kayu untuk outdoor

3 Jenis Kayu Untuk Outdoor, Buat Decking Lebih Tahan!

Kayu merupakan sebuah elemen penting yang perlu ada dalam sebuah bangunan, meskin akhir-akhir ini banyak yang menggantikan posisi kayu untuk outdoor karena ditakutkan akan cepat rusak.

Akan tetapi sebenarnya anda tidak perlu cemas akan hal itu, karena ada beberapa jenis kayu yang dapat bertahan di outdoor (luar ruangan) dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah sekalipun!

Baca Juga: Decking Terbaik Terbuat dari Kayu Ulin Kalimantan

Hal itu menjadikan kami untuk memilihnya sebagai material decking kayu. Selain ketahanannya yang dapat diandalkan, jenis kayu-kayu berikut ini juga memberikan tampilan yang mewah dan estetik.

Berbicara soal decking, apakah anda sudah tahu, apa itu decking kayu?

Decking Kayu Sebagai Lantai Pijakan Luar Ruangan

Decking sangat cocok diterapkan di tepi kolam berenang, karena tekstur dari kayu-kayu yang di bentuk menjadi decking ini sengaja didesain agar tidak licin dengan lajur anti slip. Selain itu, penggunaan decking untuk tepi kolam berenang juga bisa meminimalisir cidera akibat benturan lansung saat jatuh.

Decking kayu juga sangat cocok digunakan untuk jembatan, atau jalan-jalan ditaman hunian anda karena mampu menghasilkan suasana lebih alami serta sangat cocok di kombinasikan dengan warna apapun, baik itu warna hijaunya rumah, atau warna birunya batu alam.

Hanya saja, tidak sembarangan kayu bisa digunakan untuk lantai kayu luar ruangan atau decking kayu. diperlukan kayu-kayu yang mampu bertahanan perubahan cuaca dan tidak mudah keropos. Kayu kayu yang dijadikan decking kayu harus memiliki setidaknya kelas awet I,II agar mampu digunakan secara optimal.

Maka dari itu, bagi anda yang berminat memasangkan decking kayu untuk halaman ataupun hunian, bisa membaca pembahasan ini karena kali ini kami akan menyuguhkan beberapa kayu, tepatnya 3 jenis kayu untuk outdoor yang cocok sebagai decking.

1. Kayu Ulin

Ulin sebagai lantai kayu untuk outdoor

Kayu ini dilkenal oleh para kayu pertukangan sebagai kayu yang sangat keras, awet dan dikenal mampu bertahan dari air laut. secara teksnis, kayu ini memiliki tingkat kekerasan kelas I, kekuatan kelas I serta keawetan kelas I. kayu ini juga termasuk pada 10 besar jajaran kayu terbaik didunia.

Pohon kayu ulin memiliki postur yang sangat besar, tinggi dan lurus. banyak tumbuh didataran kalimantan dan sulawesi.

Kayu ulin banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang laur biasa, seperti bantalan rel kereta api, Tiang listrik, Tiang-tiang gedung bertingkat serta kapal laut, juga sangat baik dijadikan sebagai Decking kayu.

Karena kekuatan dan ketahanan yang sangat baik serta memiliki harga yang amat bai dipasaran, kayu Ulin banyak sekali diburu oleh penebang-penebang liar ditambah dengan Proses pertumbuhan kayu ini yang cukup lama dan sulit berkembang, sekarang kayu Ulin dikategorikan sebagai kayu yang di lindungi.

2. Kayu Merbau

merbau kayu untuk outdoor

Kayu merbau merupakan kayu yang memiliki warna khas coklat kemerahan. Kayu ini dikenal dengan kayu yang multifungsi karena dapat digunakan untuk Lantai kayu parket, papan tangga kayu, plafon lamberisiring kayu, dan juga Decking kayu.

