desain plafon kayu

5 Desain Plafon Kayu Unik & Dekoratif Menarik Dicoba!

Kayu merupakan salah satu bahan yang sangat banyak digunakan orang untuk mendekorasi hunian mereka. Baik itu dekorasi dinding, desain plafon kayu maupun furnitur lainnya.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, kayu memang bahan alami yang cantik sekaligus klasik, kayu juga dapat di padukan dengan beragam hiasan dan konsep rumah apapun. Juga dapat menambah suasa di dalam rumah terasa lebih nyaman dan hangat.

Artikel Populer: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Kali ini, Gallery Parquet akan memberikan desain plafon kayu terbaru untuk dekorasi rumah. Mengumpulkan beragam gambar plafon kayu yang dapat anda jadikan inspirasi pemasangan.

Informasi ini dapat menjadi sangat penting bagi orang-orang yang menyukai pertukangan kayu, desain plafon kayu yang indah jangan sampai terlewatkan!

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Plafon Kayu

gambar plafon kayu

Beberapa keuntungan berikut mungkin dapat menjadi inspirasi anda untuk menggunakan material kayu sebagai plafon pada rumah:

  • Sifat alami kayu dapat menjaga suhu ruangan tetap stabil
  • Menumbuhkan kesan alami serta natural
  • Meredam kebisingan dengan baik
  • Mudah untuk menyembunyikan posisi kabel atau meletakannya
  • Kayu membawa kenyamanan pada interior
  • Motif kayu yang tersedia dalam banyak macam bahkan tak terhingga

Namun ada salah satu kerugian utama yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam menggunakan plafon kayu, yaitu:

  • Mudah terbakar
  • Jenis kayu berkualitas memiliki harga yang mahal
  • Resiko kerusakan diserang serangga dan jamur

Namun hal itu tentunya bergantung pada jenis kayu, anda dapat menggunakan jenis kayu kelas 1 agar tak perlu khawatir dengan serangan rayap maupun jamur.

Jenis Plafon Kayu

plafon kayu mdf

Plafon kayu terbagi dalam dua jenis, pertama yaitu plafon yang terbuat dari kayu solid (100% kayu asli), dan yang kedua plafon terbuat dari material kayu MDF.

1. Plafon Kayu Solid

Plafon kayu solid atau plafon kayu alami merupakan jenis plafon yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini untuk mendekor rumah mereka.

Plafon kayu asli memang dapat memberikan banyak manfaat kepada penggunanya, selain itu kualitas yang ditawarkan juga sangat kompatibel dengan harga.

Ada beberapa jenis plafon kayu yang tersedia di Gallery Parquet, yaitu:

  1. Plafon Kayu Ulin
  2. Plafon Kayu Kruing
  3. Plafon Kayu Kamper

Ketiga jenis plafon tersebut memiliki perbedaan pada setiap jenis kayu yang dipakai, hal tersebut juga mempengaruhi kualitas dari plafon tersebut.

Di bandrol dengan harga mulai dari 190.000 Ribu Rupiah per meternya.

2. Plafon Kayu MDF

Dari bentuk dan tampilannya, sekilas terlihat mirip seperti plafon kayu solid, namun perlu anda ketahui bahwa plafon kayu satu ini terbuat dari material kayu MDF.

Kayu MDF (Medium Density Fibreboard) merupakan jenis kayu buatan yang materialnya terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan.

Jenis plafon ini memang hampir menyerupai plafon kayu asli, namun dengan harga yang ditawarkannya lebih murah. Hal tersebut karena material utamanya yang terbuat dari kayu buatan.

Jika anda menginginkan tampilan yang eksotis namun dengan budget minim, plafon kayu MDF dapat menjadi solusi terbaik.

Desain Plafon Kayu Unik

Berikut ini beberapa desain plafon kayu yang telah kami kumpulkan untuk menjadi inspirasi pemasangan pada rumah anda:

#1 Plafon kayu yang berpadu dengan atap baja ringan

desain plafon kayu

Desain plafon yang pertama ini terbilang cukup simple ketika dilihat, memadukan rangka atap baja ringan yang terlihat menonjol dengan balutan warna gelap.

Model plafon satu ini bisa dikatakan mengirit biaya pemasangan dan juga waktu, hal itu karena setelah terpasang rangka baja ringan pada atap tidak perlu menambahkan tulang atau struktur dasar untuk menempelkan setiap papannya.

Dengan desain seperti diatas, akan sangat cocok apabila digunakan pada konsep hunian klasik modern yang dapat merubah keseluruhan tampilan ruangan.

#2 Model plafon persegi yang terpusat pada lampu utama

motif plafon kayu

Desain plafon yang kedua ini berfokus pada pola penempatannya.

Anda perlu memotong setiap bagian plafon agar dapat membentuk persegi yang terpusat pada kampu utama, usahakan untuk menempatkan lampu utama di tengah agar dapat membuat bentuk persegi ini lebih presisi.

Motif yang satu ini sangatlah terlihat bernilai seni juga tegas, dapat anda gunakan dalam model hunian bergaya klasik.

#3 Plafon kayu berongga

desain plafon kayu unik

Desain plafon kayu ketiga ini memilki manfaat yang beragam.

Selain memiliki tampilan yang unik dan menarik pandangan, plafon kayu berongga juga dapat membuat ventilasi udara yang baik. Sela-sela yang memisahkan diantara satu plafon dengan plafon lain juga membuat penggunaan plafon yang lebih minim.

Untuk model plafon kayu yang satu ini, di sarankan untuk membuat penempatan plafon tidak dalam satu arah, melainkan beberapa arah untuk membuat tampilannya tidak monoton dan lebih menarik.

#4 Desain plafon kayu gelap yang hangat

desain plafon kayu unik

Biasanya desain plafon seperti ini banyak digunakan pada kamar tidur.

Warna gelap yang dipilih sebagai plafon rumah dapat menjadikan cahaya tidak terpantul akan tetapi membias, hal tersebut dapat memberikan kenyamanan pada mata agar tidak terlali menyilaukan mata.

Selain itu warna plafon gelap yang dipadukan dengan lampu gantung membuat suasana ruangan menjadi lebih hangat.

#5 Plafon kayu motif susun

desain plafon kayu unik

Desain plafon kayu yang terakhir ini terbilang cukup sederhana.

Anda hanya perlu menempatkan posisi plafon tersusun dengan pola yang menumpuk satu sama lain, gunakan jenis kayu dengan serat atau alur yang cantik agar memperindah tampilannya. Anda dapat menggunakan plafon kayu ulin sebagai alternatifnya.

Tak lupa untuk menambahkan lampu gantung atau dekorasi apapun agar membuatnya lebih terlihat menarik.

***

Sekian pembahasan mengenai desain plafon kayu beserta produknya, semoga dapat menjadi inspirasi anda untuk menggunakan material kayu pada plafon rumah.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, sampai bertemu di artikel informatif berikutnya!

Untuk anda yang membutuhkan informasi seputar produk plafon kayu atau pemasangannya, dapat segera menghubungi kami di 0812-2041-993

(Visited 23 times, 1 visits today)
Scroll to Top