apa yang dimaksud dengan lantai spc?

Plus Minus Spc Flooring Beserta Harga & Cara Pasangnya

Tahukah Anda, bahwasanya saat ini terdapat beragam jenis material lantai yang tersedia di toko-toko atau di pasaran. Tentunya selain keramik maupun parket, terdapat salah satu jenis penutup lantai yang tidak kalah populernya yaitu lantai vinyl.

Lantai vinyl atau lantai sintetis tak lain merupakan sebuah produk pelapis lantai yang terbuat dari bahan PVC, berbagai bentuk, motif maupun jenis tertentu sangatlah bervariasi. Salah satu jenis lantai vinyl yang akan kita bahas pada kesempatan ini yaitu lantai spc.

Mungkin sebagian besar dari kita cukup asing mendengar lantai spc, hal ini di karenakan produk sejenis lantai vinyl ini bisa di katakan masih baru. Sehingga kepopulerannya masih sangat minim serta penggunannya juga masih tergolong rendah.

Mengetahui Karakteristik Lantai SPC

SPC lantai atau flooring spc ( Stone Plastic Composite ) ini merupakan sebuah product penutup lantai indoor yang terbuat dari komponen kalsium karbonat, biasanya bahan tersebut di hasilkan dari batu kapur, bubuk pvc dan stabilizer.

Produk yang satu ini merupakan hasil pengembangan dari pelapis lantai luxury vinyl tile ( LVT ), yang dimana produk penutup lantai tersebut sudah ada sebelumnya.

Apa itu lantai SPC?

Karakteristik dari lantai spc sendiri terbilang cukup unik dan menarik, hal ini lantaran terbuat dari SPC atau komponen kalsium karbonat yang membuat hasil karakteristiknya sangat kuat dan dapat bertahan lebih lama di bandingkan dengan lantai vinyl biasa.

Selain itu, terdapat pula berbagai macam motif pilihan yang jelas terlihat elegan dan begitu menawan hal ini di karenakan menampilkan tampilan corak yang realistis. Motif spc flooring sendiri sangat bervariasi, kita bisa menyesuaikan dengan desain hunian dan selera kita mulai dari lantai motif kayu hingga batu.

Kelebihan & kekurangan spc flooring

Sepintas terlihat lantai spc ini tidak memiliki kelemahannya, mengingat karakteristiknya yang begitu kuat dan awet. Akan tetapi, sama halnya dengan jenis penutup lantai yang lain yang dimana terdapat beberapa plus minus di dalamnya.

Keunggulan spc lantai :

  • Tingkat kestabilannya sangat bagus
  • Tetap stabil meskipun terkena perubahan cuaca
  • Tidak mudah memuai
  • Mudah di rawat
  • Tahan terhadap endapan air
  • Memiliki motif yang bervariasi
  • Harganya relatif terjangkau
  • Dapat di terapkan pada permukaan yang tidak rata dengan sempurna
plus minus lantai SPC

Kelemahan lantai spc :

  • Mengandung logam yang berat
  • Tidak sepenuhnya tahan terhadap air
  • Cepat memuai bila terkena paparan sinar matahari secara langsung, terlebih lagi jika dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kekurangan yang dimiliki spc flooring tidak begitu banyak, sehingga patut sangat rekomendasi dan masuk ke daftar produk material lantai yang akan kita gunakan di dalam hunian.

Struktur susunan lapisan lantai spc

Guna menghasilakan produk material lantai yang sempurna dari segi ketahanan maupun keawetannya di perlukan setidaknya bahan-bahan yang berkualitas. Seperti halnya dengan spc flooring, yang dimana jenis lantai yang satu ini terdiri dari berbagai layer yang tersusun rapih dalam sekaligus.