Secara teknis, kayu ini memiliki tingkat kekerasan kelas I dan tingkat keawetan kelas I,II. Kayu ini dikenal dengan kekuatannya, bahkan dibeberapa daerah Indonesia timur kayu ini dikenal dengan nama kayu Besi saking kerasnya.

Kayu ini banyak tumbuh di daerah kalimantan, sulawesi dan bagian Indonesia timur lain. berpostur tinggi besar sama seperti kayu Ulin. Kayu ini sering sekali digunakan untuk Latai kayu parket, pondasi rumah serta bentuk-bentuk lani yang membutuhkan kayu dengan tingkat kekuatan yang baik dan warna yang indah.

Kayu merbau merupakan jenis kayu dengan tingkat penyusutan yang sangat kecil, serta memiliki daya retak yang rendah. Hal tersebut menjadikan kayu merbau tersebut tidak mudah rusak pada saat dikeringkan, atau kalaupun terdapat kerusakan pada saat proses pengeringan, tidak akan terlalu parah. selengkapnya : decking merbau

3. Kayu Bengkirai

kayu bengkirai kuat untuk outdoor

Kayu bengkirai adalah kayu yang memiliki kualitas cukup bagus dan sering kali dijadikan decking sebagai alternatif pengganti kayu besi/Ulin. salah satu kelebihan kayu bengkirai adalah mudah diproses, diserut, dipotong, diukir, dan lain-lain. Oleh sebab itu tidak heran jika kayu ini banyak disukai oleh pertukangan sebagai kayu olahannya.

Kayu ini Berasal dari pulau kalimantan. memiliki postur tinggi besar. Kayu bengkirai memiliki warna kuning kemerahan yang sangat khas kayu bengkirai. Secara teknis, kayu ini memiliki tingkat kekerasan kelas I, II, III dan tingkat keawetan I, II, III sesuai dengan umur kayu bengkirai.

Dikatakan bahwa kayu bengkirai yang berumur cukup tua dapat memiliki tingkat keawetan kelas I, serta kekerasan kelas I, sama seperti kayu jati.

Kayu bengkirai memiliki tekstur yang sangat khalus dan sangat awet. Maka tidak heran jika kayu ini sangat diminati sebagai decking kayu.

Baca selengkapnya: Decking bengkirai

Berapa Harga Decking Kayu Outdoor?

Decking kayu untuk outdoor ini tersedia di Gallery Parquet dengan beragam jenis kayu yang terpilih. Semua jenis kayu yang dibuat untuk decking melalui cek standarisasi untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

Harga decking kayu outdoor bervariasi, perbandingan setiap harga ditentukan oleh beberapa faktor seperti jenis kayu, ukuran per meter, kondisi finishing, dan lainnya.

Anda dapat menemukan decking termurah mulai dari Rp 290.000,- per meter perseginya!

Untuk menemukan produk terlengkap dengan harga terupdate, anda dapat menemukannya dengan mengklik link dibawah ini agar anda dapat menemukan produk yang sesuai kebutuhan.

Baca Disini: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Tips Memilih Kayu Untuk Outdoor

Setelah mengetahui beberapa jenis kayu untuk outdoor diatas, sebetulnya ada banyak jenis kayu lain yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk ditempatkan pada area luar ruangan.

Namun tidak semua jenis kayu keras dapat anda pilih, anda dapat menentukan bahwa kayu itu kuat untuk di aplikasikan pada luar ruangan dengan cara mengetahui kelas kayu itu sendiri.

Untuk area luar ruangan yang notabene terpapar langsung sinar matahari dan hujan deras, baiknya menggunakan kayu dengan kelas kuat dan awet I-II, klasifikasi kelas kayu tersebut dapat menjadi patokan anda dalam menentukan kayu untuk outdoor.

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu anda dalam memilih lantai kayu tepat untuk anda. Sehingga membuat hunian anda bernuansa kayu sesuai dengan keinginan.

(Visited 608 times, 1 visits today)
Scroll to Top