jenis lantai kayu

Jenis-jenis Lantai Kayu dari Bahan, Jenis kayu & Produk

Seiring dengan perkembangan Jaman, Pemilihan jenis material lantai semakin berpariasi. Tidak hanya menggunakan lantai jenis bebatuan saja seperti lantai keramik dan lantai granit, juga lantai semen. Berbagai jenis lantai kayu kini hadir untuk memenuhi kebutuhan anda untuk membuat hunian lebih mewah dan elegan.

Dulu, Mungkin Lantai kayu dikenal sebagai lantai kampungan karena hanya orang-orang di pedesaan saja yang menggunakan jenis penutup lantai satu ini. Akan tetapi melihat kemajuan informasi dan teknologi pengolahan kayu membuat lantai kayu ini menjadi salah satu jenis lantai kayu Mewah banyak diminati.

Harga lantai kayu juga terbilang bervariasi, Jadi tidak semua jenis lantai kayu mahal dan juga murah. Harga dari lantai kayu dipengaruhi oleh kualitas jenis lantai kayu itu sendiri tentunya.

Aneka Bahan Untuk Lantai Kayu

Lantai kayu terbuat dari tiga jenis olahan berbeda, ketiga jenis tersebut dibedakan sesuai dengan material pembuatannya. Berikut bahan tiga jenis bahan material pembuatan lantai kayu yang perlu anda ketahui:

No. Jenis Bahan Lantai Kayu
1.Lantai Kayu Solid
2.Lantai Kayu Laminate
3.Lantai Kayu Engineered

Lantai kayu solid

Jenis Lantai Kayu Solid
Solid hardwood

Lantai kayu solid merupakan jenis kayu yang terbuat dari kayu yang utuh, dalam tahap proses pembuatannya pun kayu – kayu ini dikirim langsung oleh produsen kayu yang langsung di potong hingga berbentuk persegi atau seperti berbentuk lempengan.

Dan setelah itu, kayu ini di proses lebih lanjut hingga mendapatkan kadar MC (Moisture Content).

Jenis lantai kayu ini memiliki kualitas yang cukup baik dan sudah memenuhi standar produksi.

Mengenai kualitasnya, kayu ini memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan yang tinggi serta memiliki tingkat keawetan yang tinggi juga. Tidak hanya itu, jenis kayu yang satu ini pun mampu bertahan dari perubahan cuaca dan mampu bertahan dari serangga, jamur dan rayap.

Lantai kayu laminated

jenis Lantai kayu laminated
Laminated wood

Lantai kayu laminate merupakan sebuah produk yang dimana bahan utama utamanya terbuat dari serbuk kayu yang di olah menggunakan bantuan teknologi modern yang dinamai High Density Fiberboard (HDF).

Cara pengolahan dari jenis lantai kayu ini yaitu dengan cara di press menggunakan teknologi HDF dan dibuat seperti papan yang kemudian pada permukaannya dilapisi plastik bermotif kayu dengan cara dilaminasi.

Lantai kayu engineering

jenis Lantai kayu engineering
enginerring wood

Jenis lantai kayu yang satu ini merupakan hasil produk yang sudah masuk ke tahap modifikasi berkat bantuan teknologi dan hasil inovasi, Yang dimana pada selembaran pada lantai kayu engineering ini terdapat 3 jenis bahan dasar sekaligus. Yang diantaranya yaitu:

  1. Pada bagian lapisan pertama terbuat dari kayu solid atau disebut veneer yang memiliki aneka corak yang beragam.
  2. Lalu pada bagian kedua terbuat dari plywood / multipleks.
  3. Dan yang terakhir pada bagian ketiga bahannya terbuat dari kayu solid dengan kualitas yang rendah.

Tujuan utama dalam memproduksi jenis kayu engineering ini yaitu untuk menghemat biaya produksi tanpa harus menghilangkan kesan natural dari kayu itu sendiri.

Dan tujuan yang kedua yaitu membuat lantai kayu yang berkualitas tinggi tanpa harus mengurangi resiko kerusakan seperti melengking pada produk parket lantai.

Akan tetapi, untuk membuat jenis kayu ini terdapat kendala yang dimana kendala tersebut terdapat pada proses pembuatannya yang terbilang cukup rumit, sehingga penggunaan untuk jenis lantai kayu ini sangat jarang dan tidak banyak perusahaan lokal yang memproduksi lantai kayu jenis ini.

