perbandingan lantai kayu solid & laminate

Menilai Perbandingan Lantai Kayu Solid & Laminated

Saat ini terdapat beragam jenis material lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari yang termurah dengan kualitas yang standar hingga jenis lantai yang harganya relatif mahal dengan kualitas tertinggi.

Seperti halnya dengan jenis material lantai yang akan kita bahas pada kesempatan ini yaitu lantai parket dan laminate, yang di mana kedua produk penutup lantai ini terdapat perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi harga maupun dari segi kualitas.

Memang benar, akhir-akhir ini lantai parket dan laminated menjadi produk pelapis lantai yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Akan tetapi, bila di bandingkan kira-kira lebih bagus yang mana bila di terapkan ke dalam hunian, lantai parket solid atau lantai laminate? Simak ulasannya berikut ini:

Lantai Parket Solid

Lantai kayu atau parket lantai ini merupakan sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari kayu utuh alami tanpa adanya bahan campuran lain di dalamnya. Jenis kayu yang di gunakan untuk membuat lantai kayu solid ini pun tidak sembarangan, setidaknya memerlukan jenis kayu yang mempunyai kualiatas tinggi baik dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya.

harga lantai kayu solid per meter 2021

Tidak hanya dari kualitasnya saja, tetapi juga di dukung dengan karakteristik yang di dalamnya. Jadi harus memiliki kualitas dan karakteristik yang bagus. Biasannya jenis kayu yang sering di gunakan yakni kayu jati dan kayu merbau karena kedua kayu tersebut memenuhi kriteria untuk di jadikan material lantai kayu solid.

Sehingga lantai kayu solid jika sudah terpasang maka akan terlihat sangat alami dan bernilai seni yang tinggi serta dapat bertahan lama karena memang material lantai tersebut terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi.

Baca juga : Alternatif pilihan lantai indoor selain keramik

Kelebihan lantai kayu solid

Jika di lihat dari segi keunggulan, lantai parket solid terdapat beberapa kelebihan yang membuat jenis penutup lantai yang satu ini cukup populer dan banyak diminati, salah satunya yakni terkesan sangat alami dan terdapat beberapa kelebihan lainnya, diantarannya:

  • Berkesan hangat
  • Dapat meredam suhu
  • Baik untuk kesehatan tubuh
  • Tingkat keawetan, ketahanan & kekerasannya cukup tinggi
  • Dapat di jadikan investasi jangka panjang

Hanya saja, pelapis lantai kayu solid memerlukan perawatan yang di lakukan secara rutin guna kualitasnya tetap terjaga dan kurang tahan terhadap endapan air.

Baca juga : Tips memilih lantai kayu berkualitas

Lantai Kayu Laminate

Laminated flooring merupakan jenis lantai laminasi yang terbuat dari olahan kayu serbuk dan di campur dengan bahan kimia berupa resin, yang kemudian di press & di cetak hingga berbentuk seperti papan lembaran menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama HDF ( High Density Fiberboard).

harga lantai kayu laminate per meter 2021

Terdapat beberapa lapisan pelindung dan motif kayu yang menempel pada lantai parket laminate, sehingga jika di lihat sekilas terlihat seperti terbuat dari kayu asli.

Motif kayu yang dihadirkan pun sangat beragam, tidak hanya berwarna coklat saja tetapi ada pula motif kayu yang berwarna hitam keungu-unguan dan masih banyak lagi yang pastinya terlihat elegan nan menawan.

Selengkapnya tentang : flooring laminated

Keungulan lantai parket laminate

Sama halnya dengan lantai kayu solid dan jenis lantai pada umumnya, lantai parket laminate pun mempunyai beberapa kelebihan salah satunya yang paliang populer yakni mudah di terapkan, kemudahan dalam pemasangannya ini pun membuat lantai kayu laminate banyak yang menyukainya dari berbagai kalangan.

  • Mempunyai banyak pilihan motif kayu
  • Mudah di rawat & di bersihkan
  • Kualitasnya sedang, tetapi masih bisa diandalkan
  • Harganya sangat terjangkau

Sayangnya, lantai kayu laminate rentan terkena goresan yang di akibatkan oleh kaki-kaki furniture seperti meja dan kursi, serta mudah terkelupas jika keseringan terkena air.

