tips menciptakan sebuah villa dengan konsep alami

Mau Bangun Villa? Gunakan Material Lantai Ini

Apakah kalian sedang memutuskan untuk membangun sebuah villa di di daerah pedesaan atau di kawasan dataran tinggi? membangun sebuah villa bisa dikatakan susah-susah gampang, terlebih lagi jika kalian merupakan orang yang berkecimpung di dunia kontruksi dan arsitektur.

Dalam membangun sebuah villa, selain desain dan konsep yang akan di tentukan kita juga harus mempertimbangkan beberapa bahan material yang akan di gunakan nantinya.

membangun villa dengan konsep alami

Terdapat beberapa faktor pendukung sebelum membangun sebuah villa minimalis yang perlu kita ketahui agar dapat dijadikan sebagai gambaran atau pengetahuan dalam membangun villa, diantarannya:

5 Hal Yang Wajib Di Ketahui Saat Membangun Sebuah Villa

Setidaknya terdapat 5 hal yang perlu kita ketahui di saat hendak membangun sebuah fasilitas tempat tinggal sementara atau villa ini, pasaran apa sajakah itu? simak ulasannya di bawah ini:

Menentukan lokasi

Villa merupakan sebuah fasilitas penginapan atau tempat tinggal sementara yang biasannya terletak di kawasan daerah yang memiliki hawa sejuk, seperti wilayah pegunungan, dataran tinggi dan daerah pantai.

Pemilihan lokasi untuk membangun villa

Tempat tersebut kebanyakan dimiliki oleh perorangan dan di sewakan untuk tempat tinggal selama beberapa waktu ke depan, tak jarang juga villa digunakan sebagai tempat penginapan oleh wisatawan orang asing maupun orang lokal yang sedang berlibur.

Tentukan dekorasi dan konsep yang menarik

Dalam mendekorasi sebuah villa, alangkah lebih baiknya kita mengambil tema atau konsep yang menyatukan kita dengan alam. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya lokasi villa cenderung di daerah kawasan dataran tinggi, pegunungan dan pantai.

menentukan desain dan tema yang akan di hadirkan di sebuah villa

Di usahakan untuk tidak menggunakan desain yang sudah umum digunakan seperti modern, minimalis atau kontemporer sebab desain tersebut sudah sering digunakan di rumah-rumah perkotaan.

Menentukan jumlah kamar tidur dan penataan ruang yang ideal

Dalam menentukan jumlah kamar tidur, harus di dasari pada konsep dan tujuan dari villa itu sendiri. Apakah villa tersebut di bangun untuk keperluan pribadi atau tidak? jika iya, maka jumlah kamar tidur yang harus di sediakan tidak usah banyak-banyak, cukup 2 sampai 3 saja.

menentukan jumlah kamar untuk villa ala liburan

Akan tetapi, jika villa yang akan di bangun tersebut bukan bertujuan untuk privat, maka sediakanlah kamar tidur dengan jumlah yang cukup banyak, setidaknya 4 sampai 5 saja. Dengan begitu, villa tersebut dapat menampung wisatawan yang membawa rombongan atau membawa keluarga besar yang ingin berlibur.

Dalam penataan ruang villa pun kita tidak bleh sembarang, kita harus melihat dari segi kenyaman dan penataan yang pas. Penataan ruang juga meliputi pemisah antara area kamar mandi dan kamar tidur dengan area terbuka lainnya seperti ruang bersantai, ruang tamu dan ruang menonton TV.

Baca juga: Tips menciptakan hunian yang sehat dan ramah lingkungan

Bangun sebuah landscape dan taman yang indah

Bagian eksterior, landscape atau lanskap, dan sebuah taman harus di buat semenarik mungkin dan tidak lupa juga untuk merawatnya secara rutin. Desain sebuah landscape dan taman harus di pertimbangkan dengan matang, mengingat mayoritas wisatawan yang sedang berlibur di villa kebanyakan menghabiskan waktunya di luar ruangan.

buat lanskap dan taman indah yang menyegarkan

Tambahkan juga elemen-elemen dekorasi lain sebagai pendukung suasana villa yang menyenangkan seperti, kursi santai berserta meja taman, ayunan, tanaman hias dan lampu-lampu taman yang menyinari setiap sudutnya.

Persiapkan budget yang tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui, dalam membangun sebuah villa ala liburan memerlukan biaya pembangunan yang tidak sedikit. Mengingat elemen-elemen dekorasi yang akan di hadirkanpun cukup banyak, belum termasuk rincian biaya lainnya.

biaya pembangunan villa cukup mahal

Maka dari itu, persiapkanlah budget yang cukup tinggi. Agar nantinya konsep dan keindahan di dalam sebuah villa semuanya dapat terpenuhi dengan baik.

Tahukah kalian, bahwasanya terdapat salah satu material lantai yang dapat di jadikan sebagai pendukung desain dan konsep sebuah villa yang bertemakan alam yang notabennya bernuansa natural.

