Jenis-jenis lantai kayu tempel terbaik untuk hunian rumah

Lantai kayu tempel adalah salah satu solusi tepat bagi kamu yang ingin memiliki hunian nyaman, elegan, dan mudah diaplikasikan. Tak hanya mudah dipasang, lantai kayu tempel juga menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding lantai kayu parket solid. Terdapat beberapa jenis lantai kayu tempel yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki karakter yang berbeda.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui masing-masing karakter dari jenis lantai kayu tempel tersebut. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas jenis-jenis lantai kayu tempel terbaik untuk hunian rumah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Lantai Kayu Laminated

lantai kayu laminated
lantai kayu laminated

Lantai Kayu Laminated memiliki ciri khas yang mudah dipasang dengan menggunakan double click system pada lidah penguncinya. Material Lantai Kayu Laminated ini terbuat dari serbuk kayu HDF, yang kemudian diolah hingga terbentuk lembaran parket lantai berukuran lebar, panjang, dan tipis. Umumnya ukuran tebal Lantai Kayu Laminated ini mencapai 0,8 x 19,5 x 121.5 cm / pcs.

Cara Memasang Lantai Lantai Kayu Laminated

Sebelum ke cara pemasanganya, ada beberapa bahan yang harus kamu sediakan seperti polyfoam under layer dan laminated flooring. Adapun mengenai cara pemasangannya seperti berikut :

  • Silahkan tutupi semua permukaan lantai yang akan di pasang lantai kayu laminated dengan polyfoam.
  • Jika sudah demikian, susunlah lantai laminated diatas polyfoam tadi dengan memanfaatkan system double click yang sudah ada.
  • Setekah itu potong sisi samping laminated flooring jika sudah dirasa mentok dibagian pojok ruangan.
  • Pasang terus hingga menutupi seluruh bagian lantai yang ingin kamu tutupi dengan lantai laminated.
  • Selesai, bagaimana cukup mudah bukan?

Lantai Vinyl Motif Kayu

lantai kayu vinyl
lantai kayu vinyl

Lantai Vinyl Motif Kayu merupakan jenis lantai yang paling banyak dijadikan alternative pengganti lantai kayu solid. Pasalnya, jenis lantai kayu tempel yang satu ini memang menawarkan harga yang jauh lebih bersahabat. Material Lantai Vinyl Motif Kayu terbuat dari bahan PVC, yang bentuknya tidak berbeda jauh dengan jenis lantai kayu laminated tadi. Umumnya Lantai Vinyl Motif Kayu ini memiliki ukuran 0,3 x 18 x 93 cm per pcs.

Cara Memasang Lantai Vinyl Motif Kayu

Pemasangan Lantai Vinyl Motif Kayu ini dinilai lebih mudah karena tidak dilengkapi dengan pengunci di samping lembarannya. Dengan begitu, kamu hanya tinggal menempelnya saja ke lantai yang sudah diberi lem. Bahan-bahan yang dibutuhkan pada proses pemasangannya pun hanya lem kuning saja. Berikut cara pemasangan Lantai Vinyl Motif Kayu :

  • Pastikan area permukaan lantai yang akan dipasang Lantai Vinyl Motif Kayu ini rata. Pasalnya, Lantai Vinyl Motif Kayu akan mengikuti bentuk permukaan dasarnya.
  • Setelah itu, silahkan beri lem secukupnya pada area lantai yang akan kamu pasangi Lantai Vinyl Motif Kayu.
  • Pemberian lem harus secara bertahap, jadi beri lem lalu pasang Lantai Vinyl Motif Kayu. Jika sudah selesai, beri lem lagi di area berikutnya kemudian pasang lagi Lantai Vinyl Motif Kayu tersebut, dan ulangi cara tersebut sampai selesai.
  • Jika sudah demikian, kamu hanya tinggal menempelnya saja.
  • Pasang Lantai Vinyl Motif Kayu ini pada semua area ruangan.
  • Selesai.

Lantai Kayu Solid Coating

lantai kayu solid
lantai kayu solid

Ingin mendapatkan lantai kayu yang lebih kuat dan berestetika, namun mudah dipasang? Jika iya, maka Lantai Kayu Solid Coating ini merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, sesuai dengan namanya, dimana jenis lantai kayu yang satu ini harus diberi lapisan coating dulu agar membuatnya lebih kuat dan memiliki tampilan seperti kayu jati asli. Bahkan, cara pemasangannya pun terbilang cukup mudah lho.

Cara Memasang Lantai Kayu Solid Coating

Bahan-bahan pada proses pemasangan Lantai Kayu Solid Coating ini sama seperti lantai laminated diatas tadi, yakni polyfoam under layer. Adapun mengenai cara pemasangannya seperti berikut :

  • Silahkan lakuukan proses coating dulu pada lantai kayu solid tersebut.
  • Tunggulah sampai prosesnya selesai, yang umumnya dapat memakan waktu hingga 1 minggu. Namun, hal itu juga tergantung dari seberapa banyaknya lantai parket yang akan kamu gunakan.
  • Setelah proses coating selesai, tutupi semua permukaan lantai yang akan kamu pasangi Lantai Kayu Solid Coating dengan polyfoam.
  • Kemudian beri lem di beberapa bagian penting.
  • Selanjutnya potong bagian samping Lantai Kayu Solid Coating jika dirasa sudah mentok dibagian pojok ruangan.
  • Pasang lantainya sampai menutupi seluruh bagian lantai dasar yang ingin kamu tutupi dengan Lantai Kayu Solid Coating.
  • Selesai.

Demikianlah ulasan singkat seputar beberapa jenis lantai kayu tempel terbaik dan tata cara pemasangannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai lantai kayu ini. sekian dan terimakasih