Baca juga : Apakah lantai kayu bisa di terapkan di kamar mandi?

Perbandingan Lantai Parket Laminated & Lantai Kayu Solid

Perbandingan antara lantai kayu laminate dengan lantai kayu solid, terlihat jelas bahwa keduanya di bedakan dari segi bahan pembuatan. Yang dimana lantai kayu solid terbuat dari kayu utuh, sementara lantai kayu laminate terbuat dari serbuk kayu yang di campur dengan resin.

Bila di lihat dari segi fisik, lantai kayu laminate terbilang cukup tipis, sedangkan lantai kayu solid memiliki ukuran yang sangat tebal.

Baca juga : Jenis-jenis lantai kayu

Kualitas lantai kayu sintetis & lantai kayu solid

karakteristik lantai kayu solid & laminate

Bila di lihat dari segi kualitas, lantai kayu laminate atau lantai kayu sintetis ini memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang cukup bagus.

Sedangkan lantai kayu solid mempunyai kualitas yang jauh lebih unggul, yang dimana tingkat kekerasan, ketahanan dan keawetannya cukup tinggi karena terbuat dari kayu utuh alami yang memiliki kualitas dan karakteristik yang terbaik di kelasnya.

Perbedaan pemasangan lantai kayu solid dengan laminate

cara pasang lantai kayu

Untuk segi pemasangan, lantai parket laminate dalam hal ini lebih di unggulkan karena mudah di aplikasikan. Tidak memerlukan alat-alat yang merepotkan atau melalui tahapan-tahapan tertentu, melainkan tinggal di tempel. Oleh karena itu lantai kayu laminated termasuk ke dalam jajaran lantai tempel terbaik setelah lantai vinyl.

Sementara itu, lantai parket solid memerlukan waktu yang cukup lama ketika proses pemasangan berlangsung dan membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidangnya karena penerapannya tidak semudah lantai kayu laminated. Akan tetapi, kita bisa memilih pola pemasangan yang di sediakan diantarannya motif pemasangan mozaik, herringbone dan chevron.

Baca juga : Tips memasangkan lantai kayu

Perawatan

tips merawat & membersihkan lantai parket

Lantai kayu solid terbilang cukup rumit dalam hal perawatannya, kenapa begitu? karena lantai parket solid cukup sensitif terhadap air sehingga untuk membersihkan lantai kayu jangan terlalu sering di pel.

Sedangkan lantai kayu laminate cukup mudah dalam hal perawatannya, kita bisa mengepel lantai kayu laminate seminggu 3X untuk membersihkan dari segala debu, kotoran dan noda yang membandel. Karena lantai parket laminate memiliki ketahanan yang cukup baik dari air.

Baca juga : Tatacara merawat lantai kayu

Perbedaan harga lantai kayu solid dengan harga lantai parket laminate

harga lantai parket per meter 2021

Harga lantai kayu laminate jauh lebih murah dibandingkan dengan harga lantai kayu solid, sehingga dapat terjangkau oleh berbagai kalangan. Harga yang dibandrol kisaran 200rb – 250rb per meter.

Sementara itu, harga lantai parket solid di jual dengan harga yang relatif cukup mahal karena pada dasarnya material lantai tersebut terbuat dari kayu utuh dan berkualitas tinggi seperti kayu jati dan merbau.

Untuk informasi harga lantai kayu laminate dan harga lantai kayu solid, bisa kunjungi halaman ini.

Atau, untuk info lebih lanjut mengenai produk beserta harga dan biaya pemasangannya bisa konsultasi dengan pihak marketing dari kami di bawah ini: (Konsultasi Gratis)

membeli produk lantai kayu via marketing
Arnold : 081-2204-1993

*Kesimpulan

Baik itu lantai kayu solid maupun lantai parket laminate, keduanya memiliki keungulan dan kelemahannya masing-masing. Tergantung kebutuhan dan selera Anda. Jika di suruh memilih material lantai terbaik untuk di terapkan ke dalam hunian antara solid parket dengan laminate, maka plihannya yakni lantai kayu solid karena kualitasnya jauh lebih baik dan penampilannya jauh lebih estetik.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai perbandingan parket lantai solid dengan lantai kayu laminated, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda, terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 68 times, 1 visits today)
Scroll to Top