perbandingan lantai vinyl dan lantai laminate

Apa Perbedaan Antara Lantai Vinyl Dengan Laminate

Kita semua tentunya menginginkan yang terbaik untuk hunian yang kita tinggali, termasuk pada saat pemilihan material lantai yang akan di gunakan. Tentunya tidak sembarang jenis penutup lantai kita pergunakan, karena nyatanya kita juga harus melihat sisi keindahan dan segi kualitasnya.

Selain itu, kita juga harus menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Memang tidak mudah untuk menentukan material lantai hunian minimalis yang dapat memberikan kenyamanan dan keindahan, akan tetapi bukan berarti tidak ada jenis lantai yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

menilai perbandingan lantai laminasi dengan vinyl

Terdapat dua jenis lantai yang mempunyai karakteristik yang cukup unik dan memiliki kelebihan-kelebihan yang jarang dimiliki dari berbagai jenis lantai pada umumnya, serta yang tidak kalah menariknya lagi kedua lantai ini di jual dengan harga yang terbilang cukup murah. Kedua jenis lantai tersebut yaitu:

  • Lantai vinyl
  • Lantai kayu laminated

Lantai vinyl dan laminated keduanya bisa dikatakan mempunyai kelebihan yang hampir serupa dengan kualitas yang tidak berbanding jauh. Nah pada kesempatan ini, kita akan membahas perbandingan dari lantai vinyl & lantai laminasi atau lantai kayu laminate. Penasaran seperti apakah perbedaannya? simak ulasannya di bawah ini:

Lantai Laminasi

Lantai laminasi atau lantai kayu laminated merupakan salah satu jenis lantai yang terbuat dari bahan kimia seperti resin dengan di campur serbuk kayu, pembuatan jenis lantai yang satu ini di buat menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama High Density Fiberboard ( HDF ) yang kemudian di bentuk layaknya papan lembaran.

lantai kayu laminasi mudah di pasangkan

Terdapat beragam motif kayu yang dapat kita tentukan dan pilih sesuai selera, motif yang di hasilkan terlihat begitu elegan dan menawan.

Bila di lihat dari segi kualitas, lantai kayu laminate ini tergolong ke dalam jenis lantai yang memiliki kualitas yang cukup bagus. Terlebih lagi lantai laminasi ini ramah lingkungan lho.

Baca juga :

Kelebihan lantai laminate

Tahukah kalian, bahwasanya terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki lantai laminasi atau lantai laminated ini. Salah satunya jarang di miliki jenis lantai kebanyakan.

  • Mudah di terapkan
  • Mempunyai motif kayu yang bervariasi
  • Tidak memiliki kandungan berbahaya bagi kesehatan
  • Memiliki nilai estetika yang cukup tinggi
  • Produk lantai yang ramah lingkungan
  • Cukup mudah di bersihkan
  • Dapat di bongkar pasang
  • Harganya sangat terjangkau

Sayangnya, terdapat pula segi kelemahan dari lantai laminasi ini yaitu rentan terhadap goresan dan mudah mengelupas bila ketika proses pemasangan berlangsung di kerjakan secara terburu-buru atau di lakukan dengan tidak baik dan benar.

Harga Lantai laminated

Harga lantai laminated merk golden crown Rp. 220.000/m2 dengan ukuran 0,8 x 19 x 120cm

Harga lantai laminasi merk kendo Rp. 240.000/m2 dengan ukuran 0,8 x 19 x 120cm

Informasi lebih detail tentang : Lantai kayu laminate

Lantai Vinyl

Berbeda halnya dengan lantai kayu laminated, jenis lantai sintetis yang satu ini merupakan pelapis lantai hunian yang cukup familiar di kalangan masyarakat sebab cukup populer dan banyak peminatnya. Meskipun begitu, bukan berarti lantai laminasi atau jenis lantai lainnya tidak cukup populer, hanya saja jenis lantai tempel ini termasuk produk lantai yang best seller di pasaran.

lantai vinyl merupakan lantai tempel

Hal ini tak lain karena lantai vinyl mempunyai kelebihan-kelebihan yang cukup unik dan menarik, di tambah lagi harganya terbilang cukup murah bila di bandingkan dengan harga lantai kayu laminated.

Lantai vinyl merupakan jenis penutup lantai yang terbuat dari bahan PVC ( Poli Vinyl Chloride) yang dimana bahan tersebut semacam bahan kimia sejenis plastik, sehingga lantai pvc ini sangat elastis.

Baca juga : Perbandingan lantai vinyl & lantai kayu

Terdapat berbagai motif yang menempel di bagian atas pemukaannya seperti batu alam, marmer dan motif kayu, berbeda halnya dengan stiker choromo lantai vinyl. Biasanya para konsumen lebih tertarik dengan lantai vinyl motif kayu.

Lantai vinyl ini mempunyai berbagai type/ jenis dan bentuk yang pada saat ini tersedia di pasaran, diantaranya:

  • Lantai vinyl click
  • Lantai vinyl plank
  • Lantai vinyl roll
  • Lantai vinyl tile

Keunggulan lantai vinyl

Sama halnya dengan lantai laminasi dan berbagai jenis lantai kebanyakan yang memiliki kelebihan-kelebihannya tersendiri, begitu pun dengan lantai vinyl yang begitu di gemari berkat keunggulan yang di bekali.

  • Mempunyai berbagai motif pilihan
  • Bisa di bongkar pasang
  • Mudah di aplikasikan
  • Tingkat keawetannya cukup tinggi
  • Harganya murah

Sayangnya, lantai vinyl ini mudah terkena gesekan dari furniture seperti kaki-kaki meja dan kursi dan tidak baik bagi kesehatan dari terdapat kandungan VOC ( Volatile Organic Compounds ).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai : Lantai vinyl motif kayu

Menilai Perbandingan Lantai Laminasi & Vinyl

Jika kita rangkum dan menilai perbandingannya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan tentunya berbeda-beda.

Lalu apa perbandingan lantai vinyl dengan laminated? perbandingan kedua penutup lantai tersebut di bedakan dari segi bahan pembuatan, yang dimana lantai vinyl terbuat dari bahan PVC sedangkan lantai kayu laminated terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Selain itu, karakteristik dan harganya juga berbeda.

pilih lantai vinyl atau lantai laminated

Mana yang lebih baik, lantai kayu laminate atau vinyl? menurut kami jenis lantai terbaik untuk di terapkan ke dalam hunian minimalis yaitu lantai kayu laminasi atau laminate, karena jenis lantai yang satu ini memiliki kualitas yang cukup bagus bila dibandingkan dengan lantai vinyl dan sangat nyaman digunakan.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu dengan lantai keramik

Akan tetapi, bila kalian ingin menggunakan jenis lantai yang sangat mudah di pasangkan dengan harganya murah kalian bisa mengandalkan lantai vinyl. Meskipun terdapat kandungan VOC di dalamnya, tetapi beberapa produsen lantai vinyl kini telah mengurangi kandungan bahan tersebut.

Baik, segitu saja pembahasan kita kali ini semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung memilih lantai vinyl atau lantai laminasi. Terimakasih lebih membaca artikel ini hingga akhir, wasalam.

(Visited 94 times, 1 visits today)
Scroll to Top