Lantai Kayu Berderit

Lantai Kayu Berderit? Ini Solusi Menghilangkan Suaranya!

Lantai kayu berderit atau bersuara berisik dapat menjadi pertanda tidak baik pada bagian bawah lantai, dan hal itu sangat mengganggu. Terlebih jika sedang ada tamu yang berkunjung, akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan.

Sebetulnya ada beberapa penyebab lantai kayu berderit, dan jika ada ingin memperbaiki suara berisik dari lantai kayu tersebut, penting untuk mengetahui akar masalahnya terlebih dahulu. Atau jika ingin menghindari masalah ini cobalah untuk mulai merawat lantai kayu dengan benar.

Baca Disini:
4 Jadwal Merawat Lantai Kayu: Tahunan, Bulanan, Mingguan & Harian

Jika anda sedang melakukan renovasi pada rumah, atau hanya ingin memperbaiki masalah tersebut secara sendirian, panduan kami untuk memperbaiki lantai kayu berderit akan menjelaskan alasang umum untuk masalah yang mengganggu ini, serta memberkan informasi lengkap yang anda butuhkan untuk memperbaikinya.

Apa Penyebab Lantai Kayu Berderit?

Lantai Kayu Berderit

Sebelumnya ada hal yang harus diketahui, yaitu jenis lantai kayu apa yang digunakan, apakah lantai kayu decking, atau lantai kayu tempel. Biasanya kedua jenis lantai kayu tersebut memiliki masalah umum berbeda.

Decking lantai kayu seringkali berderit karena beberapa potongannya ada yang rusak, dan jika lantai kayu tempel biasanya terdapat masalah pada lantai dasarnya.

Berikut uraian penyebab paling umum untuk semua jenis lantai kayu berderit, sehingga anda dapat mendeteksi lebih awal masalahnya:

  • Lantai kayu yang basah
  • Lantai kayu tidak didiamkan (untuk adaptasi) terlebih dahulu sebelum pemasangan
  • Lapisan bawah tidak rata
  • Potongan parket menyusut
  • Paku penahan lantai kayu ke balok yang longgar atau salah
  • Celah dianatara bagian atas balok dan lantai kayu

Cara Memperbaiki Decking Kayu Berderit

Lantai Kayu Berderit

Sebelum memulai proses perbaikan untuk decking lantai kayu berderit, pastikan terlebih dahulu dimana titik suaranya. Anda dapat berjalan disekitar ruangan dan tandai dimana pusat suara berisik tersebut, akan tetapi lebih baik jika meminta orang lain untuk melakukan hal tersebut sambil mengamati langkah dan mendengarkan suara pada lantai.

Setelah titik derit lantai sudah dipastikan berada pada tempatnya, anda dapat mulai mengidentifikasi penyebab sebelum mulai memperbaikinya.

Baca Juga:
Decking Terbaik Terbuat dari Kayu Ulin Kalimantan!

1. Paku atau Sekrup Yang Salah

Pada beberapa kasus biasanya ditemukan bahwa paku atau sekrup yang digunakan untuk memasang lantai decking kayu ke balok terlalu pendeh atau kecil untuk pengerjaan itu.

Untuk memperbaikinya dengan mudah, cabut dan ganti paku atau sekrup dengan yang lebih sesuai.

2. Celah Diantara Lantai Kayu dan Balok

Jika ditemukan celah antara balok dengan bagian bawah decking kayu, sebaiknya gunakan lem kayu untuk merekatkan celah tersebut sehingga tidak ada ruang untuk suara derit. Atau dapat tambal dengan potongan kayu kecil.

3. Jarak Paku atau Sekrup yang Terlalu Jauh

Pada pemasangan lantai kayu pada balok, tentu harus mempertimbangkan jarak paku atau sekrup pada pengencangannya, karena jika terlalu jauh decking kayu akan longgar. Cara memperbaiknya dengan dua cara, pertama lepaskan pengunci awal dan ganti, kedua tambah paku atau sekrup ditempat yang longgar.

4. Balok Dasar Bengkok atau Melengkung

Jika pada saat proses pengecekan decking kayu berderit ditemukan balok dasar yang telah berubah bentuk seperti melengkung atau menyusut, pasang potongan kayu tambahan di samping balok tersebut sehingga berada di ketinggian yang tepat untuk mencapat bagian bawah lantai.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Tempel yang Berderit

Lantai Kayu Berderit

Pada beberapa kasus lantai kayu tempel berderit, seperti lantai vinyl, lantai laminate, atau jenis lantai kayu yang diletakan diatas lantai dasar yang kokoh, biasanya ada penyebab yang beragam dalam masalah derit pada lantai.

Baca Juga:
4 Jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik dengan Harga Terbaru!

1. Masalah Pada Bagian Underlay

Kualitas underlay yang buruk atau tidak pas dapat menyebabkan masalah pada lantai kayu tempel. Umumnya pada masalah derit ini terjadi pada celah dibagianbawah yang belum disambung ke bagian lain.

Solusinya adalah dengan menemukan titik tepat diatas celah (akan sedikit memantuk ketika diinjak), buat lubang kecil, suntikan resin epoksi untuk mengisi lubang, lalu gunakan wood filler untuk menutup lubang bor.

Cara yang sulit dan rumit, namun sering diperlukan adalah dengan mengangkat papan, memilah dasar masalah, dan mulai memperbaikinya.

2. Lantai Dasar Yang Tidak Rata

Jika lantai dasaran atau lantai acian dibawah lantai kayu tempel anda bergelombang atau tidak rata pada saat dikeringkan, hal ini pasti akan menyebabkan goyang pada lantai kayu tempel dan lebih buruknya adalah terdapat suara derit yang mengjengkelkan.

Solusi dari masalah ini sebetulnya dapat melakukan langkah yang ada pada point pertama diatas.

3. Lantai Kayu Tempel Tidak Didiamkan Terlebih Dahulu

Lantai kayu tempel atau lebih khususnya lantai parket dapat di pasangkan ketika sebelumnya telah didiamkan pada ruangan selama kurang lebih 24 jam untuk beradaptasi terlebih dahulu.

Jika proses tersebut tidak terpenuhi, atau lantai parket langsung di aplikasikan tanpa adaptasi, parket akan mengembang dan mengerut setelah diletakan, yang berarti hal itu akan membuat papan parket bergesekan dan berderit ketika diinjak.

Jika masalah ini yang menjadi poin utama anda, akan lebih baik untuk mengganti dengan parket yang baru, karena parket kayu yang menyusut atau megerut tidak dapat diperbaiki.

4. Kelembaban

Biasanya tumpahan atau kebocoran dapat menjadi penyebab kelembaban dalam waktu yang lama untuk membuat lantai kayu tempel anda berubah bentuk seperti melengkung, memutar mengerut.

Hal tersebut akan mengakibatkan tidak pas dan mendecit. Solusinya adalah dengan mencari sumber kebocoran dan pastikan tidak lagi aktif, setelahnya periksa lantai kayu yang rusak dan ganti beberapa bagiannya.

***

Demikian panduan lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai masalah lantai kayu berderit yang berisik. Semoga dapat menjadi wawasan baru untuk anda memperbaiki setiap masalah lantai kayu.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam memberikan informasi yang kurang tepat, kami akan terus berusaha memperbaiknya.

Untuk informasi produk lantai kayu, jasa pemasangan dan perencanaan pemasangan dapat berkonsultasi secara gratis dengan marketing terbaik kami disini 0812-2041-993

(Visited 497 times, 1 visits today)
Scroll to Top