Perbedaan flooring spc & lantai wpc

Mengetahui Perbandingan Lantai SPC & Lantai WPC

Akhir-akhir banyak sekali yang menggunakan material lantai selain keramik yang di sinyalir lebih baik dan jauh lebih unggul dari segi karakteristik maupun dari segi kualitasnya.

Seperti contohnya flooring spc dan penutup lantai jenis wpc, kedua material pelapis lantai ini sudah cukup banyak yang menggunakannya serta merupakan alternatif pengganti lantai kayu solid.

Yang menariknya disini kita akan membahas perbedaan antara lantai spc dengan lantai wpc, penasaran? Simak ulasannnya di bawah ini:

Flooring SPC ( Stone Plastic Composite )

Lantai spc adalah Jenis penutup lantai yang terbuat dari komponen kalsium karbonat, yang dimana bahan tersebut di hasilkan dari batu kapur yang merupakan senyawa anorganik. Stone Plastic Composite merupakan kepanjangan dari singkatan SPC, Jenis lantai ini merupakan pengembangan dari luxury lantai vinyl tile ( LVT ) yang sudah ada sebelumnya.

Flooring spc indonesia

Karakteristik yang dimiliki lantai spc terbilang cukup unik, hal ini lantaran terbuat dari bahan batuan kapur yang membuat hasil akhirnya sangat kuat dan dapat bertahan lebih lama bila di bandingkan dengan lantai vinyl biasa.

Motif pada flooring spc terlihat sangat elegan dan menawan karena menampilkan corak yang begitu realistis, motifnya pun tidak itu-itu saja, melainkan bervariasi. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan desain atau konsep hunian.

Informasi selengkapnya tentang : Harga lantai spc per meter, cara pasang & tips merawat

Keunggulan lantai spc yang tidak dimiliki lantai wpc

Terdapat beberapa kelebihan flooring spc yang dimana keunggulan tersebut tidak di miliki oleh penutup lantai wpc, diantarana:

  • Tingkat kestabilan cukup bagus, bahkan tetap stabil meskipun terkena perubahan cuaca.
  • Bisa di terapkan pada permukaan lantai yang tidak rata dengan sempurna
  • Mempunyai motif yang beragam
  • Tidak sulit untuk di bersihkan dan di rawat
  • Harganya jauh lebih terjangkau

Sayangnya, lantai spc mengandung logam berat dan tidak sepenuhnya tahan terhadap air serta akan cepat memuai bila terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Meski begitu, flooring spc dapat kita andalkan sebagai penutup lantai di dalam ruangan.

Lantai WPC ( Wood Plastic Composite )

Lantai wpc adalah penutup lantai yang terbuat dari campuran kayu dengan plastik, WPC merupakan kependekan dari wood plastic composite yang merupakan sebuah material yang tersusun dari elemen kayu dan polimer termoplastik yang kemudian di olah menjadi satu dan membentuk sebuah material lantai yang baru.

lantai outdoor plastik

Serat kayu pada lantai wpc ini sebanyak 60%, sisanya merupakan bahan polimer sintetis seperti polypropylene (PP) polyethlene (PE) Coupling agent, UV stabilizer serta pewarna.

WPC sendiri merupakan alternatif pengganti kayu konvensional masa kini, hal ini di karenakan harga kayu yang semakin melambung tinggi dan pertumbuhan kayu itu sendiri yang cukup lama.

Meskipun lantai wpc merupakan campuran dari serbuk kayu dan plastik, akan tetapi kualitas daya tahan dan tingkat kekerasannya terbilang cukup bagus. Bahkan dapat bertahan lama meskipun terkena perubahan cuaca. Pada umumnya lantai wpc sering di pergunakan untuk kebutuhan lantai outdoor.

Kelebihan WPC yang tidak di miliki flooring spc

  • Daya tahan yang cukup tinggi terhadap benturan dan abrasi
  • Warna permukaannya tidak akan cepat memudar
  • Dapat di daur ulang untuk di produksi kembali
  • Sangat cocok untuk investasi jangka panjang

Hanya saja lantai wpc materialnya rawan meleleh, mengandung bahan kimia dan tidak memiliki banyak pilihan motif, berbanding ke balik dengan lantai spc yang memiliki beragam motif pilihan.

Baca juga : Fungsi Decking kayu outdoor

Lantai WPC vs Flooring SPC, mana yang lebih baik?

Perbandingan lantai spc dengan lantai wpc di bedakan dari segi bahan pembuatan, yang dimana flooring spc terbuat dari komponen kalsium karbonat, sedangkan lantai wpc sendiri terbuat dari campuran elemen kayu dengan plastik.

Lantai spc vs wpc, mana yang lebih baik?

Bila di lihat dari segi kenyamanan, lantai wpc jauh lebih stabil dan empuk ketika di pijak karena ukurannya yang sangat tebal, berbeda halnya dengan lantai spc. Meskipun flooring spc tidak setebal lantai wpc, namun karena lantai spc sangat padat sehingga mampu menahan beban berat serta benturan di bandingkan dengan lantai wpc.

Apakah warna permukaan lantai wpc tidak mudah memudar? jawabanya iya, karena wpc sendiri terdiri dari berbagai elemen yang di campur dalam rasio spesifik dan ketat. Pada saat proses finishing, cat dapat di gunakan untuk melindungi permukaan lantai wpc yang modern dan canggih.

Lalu, apakah lantai spc mudah memudar warna permukaanya? Untuk menjaga kualitas lantai spc, baik dari segi ketahanan maupun keawetannya memerlukan perawatan yang intens dan di lakukan secara teratur. Dengan begitu, warna permukaan lantai spc tidak akan cepat memudar atau terlihat kusam. Di usahakan agar lantai spc tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Baik lantai wpc maupun spc, keduanya tidak terlalu kuat terhadap api. Mengingat bahan yang dipakai menggunakan plastik, akan tetapi cukup tahan terhadap suhu panas dalam skala yang rendah.

Perbedaan harga lantai spc dengan lantai wpc, harga lantai spc per meter jauh lebih murah di bandingkan dengan harga lantai wpc. Tergantung ukuran dan merk tertentu.

lantai spc mudah di terapkan

Masalah instalasi pemasangan, disini memang yang unggul yaitu lantai spc karena mudah di terapkan, bahkan pada permukaan yang tidak rata dengan sempurna. Alat dan bahan yang di perlukan pun cukup sederhana.

Berbeda halnya dengan pemasangan lantai wpc, setidaknya di perlukan orang yang ahli di bidangnya dan memerlukan alat-alat yang cukup banyak seperti gergaji, bor, obeng, palu dan meteran. Serta finishing lantai yang berbeda.

*KESIMPULAN

Baik itu lantai spc maupun lantai wpc, kedunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita sendiri yang menentukan dan sesuai dengan kebutuhan. Jika di suruh memilih, tampaknya flooring spc menjadi pilihan. Mengingat harganya yang murah dan mudah di aplikasikan.

Lalu bagaimana, sudahkah kalian menentukan ingin menggunakan material lantai spc atau wpc?

Itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam menentukan flooring spc dengan wpc. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir

(Visited 69 times, 1 visits today)
Scroll to Top