Jenis Kayu untuk Lantai

Lantai kayu parket solid dalam ruangan merupakan produk utama kami dengan berbagai jenis kayu Berkualitas tentunya. istilah Solid diartikan bahwa lantai kayu tersebut menggunakan kayu asli. Adapun kayu-kayu yang kami gunakan sebagai penutup lantai dalam ruangan diantaranya:

No.Jenis Kayu untuk Lantai
1.Kayu Jati
2.Kayu Merbau
3.Kayu Ulin
4.Kayu Bengkirai
5.Kayu Keruing
6.Kayu Sonokeling
7.Kayu Sungkai

Kayu Jati

kayu untuk lantai
Pohon jati dan log kayu jati

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kayu Jati merupakan jenis kayu berkualitas dan paling banyak dimanfaatkan di kehidupan, entah itu untuk sebatas kontruksi, kerajinan, pembuatan furniture dan Lantai kayu parket. Kayu Jati yang tumbuh hampir di semua daerah di Indonesia, namun kayu jati yang paling baik tingkat kualitasnya yaitu kayu jati yang berasal dari jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kayu Merbau

kayu untuk lantai
Pohon merbau

Pohon dari kayu merbau ini bisa tumbuh menjulang tinggi mencapai 50m.

Kayu Merbau merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas setara dengan kayu Jati dan selain itu, kayu merbau pun termasuk ke dalam jenis kayu dengan nilai komersil yang tinggi.

Kayu asal Papua ini secara teknis memiliki tingkat kekerasan kelas I dan tingkat awet kelas II. Seratnya yang hampir sama dengan kayu kelapa serta warna mewah kecoklatan pada kayu Merbau ini akan membuat hunian terlihat sangat mewah.

Baca Juga: 5 Produk Lantai Kayu Merbau Terpopuler!

Kayu Ulin

kayu untuk lantai
Pohon ulin

Salah satu kayu khas dari indonesia ini berasal dari kepulauan kalimantan dan sulawesi.

Kayu ulin ini memiliki corak warna coklat gelap atau kuning kecoklatan serta memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang cukup bagus, oleh karena itu kayu jenis ini sudah sangat wajar memiliki nilai komersil yang cukup tinggi.

Dikarenakan tingkat kualitas yang cukup bagus maka tak jarang jika kayu jenis ini sering kali dijadikan bahan material kontruksi berat termasuk sebagai bahan penutup lantai.

Kayu Bengkirai

kayu untuk lantai
Pohon bengkirai

Kayu yang berasal dari kalimantan ini memiliki tingkat kekerasan yang terbilang cukup tinggi dan jenis kayu ini juga memiliki bobot berat yang melebihi dari kayu jati.

Dalam produksinya kayu ini sering dijadikan jenis lantai kayu outdoor atau khusus untuk bagian area luar ruangan atau yang lebih dikenalnya dengan sebutan decking.

Kayu Keruing

kayu untuk lantai
Pohon Keruing

Kayu Keruing adalah jenis lantai kayu yang memiliki tingkat kekerasan kelas II, tingkat kuat II dan tingkat awet III.

Jenis kayu ini memang berada di bawah kualitas kayu Merbau dan kayu Jati, Namun dengan harga yang lebih terjangkau tentu kayu Keruing ini bisa menjadi andalan.

Apalagi bagi anda yang menyukai sifat dari kayu Merbau, karena kayu keruing ini memiliki karakteristik kayu yang sama dengan kayu Merbau yaitu dengan serat mirip kayu kelapa serta warna mewah kecoklatan, meskipun warnanya agak cerah dari pada kayu Merbau.

Kayu Sonokeling

kayu untuk lantai
Pohon sonokeling

kayu sonokeling banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa timur, hampir sama dengan kayu Jati.

Yang menarik dari kayu sonokeling ini adalah warnanya yang hitam pekat dengan corak khas warna mewah membuat kayu ini akan sangat indah sekali bila terpasang pada lantai hunian, maka wajar bila akhir-akhir ini kayu sonokeling memiliki harga yang semakin tinggi karena memang kayu sonokeling ini sangat banyak dimanfaatkan untuk lantai kayu parket.

Selainsebagai salah satu jenis lantai kayu, kayu sonokeling sering juga digunakan untuk furniture dan berbagai macam kerajinan.

Kelebihan  lain dari kayu ini adalah memiliki sifatnya yang mudah diolah. secara teknis, kayu ini secara teknis memiliki tingkat kekerasan kelas II dan tingkat awet kelas III.

