3 jenis kayu terbaik untuk pembuatan dermaga

Inilah 3 Jenis Kayu Terbaik Untuk Dermaga

Terdapat salah satu faktor penentu yang cukup sulit di pertimbangkan ketika hendak membangun sebuah dermaga yaitu bahan material yang akan di gunakan.

Saat ini elemen kayu menjadi bahan material yang sangat ideal dalam pembuatan hunian, jembatan maupun dermaga. Namun tidak sembarangan jenis kayu dapat kita gunakan, setidaknya harus memenuhi syarat atau kriteria tertentu.

Sebelum membahas jenis kayu yang cocok untuk di aplikasikan ke pembangunan dermaga, setidaknya disini kita akan membahas secara singkat tentang dermaga.

Apa Itu Dermaga?

Dermaga adalah salah satu tempat yang menjadi berlangsungnya aktivitas bongkar muat barang dan sekaligus naik turunnya penumpang dari sebuah kapal dalam skala yang kecil. Dermaga juga termasuk sebagai di tambatkannya sebuah kapal pada suatu pelabuhan.

apa yang dimaksud dengan dermaga?

Selain terdapat aktivitas bongkar muat barang dan penurunan atau keberangkatan penumpang, di dermaga juga terdapat kegiatan lain yaitu untuk mengisi bahan bakar, air bersih dan pembersihan saluran air kotor atau limbah yang nantinya akan di proses lebih lanjut di pelabuhan.

Apa itu pelabuhan?

Agar balance dan tidak bingung apa yang di maksud dengan dermaga dan apa yang dimaksud pelabuhan, disini kita akan bahas secara singkat saja tentang pelabuhan.

apa yang dimaksud dengan pelabuhan?

Pelabuhan adalah sebuah tempat atau fasilitas yang biasanya berlokasi di ujung samudra, danau atau sungai yang berfungsi sebagai menerima kapal dan melakukan kegiatan yaitu memindahkan barang kargo maupun para penumpang ke dalamnya.

Lalu apa perbedaannya antara pelabuhan dan dermaga?

Lebih singkatnya, pelabuhan merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan peyelenggaraan dalam skala yang besar, sedangkan di sisi lain dermaga adalah sebuah area atau tempat bersandarnya kapal dengan skala yang lebih kecil.

Lanjut ke topik utama kita yaitu mengenai bahan material yang cocok di gunakan untuk membangun sebuah dermaga, seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwasanya elemen kayu menjadi bahan yang sangat ideal untuk di manfaatkan sebagai bahan baku kontruksi dermaga.

Jenis-Jenis Kayu Terbaik Untuk Sebuah Dermaga

Perlu diketahui, bahwa penggunaan jenis kayu yang akan di tentukan dalam mendekorasi dermaga atau membangunya, memerlukan jenis kayu yang berkualitas terbaik.

jenis kayu terbaik untuk dermaga

Kita harus memperhatikan dari segi kekerasan, ketahanan maupun keawetannya, hal ini bertujuan agar nantinya jenis kayu yang kita pakai dalam membangun dermaga dapat bertahan lama, kuat dan mampu bertahan dari perubahan suhu.

Terdapat 3 jenis kayu yang memenuhi syarat dan kriteria untuk digunakan di dalam sebuah dermaga, jenis kayu tersebut diantarannya yaitu kayu ulin, kayu merbau dan kayu bengkirai.

Kayu ulin Kalimantan

Ulin merupakan jenis kayu yang berasal dari daerah Kalimantan dengan kualitas terbaik di kelasnya, meskipun kayu ulin terdapat di kawasan daerah Sulawesi atau di daerah lainnya akan tetapi kayu ulin yang berasal dari Kalimantan memiliki karakteristik dan kualitas yang sangat bagus.

lantai kayu outdoor untuk dermaga

Tahukah kalian, bahwa kayu ulin ini termasuk ke dalam jajaran 10 kayu terkeras di dunia lho. Maka tak heran, jika kayu ulin sering dimanfaatkan untuk keperluan berbagai keperluan seperti kontruksi, furniture dan bahan bangunan seperti pelapis dinding, penutup atap dan lantai kayu outdoor.

Kayu ulin memiliki tingkat kekerasan kelas I dan didukung dengan tingkat ketahanan kelas I serta tingkat keawetannya kelas I, maka tak heran jika kayu ulin di juluki sebagai kayu besi.

