Lantai kayu dapur

Memilih Lantai Kayu Untuk Dapur, Baca 4 Pedoman Ini!

Beberapa tahun yang lalu sebagian besar orang tidak menyukai lantai kayu untuk dapur. Waktu itu jenis lantai lain lebih populer daripada lantai kayu yang dipercaya dapat menimbulkan banyak masalah.

Biasanya jika pemilik rumah yang memaksa untuk menggunakan lantai kayu pada area dapur mereka, maka banyak masalah yang akan datang seperti kerusakan akibat air hingga kurangnya ketahanan terhadap bantingan serta goresan.

Baca Juga: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang takut untuk memilih lantai kayu sebagai pelapis lantai dapur mereka.

Akan tetapi, lantai kayu telah banyak berubah dengan inovasi-inovasi terbaru yang memungkinkan keamanan terjamin ketika di aplikasikan pada area dapur.

Lantai kayu saat ini semakin populer, dan sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk area dapur. Lantai kayu dapat memberikan tampilan dan kesan yang berbeda untuk dapur pada rumah anda.

Jika anda merupakan orang yang tertarik untuk menggunakan lantai kayu pada dapur rumah, berikut ini beberapa informasi tentang jenis lantai, spesies kayu dan finishing yang direkomendasikan.

Lantai Kayu Sintetis atau Lantai Kayu Solid?

Lantai Parket vs Vinyl

Perdebatan antara lantai kayu sintetis vs lantai kayu solid sering terjadi setiap saat ketika akan memilih jenis lantia yang baik untuk setiap area di sudut rumah.

Kedua jenis lantai kayu ini memang seringkali membuat pilihan menjadi membingungkan, setiap jenis lantai kayu itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan jawaban biasanya tergantung pada kebutuhan akan fungsi dari pemilik rumah tersebut.

Ada dua jenis produk lantai kayu yang dapat anda pilih sesuai dengan fungsi dan budget, produk-produk ini kami sediakan dengan jasa pemasangan profesional yang bergaransi.

Lantai Parket Kayu untuk Dapur

dapur lantai kayu

Lantai parket merupakan salah satu produk lantai kayu solid yang paling direkomendasikan, jenis lantai ini memang populer di seluruh dunia. Bagaimana tidak, lantai parket banyak memberikan kelebihan yang akan didapat oleh penggunanya.

Parket kayu terbuat dari potongan berbagai jenis atau spesies kayu yang terpilih dengan standarisasi tertentu. Parket dirancang dengan ditambahkan sistem penguncian T&G yang akan membuat pemasangan lebih mudah dan rapat.

Baca Juga:

√ Harga Parket Kayu Jati Terupdate 2021 – 2022

Parket memiliki daya tahan yang baik karena terbuat dari material kayu asli yang secara umum dipergunakan sebagai bahan kontruksi. Akan tetapi untuk goresan memang lebih kuat vinyl karena memang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan permukaan yang kuat akan goresan.

Lantai parket juga lebih rentan lembab, apalagi jika terkena air secara terus menerus. Lantai parket akan cepat rusak dan keropos dibanding dengan lantai vinyl yang lebih bagus menahan kelembaban berlebih.

Secara perawatan, lantai parket juga akan lebih sulit dan harus dilakukan dengan lebih hati-hati karena material utamanya kayu asli. Namun dalam perbaikannya parket kayu akan lebih mudah direfinish dan juga masa pakainya lebih lama dibanding lantai kayu sintetis.

Lantai Vinyl untuk Dapur

vinyl lantai dapur

Berbeda dengan lantai parket, vinyl termasuk dalam jenis lantai kayu sintetis. Material utamanya terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang fleksibel namun kuat, sehingga dapat menahan beban dengan baik.

Lantai vinyl memiliki tampilan yang hampir menyerupai kayu asli akan tetapi tetap parket yang lebih berkesan natural karena terbuat dari lantai kayu asli.

Vinyl memiliki ukuran yang lebih tipis dan lebih lentur dari lantai parket, itu menjadikan lantai ini banyak disukai orang-orang yang menyukai sesuatu yang praktis.

Lantai vinyl memiliki ketahanan yang sangat baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama hingga mencapai 15 tahun lebih. Apalagi jika digunakan untuk area dapur, lantai vinyl mungkin akan lebih awet karena ketahanannya terhadap air dan lembab lebih unggul.