Kayu Sungkai

kayu untuk lantai
Pohon sungkai

Kayu Sungkai adalah jenis kayu khas kalimantan. Kayu ini memiliki tingkat kekerasan kelas I namun dengan tingkat keawetan kelas III.

Dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi namun dengan tingkat awet menengah membuat kayu ini mudah retak jika digunakan sebagai kerajinan, maka dari itu kayu Sungkai lebih cocok digunakan sebagai parket karena parket memiliki susunan kayu yang rapat sehingga akan saling mengikat antara 1 kayu dengan kayu lainnya dan membuatnya tidak mudah retak.

Yang menjadi kelebihan kayu sungkai adalah warna kayu ini yang mirip sekali dengan kayu Jati namun lebih cerah. Sehingga kayu ini kerapkali menjadi pilihan pengganti jenis lantai kayu Jati karena harganya lebih murah.

Produk lantai kayu solid

Deretan jenis kayu – kayu di atas di manfaatkan sebagai produk bahan penutup lantai dan di manfaatkan juga sebagai produk plafon, papan tangga, decking untuk bahan penutup lantai di luar ruangan (outdoor).

No.Produk Lantai Kayu Solid
1.Parquet
2.Flooring
3.Decking
4.Papan Tangga, Plint, dll

Parquet kayu untuk variasi teknik pasang

Kenapa variasi teknik pasang ? karena parket kayu di jual dengan ukuran yang sama sehingga bisa di aplikasikan dengan banyak teknik pasang, seperti:

  • Teknik pasang herringbone.
  • Teknik pasang mozaik.
  • Teknik pasang chevron.
  • Teknik pasang susunan bata.
Jenis lantai kayu
Solid Parquet

Dengan tingkat kekerasan kelas II dan tingkat keawetan kelas I serta sipat kayu yang tidak mudah lapuk dan dimakan rayap membuat kayu Jati ini sering diandalkan untuk dijadikan jenis industri pertukangan kayu, Termasuk untuk lantai kayu. Dengan corak yang Indah pada lantai kayu akan membuat rumah anda semakin terlihat berestetika dengan tampilan alami.

Baca Juga: Harga parket kayu jati terbaru 2021

Flooring kayu untuk indoor

Jenis lantai kayu
Flooring Kayu Merbau

Jenis dari produk ini memiliki ukuran yang berbeda-beda dan terbagi menjadi 3 bagian yang terdiri dari:

  • Mini flooring dengan lebar ukuran 7cm
  • Flooring dengan lebar ukuran 9cm
  • Dan flooring jumbo dengan lebar ukuran 14cm

Bahan yang dipakai untuk membuat produk jenis ini menggunakan kayu yang tergolong dari kayu keras.

Decking kayu untuk outdoor

Jenis lantai kayu
Contoh Decking kayu yang terpasang

Lantai kayu untuk outdoor memang di desain berbeda dari lantai kayu solid Indoor. Penggunaan lantai kayu outdoor haruslah mampu bertahan pada perubahan cuaca dan kelembapan. Oleh sebab itu, Desain Lantai kayu outdoor lebih tebal dan rata-rata Produk lantai kayu outdoor dilengkapi dengan alur anti slip.

Berbagai jenis kayu yang digunakan sebagai lantai kayu outdoor juga haruslah kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi agar kayu tidak mudah lapuk dan berubah bentuk karena cuaca. Kayu yang Paling baik untuk dijadikan lantai kayu outdoor adalah Kayu Ulin dan Bengkirai. meskipun ada juga jenis kayu lain yang tidak kalah bagus yaitu jenis kayu Merbau, Keruing dan Rengas.

Pada umumnya, lantai kayu solid outdoor memiliki ukuran 1,9 x 9 x 100 up cm/pcs. lantai kayu outdoor disebut juga decking kayu.

Baca Lebih Lengkap: Apa Itu Decking Kayu Outdoor ?

***

Itulah dia pembahasan mengenai jenis – jenis lantai kayu, semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi Anda yang sedang menginginkan memasang lantai kayu di rumah. Sekian dan terimakasih.

Untuk informasi mengenai spesifikasi produk lantai kayu beserta harga terbarunya dapat berkonsultasi secara gratis dengan marketing terbaik kami disini 0812-2041-993

(Visited 821 times, 1 visits today)

1 komentar untuk “Jenis-jenis Lantai Kayu dari Bahan, Jenis kayu & Produk”

  1. Pingback: Kelebihan dan kekurangan lantai kayu | Gallery Parquet

Komentar ditutup.

Scroll to Top