Warna kayu ulin yaitu berwarna kuning kecoklat-coklatan dengan serat kayu alami yang cukup padat, keunikan dari kayu ulin ini yaitu mempunyai senyawa alami yang berperan penting untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh rayap. Dengan begitu kita bisa berhemat tanpa perlu menyuntikan cairan anti rayap ke dalamnya.

Informasi selengkapnya tentang : Kayu ulin

Kayu merbau Papua

Pohon Merbau atau ipil merupakan jenis kayu yang berasal dari kawasan Irian Jaya atau Papua, jenis kayu yang satu ini terdapat juga di daerah Maluku, Jawa, Sulawesi Hingga Kalimantan.

decking merbau untuk lantai kayu outdoor dermaga

Kualitas dari kayu yang merupakan anggota suku Fabaceae ini tidak usah di ragukan kembali, pasalnya hampir setara dengan kualitas kayu ulin.

Tingkat kekerasan kayu merbau kelas I dengan tingkat keawetannya kelas I-II, Karakteristik dari kayu merbau ini sangat lah unik yaitu terdapat pada segi warna yang berwarna merah kecoklat-coklatan yang terkadang disertai highlight warna kuning dengan di dukung serat kayu yang lurus menyerupai kayu kelapa.

Baca Juga : Kayu merbau VS Kayu jati

Maka tak heran, jenis kayu ini sangat populer di kalangan orang yang berkecimpung di dunia furniture dan kontruksi hingga di manfaatkannya sebagai interior rumah seperti parket, lumber ceiling, papan tangga hingga lantai kayu outdoor.

Sayangnya, terdapat salah satu kekurangan dari kayu merbau ini suka mengeluarkan getah berwarna merah bila terkena tetesan air. Cukup mengganggu memang, akan tetapi hal itu semua tidak akan berangsur lama setidaknya hanya kurun waktu 2-3 bulan saja getah tersebut akan berhenti dengan sendirinya.

Informasi lebih lengkap tentang : Kayu merbau

Kayu bengkirai Kalimantan

Kayu bengkirai atau sebagian orang menyebutnya dengan sebutan yellow balau ini merupakan jenis kayu yang berasal dari Kalimantan, kepulauan di Indonesia inilah yang menjadi pemasok kayu bengkirai terbanyak.

deck wood bengkirai atau lantai kayu outdoor dermaga

Dari segi kualitas cukup bagus tidak kalah saingannya dengan kayu ulin atau kayu merbau, tingkat keawetan kayu bengkirai kelas I-II dan tingkat kekerasannya kelas I-II.

Berbeda halnya dengan kayu ulin dan merbau, kayu bengkirai ini bila dilihat dari segi warna cukup cerah yaitu berwarna kuning dengan disertai kilauan warna kecoklat-coklatan. Oleh karena itu kayu ini dijuluki sebagai Yellow Balau.

Jenis kayu ini cukup banyak diminati untuk berbagai kebutuhan dibidang furniture, kontruksi, kerajinan hingga pemanfaatan untuk interior dan eksterior hunian seperti pelapis dinding kayu, plafon kayu hingga lantai kayu yang sering diterapkan di area terbuka seperti tepi kolam renang, taman, hingga rooftop apartemen dan rumah.

Terlebih lagi, kayu bengkirai ini harganya sangat terjangkau. Bila dibandingkan dengan kayu merbau dan kayu ulin, harga kayu bengkirai ini lebih murah, tetapi jangan salah di artikan dulu. Murah Bukan berarti murahan serta kualitasnya tidak bagus, tetapi kayu bengkirai ini alternatif pilihan bahan material terbaik dengan harga yang relatif yang terjangkau dan kualitas yang dapat di andalkan.

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai : Kayu bengkirai

Lalu bagaimana, Sudahkah kalian menentukan jenis kayu yang akan dipakai? Jenis kayu yang paling di rekomendasikan untuk pembuatan dermaga yaitu kayu ulin karena kualitasnya yang mumpuni di segala medan. Meskipun harganya relatif mahal, akan tetapi sebanding dengan kelebihan dan kualitas yang dimilikinya.

Baca juga: Harga Decking dan biaya pemasangannya terlengkap!

Cukup sekian untuk pembahasan kita kali ini, semoga ulasan di atas dapat membantu kalian yang sedang mencari jenis-jenis kayu terbaik untuk kebutuhan kontruksi dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Terimakasih

(Visited 187 times, 1 visits today)
Scroll to Top