Selain itu, lantai vinyl dapur juga memiliki ketahanan anti gores yang bagus, bahkan terhadap api. Anda tak perlu takut merusak lantai vinyl ketika menaruh benda berat diatasnya.

Kelebihan lain yang menjadi poin penting memilih lantai vinyl adalah harganya yang jauh lebih murah dari parket kayu, anda dapat menemukan harga lantai vinyl murah disini:

Harga Lantai Vinyl Terupdate 2021 – 2022

Tetapi, mau bagaimanapun, lantai yang terbuat dari kayu solid lebih baik karena terbuat dari material yang tidak dibuat-buat.

Namun dari segi fungsi dan budget anda dapat memikirkannya kembali dengan poin-poin yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Memilih Jenis Finishing yang Tepat untuk Lantai Kayu Dapur

Jenis finishing lantai kayu di dapur yang tepat

Jenis finishing yang dipilih untuk lantai kayu dapur sangatlah penting karena aktifitas pejalan kaki dapur diatas rata-rata pemakaian sehari-hari.

Finishing yang digunakan harus tahan air karena potensi keberadaan air dilantai sangatlah besar. Dan juga harus cukup tahan lama untuk menahan lalu lintas pejalan kaki yang padat.

Jika anda memilih untuk menggunakan lantai kayu unfinished atau yang belum di finishing, baiknya menggunakan lapisan finishing water based yang tentu terjamin ketahanannya terhadap air dengan daya tahan yang baik dibandingkan dengan jenis finishing oil based.

Untuk menambah durabilitas atau daya tahan yang lebih baik, disarankan menggunakan pelapis lantai UV yang memiliki sistem sangat baik untuk digunakan, hal itu akan membuat lantai akan sangat tahan terhadap lalu lintas pejalan kaki diatasnya.

Inspirasi Desain Lantai Kayu untuk Dapur

Di area dapur, spesies kayu dan tingkat kekerasannya tidak sepenting jenis finishing yang anda pilih, akan tetapi anda harus mempertimbangkan aspek desain dari apa yang akan dipasang.

Berikut ini adalah beberapa ide yang dapat anda jadikan referinsi untuk desain terbaru dapur rumah menggunakan lantai kayu.

desain lantai kayu dapur

Jika dapur anda memiliki banyak cahaya yang masuk, gunakan jenis lantai parket dengan warna cokelat muda yang akan membuat tampilan dapur lebih lembut dan terang.

Gunakan motif pemasangan lantai parket yang unik agar dapat menambah kesan artistik pada area dapur rumah anda.

vinyl lantai dapur

Untuk desain ini anda dapat memilih vinyl dengan motif kayu yang berwarna dominan putih untuk menyamarkan dengan furniture lain di area dapur. Dengan begitu dapur akan terasa lebih luas dan lapang.

Gunakan furniture yang minimalis untuk lebih menyempurnakan gayanya, dan jangan lupa tambahkan tanaman asli atau sintetis pada sisi jendela agar lebih membuat ruangan fresh.

desain lantai kayu dapur

Jika daritadi kita melihat desain dapur yang terang, kini bagi anda penyuka gaya rustik dapat menambahkan lantai parket atau vinyl berwarna gelap untuk membuat kesan rustik lebih terasa.

Gunakan furnitur yang memiliki tampilan dengan serat kayu yang terkespos agar terkesan lebih alami.

Penting untuk mengetahui Perawatan Lantai Kayu Dapur

Perawatan lantai kayu dapur

Sama seperti area lain di rumah, lantai kayu dapat bertahan lama jika dirawat dengan benar. Yang anda harus ketahui, lantai kayu di dapur sangat rentan terhadap kerusakan.

Agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan perhatikan hal hal berikut ini supaya lebih dapat menanganinya dengan tepat.

Setiap terjadi tumpahan atau kebocoran pada lantai kayu, anda harus secepatnya menangani masalah tersebut untuk mencegah kerusakan pada lapisan finishing.

Akan lebih baik jika meletakan tikar atau karpet yang dapat menahan air dari tumpahan yang sering terjadi di area tertentu, seperti dekat wastafel dan kompor. Hal tersebut akan membuat anda lebih tenang dalam mengatasi tumpahan dari air yang jatuh ke lantai.

Sebelum anda mengerjakan lantai kayu di area dapur, anda dapat membuat sistem drainase dibawah mesin cuci, wastafel dan lemari es untuk membatasi kerusakan yang diakibatkan dari kebocoran.

(Visited 33 times, 1 visits today)
Scroll to Top