Material Lantai Yang Cocok Untuk Villa Berkonsep Alam

Salah satu material lantai yang cocok di aplikasikan ke dalam sebuah villa yang memiliki konsep atau tema yang mengedepankan suasana alami dan berkesan natural yaitu:

Lantai Kayu

Lantai kayu atau orang-orang mengenalnya dengan sebutan lantai parket ini merupakan sebuah produk pelapis lantai yang terbuat dari jenis yang utuh dan pengolahannya tanpa menggunakan bahan campuran lain. Jenis kayu yang digunakan pun tidak sembarang, harus memenuhi standar dan kriteria tertentu.

material lantai kayu sangat cocok untuk sebuah villa

Jenis kayu yang sering pergunakan atau di manfaatkan untuk pembuatan produk lantai parket yaitu kayu jati dan kayu merbau, kedua jenis kayu ini memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Bahkan, telah teruji dengan baik dari segi kekerasan, ketahanan hingga keawetannya.

Baca juga: Harga lantai kayu jati

Dengan menggunakan lantai kayu, membuat sebuah villa yang kita bangun menjadi terlihat lebih indah dan mewah dengan di dukung sentuhan yang alami.

Kelebihan Menggunakan Lantai Kayu Di Sebuah Villa

Terdapat beberapa alasan mengapa harus menggunakan material lantai kayu sebagai penutup lantai di sebuah penginapan sementara atau sering di sebut villa. Akan banyak sekali keuntungan dan kelebihan yang akan kita dapat ketika menggunakan lantai kayu, seperti contohnya di bawah ini:

Membuat tampilan villa menjadi lebih indah

membuat tampilan visual  villa menjadi lebih alami

Sebuah villa akan terasa berbeda jika memakai lantai keramik, granit atau sejenisnya. akan tetapi bila memakai lantai kayu, tampilan villa tersebut akan jauh lebih baik dan sangat cocok dengan konsep atau tema yang kita bawakan yaitu alam. Mengingat lokasi villa cenderung terdapat di sekitar area pegunungan, dataran tinggi dan juga kawasan pantai.

Dapat menyehatkan para penggunannya

Tahukah kalian, bahwa lantai kayu itu dapat menyehatkan para pemakai lho. Banyak yang tidak mengetahui akan hal ini, sehingga lantai kayu ini selain berfungsi untuk menutupi lantai dan dapat mengubah tampilan tetapi juga dapat memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh kita.

menggunakan lantai parket dapat menyehatkan

Jenis lantai kayu yang dapat menyehatkan tersebut yaitu lantai kayu merbau, penutup lantai jenis ini dapat mengeluarkan senyawa ION negatif di dalam ruangan, yang dimana hal tersebut cukup bagus untuk kesehatan kita seperti dapat menetralkan aliran darah, menurunkan tingkat stress, lebih produktif dan masih banyak lagi.

Mampu bertahan lama hingga puluhan tahun

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya lantai kayu itu terbuat dari jenis kayu yang berkualitas tinggi dan telah memenuhi kriteria tertentu dari segi ketahanan, kekerasan dan keawetannya. Sehingga lantai kayu dapat bertahan cukup lama, bahkan hingga puluhan tahun lamanya.

penggunaan lantai kayu di sebuah villa dapat bertahan lama

Jadi kalian tidak perlu mengganti interior lantai nya setiap tahun, perawatan lantai kayu yang mesti diperhatikan dalam setiap tahunnya hanya mengecek kondisi permukaan lantainya saja. Apakah sudah terlihat kusam atau memudar belum? jika iya, maka tidak perlu diganti melainkan memperbaharuinya dengan cara di coating ulang, dengan begitu lantai kayu akan terlihat seperti baru kembali.

Dapat menaikan harga sewa dan harga jual villa

meningkatkan nilai jual villa

Tahukah kalian, bahwa lantai kayu itu dapat menaikan harga jual villa maupun harga sewannya. Kok bisa? Hal ini lantaran lantai kayu memiliki kelebihannya tersendiri, berkesan eksklusif dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Dengan harga lantai kayu yang cukup tinggi, membuat sebuah hunian maupun sebuah villa otomatis harga jualnya menjadi meningkat.

Informasi selengkapnya tentang: Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Membangun sebuah villa memang tidak sepenuhnya bisa di samaratakan dengan kita membangun sebuah hunian tempat tinggal, hal ini di karenakan tempat penginapan sementara tersebut harus di buat semenarik mungkin dengan desain, konsep atau tema yang kita hadirkan. Hal ini bertujuan untuk menarik minat para pengunjung yang ingin berlibur, dengan fasilitas yang memadai dan tampilan visual yang memanjakan mata membuat villa yang kita bangun semakin di sukai oleh para wisatawan.

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk kalian yang hendak membangun sebuah villa ala liburan seperti di Bali atau di berbagai tempat lainnya. Cukup sekian dan terimakasih

Selamat menikmati villa impian keluarga yang memanjakan mata di kala waktu liburan telah tiba

(Visited 50 times, 1 visits today)
Scroll to Top