah satu pihak marketing kami di bawah ini: (Free Survei & Konsultasi)

whatsapp marketing supplier lantai kayu
Arnold : (081-2204-1993)

Desain Tangga Kayu Yang Bisa Digunakan

Terdapat beberapa desain tangga hunian yang cocok untuk kita aplikasikan ke dalam rumah yang akan di pasangkan papan kayu, sasalah satunya seperti yang sudah di jelaskan di atas, yaitu tangga gantung. Akan tetapi model tangga ini sudah cukup sering di gunakan, terdapat cara agar penampilan tangga kayu tidak membosankan dan mendukung konsep hunian yakni dengan cara menentukan desain tangga yang akan digunakan, pastikan sesuai dengan selera.

Tangga kayu melayang

Desain tangga kayu yang satu ini tampak terlihat sangat modern. Anak tangganya dibuat seolah tanpa rangka dan tampak melayang. Ujung setiap anak tangga kayu ini dibuat tidak bersudut lancip sehingga terkesan menarik. Tidak adanya handrail pada setiap susunan anak tangga pada bagian bawah sehingga menambah kesan modern. Handrail yang juga berbahan kayu hanya dipasang di sisi deretan anak tangga bagian atas.

contoh desain tangga kayu melayang

Desain tangga melayang ini dapat kita gunakan agar rumah yang kita huni terkesan mewah dan modern, memanjakan kaki ketika menginjak papan tangga kayu dengan desain tangga melayang ini yang terkesan luwes.

Baca juga : Lantai kayu untuk pijakan anak tangga

Konsep tangga kayu industrial

Menciptakan sebuah hunian yang modern terkadang kedapatan mengadopsi konsep industrial dengan elemen-elemen dekorasi yang unfinished-nya, contohnya seperti pada desain tangga yang unik ini. Perpaduan tangga kayu dengan material baja di pasangkan menempel pada dinding yang permukaanya lantai dasarnya di biarkan terlihat hanya di plester halus, sehingga material baja dan kayunya di buat mencolok.

desain tangga kayu industrial

Untuk desain tangga kayu yang satu ini, warna kayu di biarkan seperti warna aslinya, sedangkan baja di buat menonjol dengan warna yang mencolok. Bagian handrail atau tempat berpegangan pada tangganya menggunakan ornamen besi yang menancap.

Agar unik & menarik beri pencahayaan di bawah anak tangga

Untuk menarik perhatian dan terkesan unik pada sebuah tangga, kita bisa memberikan pencahayaan pada bagian bawah anak tangganya. Desain yang satu ini sangat ideal untuk di terapkan pada konsep rumah modern, dengan penampilan tangga kayu yang simple di tambah pencahayaan di bawah anak tangga, membuat desain tangga ini terkesan stylish dan kekinian.

pencahayaan pada bagian bawah anak tangga kayu

Pada bagian Handrailnya kita bisa menggunakan besi atau elemen kayu yang menempel pada dinding, dengan model yang memanjang lurus. Dengan begitu, penampilan tangga kayu di rumah tidak akan monoton atau membosankan. Bila bosan dengan penampilan warna lampu pencahayaannya kita bisa mengganti sesuai selera.

Tangga kayu minimalis

Bilamana ruangan di dalam rumah kita tidak begitu luas, maka solusi untuk desain tangga yang akan digunakan yaitu memakai desain tangga minimalis. Desain tangga yang satu ini dapat dijadikan alternatif pilihan terbaik untuk menghemat ruang di dalam sebuah hunian.

jenis papan kayu untuk tangga minimalis

Untuk bagian pemegangnya atau handrail kita bisa menggunakan material besi, baja hingga kayu. Bisa juga kita membiarkannya kosong tanpa pegangan, akan tetapi resikonya cukup besar bila tidak ada handrail pada sebuah tangga rumah, terlebih lagi di rumah terdapat seorang lansia atau anak-anak.

Baca juga : Harga Lantai parket per meter 2021 & Biaya Pemasangannya

Demikian ulasan kita kali ini mengenai contoh pemasangan papan kayu untuk tangga di dalam sebuah rumah, semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pemilihan jenis papan tangga kayu dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Cukup sekian & terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 508 times, 1 visits today)
Scroll to Top