Susunan layer pada flooring SPC
  • Wear Layer : Adalah lapisan luar dari lantai SPC, terbuat dari bahan anti gores & anti noda serta berwarna bening transparan.
  • Vinyl Top Coat : ialah lapisan vinyl yang disusun setelah lapisan luar, setiap lantai spc memiliki lapisan vinyl tetap di bawah wear layer. Lapisan inilah yang membuat flooring spc mempunyai warna, pola dan tesktur biasanya lebih di kenal dengan sebutan motif. Layer ini terbuat dari material yang tahan terhadap air.
  • SPC Layer : Lapisan inilah yang merupakan lapisan inti dari flooring spc, lapisan yang satu ini terbuat dari komponen kalsium karbonat, yang dimana bahan inilah yang membuat lantai tetap stabil dan tahan terhadap air.
  • Extra Layer : Extra layer ini merupakan lapisan tambahan yang berperan untuk meningkatkan kelembutan pada lantai dan meredam suara sehingga kecil kemungkinan tidak menimbulkan suara ketika di injak.

Tidak hanya itu, flooring spc juga di lengkapi dengan sistem pengunci yang terletak pada bagian samping sehingga akan sangat mudah dalam hal pemasangannya.

Daftar Harga Lantai SPC Per Meter

Memang harga dari lantai spc ini sendiri tergolong cukup murah, akan tetapi bukan berarti produk material lantai yang murahan, melainkan produk lantai yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Di bawah ini terdapat beberapa merk lantai spc indonesia yang berkualitas tinggi dengan harga yang bervariasi, yang tentunya bersahabat.

Merk Lantai SPC UkuranHarga per meter
Flooring SPC Marvel18 cm x 122 cm x 4 mmRp. 250.000/M²
Flooring SPC Alma Doura Essential15 cm x 92 cm x 4,5 mmRp. 235.000/M²
Flooring SPC Beren17 cm x 122 cm x 4 mmRp. 210.000/M²
Flooring SPC Laiv18 cm x 122 cm x 4 mmRp. 200.000/M²
Flooring SPC Haiger18 cm x 122 cm x 4 mmRp. 190.000/M²
Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah & belum termasuk dengan biaya pemasangan

Memilih spc flooring sebagai penutup lantai di dalam rumah merupakan keputusan yang cukup tepat, mengingat karakteristik yang dimiliki jenis lantai ini sangat mumpuni dan terdapat kelebihan yang banyak serta harga jual yang terjangkau.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Jati 2021

Tips memilih lantai SPC berkualitas tinggi

Terdapat berbagai tatacara dalam memilih material lantai spc berkualitas, meskipun lantai yang mempunyai good quality biasanya di bandrol dengan harga yang relatif mahal, akan tetapi sebanding dengan performa dan hasilnya.

  • Perhatikan dari segi indikator & bahan kimia
  • Perlu di pertimbangkan dalam kualitas produk
  • Bedakan bahan baku dengan proses manufaktur, flooring spc yang berkualitas terbuat dari bahan yang baru bukan yang terbuat dari bahan yang di daur ulang.
  • Kita juga harus memperhatikan keseragaman spesifik, ukuran, bentuk dan juga motif
  • Berikan perhatian khusus pada jaminan layanan purna yang akan mempengaruhi masa pemakaian lantai batu plastik

Baca juga : Tips memilih lantai kayu berkualitas

Cara Memasang SPC Lantai

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya flooring spc ini mudah di aplikasikan. Akan tetapi, bila kita awam tentang memasang lantai tentunya akan cukup sulit menerapkannya. Maka dari itu, bagi Anda yang memutuskan ingin memakai lantai spc di dalam rumah, perlu di ketahui juga tatacara pemasangannya yang baik dan benar agar hasilnya memuaskan.

tutorial memasang lantai SPC dirumah

Alat-alat yang di perlukan dalam memasang spc flooring terbilang sangat sederhana seperti lem, cutter, penggaris dan sisanya alat yang di perlukan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah pertama

Ukur terlebih dahulu luas ruangan yang akan kita pasang lantai spc, perlu di ketahui bahwa dalam proses pengukuran ini harus di lakukan dengan teliti, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kekurangan bahan atau kelebihan.

Selanjutnya, bersihkan permukaan lantai baik dari debu maupun kotoran. Tidak lupa juga untuk memindahkan barang-barang di sekitar terlebih dahulu. Pastikan juga permukaan lantainya rata dan juga kering.

