Finishing Lantai Kayu

Ada banyak ragam produk lantai kayu yang saat ini beredar di pasaran dengan menawarkan berbagai kelebihan dan keutamaan masing-masing, meskipun secara teknis sebenarnya peruntukkan penggunaan lantai kayu itu hanya untuk dua jenis area, yaitu area indoor dan area outdoor, jika untuk kebutuhan area indoor maka produk lantai kayu yang di pasarkan antara lain:

  1. Lantai Kayu Parket/parquet,
  2. Lantai Kayu Flooring,
  3. Lantai Kayu Engineer,
  4. Lantai Kayu Laminate,
  5. dan Lantai Kayu vinyl
perbedaan lantai kayu

Sedangkan produk lantai kayu yang khusus digunakan untuk area outdoor (luar ruang) hanya satu nama yaitu Decking kayu atau dalam bahasa lain Wooden Deck, namun wooden deck atau decking kayu ini terdapat berbagai jenis produk yang beredar di pasaran, dengan pilihan dari berbagai jenis kayu solid maupun kayu tiruan seperti decking WPC

Apakah Memasang Lantai Kayu Harus Di Finishing?

Dari semua jenis produk lantai kayu tersebut diatas, dua diantaranya yaitu Lantai Kayu Parket/parquet dan Lantai Kayu Flooring umumnya di produksi langsung dari kayu solid dengan cara di potong-potong dan di belah-belah dengan menggunakan mesin moulding tanpa ada campuran olahan apapun, hingga potongan-potongan kayu tersebut menjadi suatu produk yaitu lantai kayu solid yang siap di pasarkan.

Hasil produk lantai kayu yang baru selesai moulding ini biasanya di pasarkan dalam keadaan Unfinish atau belum di finishing, karena pengerjaan finishing untuk produk lantai kayu solid secara teknis sebaiknya dikerjakan setelah produk lantai kayu tersebut terpasang di lapangan atau di proyek guna mendapatkan hasil yang lebih baik dan rapi.

finishing lantai kayu

Adapun untuk ketiga jenis produk lantai kayu lainnya yaitu: Lantai kayu Engineer, Lantai Kayu Laminate, dan Lantai Kayu Vinyl, di desain dan di produksi untuk di pasang tanpa perlu di finishing di lapangan, sehingga proses pemasangan lebih cepat dan hasilpun lebih terlihat rapi

Ada beberapa sistem atau cara dalam finishing Lantai kayu solid Unfinish. Parket solid unfinish artinya material / Produk lantai kayu yang belum finishing, atau masih mentah baru keluar dari  mesin Moulding.

Lantai kayu jenis ini biasanya di finishing setelah terpasang yang
maksudnya agar mendapatkan hasil sentuhan yang lebih halus dan rata. Perataannya sendiri menggunakan mesin khusus untuk lantai

INFORMASI TEKNIS 

Cara mengaplikasikan Finishing Lantai Kayu untuk semua jenis bahan finishing bisa dengan menggunakan rol, kuas, atau spray gun

Adapun bahan finishing yang biasanya digunakan untuk Parquet, terdiri dari 4 jenis.

  1. Bahan Melamine 2 Komponen.
  2. Bahan UPL (Ultran Parquet Lack) dari bahan PU (Poly Urethane) 
  3. Bahan APL (Aqua Parquet Lack) dengan campuran air.
  4. Bahan Ultran Lasur untuk finishing Kayu Outdoor
bahan melamik impra
  • Bahan Melamine 2 Komponen.

1. Bahan Melamine adalah bahan standar finishing untuk Interior seperti lemari dan furniture lainnya, termasuk

bahan dengan Kualitas menengah untuk di gunakan finishing Parquet.

  • Bahan UPL (Ultran Parquet Lack) dari bahan PU (Poly Urethane) 
bahan finishing lantai kayu

Ultran Parquet Lack UPL-77E adalah cat PU yang tahan terhadap
kelembaban, cat khusus yang dirancang untuk lantai kayu berkualitas
tinggi. Khusus produk tahan lama dan cocok untuk lantai wisata area.
UPL-77E terbuat dari 100% PU Bayer Kayu Cover, sehingga tahan terhadap
abrasi dan menggaruk lebih baik daripada komponen lainnya PU 2.
Kelebihan dari Bahan UPL ini Tahan terhadap abrasi dan goresan sangat
baik , Transparansi dan gloss tinggi, Lebih mampu menahan jenis bahan
kimia rumah tangga.

  • Bahan APL (Aqua Parquet Lack) dengan campuran air.
bahan finishing lantai kayu

3. Dan bahan APL adalah juga termasuk bahan finishing untuk Lantai Kayu yang lebih bagus di atas bahan Melamine, sejajar dengan UPL. Hanya kadar campurannya menggunakan Air.

Dari ketiga Jenis ini, untuk kategori tampilan dari hasil finishing cenderung sama.

hanya masing-masing memiliki kualitas yang berbeda.

Ketiga jenis bahan finishing diatas adalah bahan finishing yang paling banyak digunakan dan di rekomendasikan untuk memasang lantai kayu guna melindungi kayu dari berbagai jenis kotoran dan noda, sehingga dengan di coating menggunakan bahan-bahan finishing tersebut diatas, lantai kayu akan lebih awet dan tahan lama, juga jika terkena noda atau tumpahan air, maka air tersebut tidak akan tembus ke dalam pori-pori kayu. 

Ketiga jenis bahan finishing diatas memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda, mulai dari harga yang termurah yaitu jenis melamine, juga yang paling mahal yaitu jenis PU (Poly Urethane), yang mana pemilihan salah satu jenis bahan finishing akan menentukan harga biaya pemasangan lantai kayu.

ULTRAN LASUR EL-501 adalah cat kayu untuk di luar ruangan dari propan, salah satu produk untuk melindungi lapisan kayu dengan kekuatan osmotik, terutama untuk penggunaan kayu tropis.

Ultran Lasur dapat memenuhi tuntutan kualitas tinggi untuk proyek-proyek prestise seperti hotel, resort  villa mewah, dan kapal pesiar untuk melindungi kayu kapal terhadap cuaca buruk.

Kami menggunakan Ultran Lasur ini untuk melapisi atau Coating pada Pemasangan Decking Kayu pada area Outdoor

KEUNTUNGAN LUAR BIASA DARI PAINT enamel ULTRAN LASUR:

Tidak mengelupas dan anti air / Waterproof resistensi UV