Langkah kedua

Tentukan titik pusat dari keempat sisi bidang dalam suatu ruangan yang akan di terapkan lantai spc, lalu kemudia hubungkan titik dari ujung dinding ke titik tengah, dengan begitu kita akan mendapatkan pola dua garis yang menyilang agar bisa dijadikan acuan pada saat memasang flooring spc.

Siapkan lem lalu tinggal di oleskan ke bagian permukaan lantai secukupnya saja, kemudian pasang lantai spc satu per satu. Perlu di perhatikan sisi sudut flooring spc dengan yang lainnya agar terlihat rapih.

Langkah ketiga

Di langkah yang terakhir ini, kita hanya perlu memotong lantai spc menggunakan cutter dan penggaris, di usahakan untuk memotong lantai spc dipaskan dengan jarak ke dinding agar hasilnya tertata dengan rapih.

Berhati-hati pada saat proses pemotongan spc flooring berlangsung, karena bisa saja memotong terlalu berlebihan. Maka dari itu, di perlukan ketelitian dalam melakukan pemasangan spc lantai.

Baca juga : Cara memasang lantai kayu

Cara Mudah Merawat Lantai SPC Di Dalam Rumah

kiat cepat merawat & membersihkan lantai SPC

Setelah kita membeli produk flooring spc dan menerakpannya di dalam rumah dengan konsep yang minimalis, tentunya setelah itu kita harus memperhatikan dalam segi perawatannya. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat uraian tentang kiat cepat merawat & membersihkan spc lantai dengan mudah. Penasaran? simak ulasannya berikut ini:

  • Bersihkan debu dan kotoran yang hinggap di permukaan lantai spc menggunakan sapu berbulu lembut atau vaccum cleaner.
  • Untuk membereskan noda pada lantai spc, gunakan kain putih basah lalu gosokan secara perlahan.
  • Cuci permukaan flooring spc sesekali dengan menggunakan produk pembesih lantai yang lembut ( Non-Abrasif ).
  • Tidak di rekomendasikan membersihkan permukaan spc lantai menggunakan deterjen karena nantinya akan menyisakan residu.
  • Tidak di sarankan pula membersihkan lantai spc menggunakan pemutih atau amonia.

Tips mencegah terjadinya goresan pada flooring spc

Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan pada lantai spc, senantiasa agar kita merawat dan membersihkannya secara rutin agar tidak hanya nyaman saja pada saat digunakan, tetapi juga akan berpengaruh terhadap lantai itu sendiri.

Mencegah goresan pada lantai spc

Cara mencegah terjadinya goresan pada lantai spc, di usahakan untuk tidak menyeret, mendorong atau menarik perabotan/furniture yang berada di atas lantai. Di rekomendasikan untuk mengangkatnya pada saat memindahkan barang.

Gunakan juga alas atau pelindung pada kaki-kaki furniture seperti meja dan kursi.

Rekomendasi Penutup Lantai Parket & Laminated

Selain lantai spc, terdapat pula alternatif pilihan terbaik lantai indoor yaitu parket dan juga laminate. Kedua jenis lantai ini mempunyai karakteristik dan kualitas yang jauh lebih baik.

alternatif pilihan selain flooring SPC

Yang dimana lantai laminasi atau laminated floor terbuat dari serbuk kayu yang di campur dengan resin dan di buat menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama HDF ( High Density Fiberboard ). Dibekali dengan lapisan anti gores dan UV coating dan juga terdapat pilihan motif kayu yang elegan.

Selengkapnya tentang : Lantai kayu laminated

Sedangkan lantai kayu terbuat dari kayu utuh alami tanpa adanya bahan campuran lain di dalamnya, jenis kayu yang digunakan pun merupakan termasuk ke dalam golongan jenis kayu keras seperti kayu jati dan kayu merbau.

Informasi lebih lanjut mengenai : Harga lantai kayu dan harga lantai laminasi

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat membantu Anda yang sedang mencari produk lantai murah dengan kualitas yang mumpuni. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir

(Visited 112 times, 3 visits today)
Scroll to Top