langkah mudah membersihkan setiap jenis lantai

Langkah Mudah Mengepel & Menyapu Setiap Jenis Lantai

Di dalam sebuah hunian, terdapat material lantai yang berfungsi sebagai media pijakan untuk kita berjalan di dalam ruangan. Selain berfungsi sebagai mana mestinya, lantai juga dapat mempengaruhi karakter ruang dan konsep desain ruangan di dalam rumah.

Agar material lantai yang kita gunakan menciptakan energi positif baik dari segi kesehatan maupun keindahan, senantiasa kita perlu merawat atau membersihkan lantai tersebut secara rutin dan di lakukan dengan baik dan benar.

membersihkan lantai rumah

Berbagai tatacara membersihkan lantai rumah mulai dari menyapu dan mengepel, itu mesti di lakukan secara intens dan teliti karena nantinya lantai tersebut selain akan terlihat bersih tetapi juga tidak akan menimbulkan licin, bau tidak sedap, terhindar dari bakteri dan kuman.

Alat Dan Bahan Untuk Membersihkan lantai

Terdapat beragam alat pembersih lantai yang dapat kita gunakan dan sepertinya sudah sangat umum untuk di bahas, meski begitu kita akan mengulasnya secara singkat saja.

Alat

  • Sapu
  • Vaccum cleaner (alat penyedot debu)
  • Kain pel lembut
  • Pengki
  • Alat pel multifungsi
alat-alat dan bahan membersihkan lantai rumah

Bahan

  • Produk pembersih lantai
  • Bahan-bahan alami (cuka, air lemon, minyak zaitun dan baking soda)

Berbagai alat dan bahan-bahan tersebut dapat kita aplikasikan ke setiap jenis material lantai seperti lantai keramik, granit, beton hingga lantai kayu.

Tips Membersihkan Berbagai Jenis Lantai Dengan Mudah Dan Sederhana

Salah satu cara guna menunjang aktivitas di dalam ruangan terasa lebih nyaman dan menyehatkan yaitu merawat dan membersihkan material lantai yang kita gunakan. Selain membuat kita merasa betah, kita juga akan mendapatkan tampilan visual yang memanjakan mata.

Cara membersihkan lantai keramik

Mendengar jenis pelapis lantai yang satu ini tentunya sudah tidak asing kembali, pasalnya lantai keramik sangat populer bahkan hampir setiap rumah yang kita kunjungi atau lihat pasti menggunakan lantai keramik.

fisik lantai keramik

Sebenarnya, cara membersihkan lantai keramik ini tergolong cukup mudah. tidak terlalu sulit, bahkan alat-alat yang di perlukanpun terbilang sangat sederhana.

Kita bisa membersihkan debu atau kotoran yang hinggap di permukaan atau di sela-sela lantai keramik dengan menggunakan sapu atau vaccum cleaner.

cara mudah membersihkan lantai keramik

Sedangkan untuk menghilangkan noda yang membandel atau berminyak, kita bisa melakukan dengan cara pel secara menyeluruh maupun hanya pada bagian noda atau minyak tersebut. berbagai produk pembersih lantai pun tersedia dan dapat kita gunakan, caranya?

Kombinasikan antara cairan pembersih lantai dengan air hangat, lalu gosokan pada noda yang membandel pada keramik dengan menggunakan kain pel. Sangat mudah bukan?

Cara membersihkan lantai granit

Selain lantai keramik, terdapat salah satu jenis yang hampir mirip dan cukup populer yaitu lantai granit.

Jenis material lantai yang satu ini selain memiliki tampilan yang menawan dan berkesan mewah, tetapi juga memiliki kualitas yang cukup baik bahkan dapat bertahan hingga beberapa tahun.

lantai keramik berkesan mewah dan menawan

Namun, agar kualitasnya tetap terjaga memerlukan perhatian dari segi perawatan dan rutin di bersihkan.

Sama halnya dengan membersihkan lantai keramik, cara membersihkan lantai granit ini tidak terlalu sulit. Kita bisa menggunakan alat pembersih seperti sapu dan alat penyedot debu untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel di sela-sela lantai granit.

Akan tetapi, metode mengepel lantai granit ini sedikit berbeda. Pasalnya kita harus melakukan dengan teliti dan berhati-hati untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lantai tersebut, seperti terkena goresan. Terlebih lagi jika kita membersihkan lantai granit tersebut setelah terpasang.

kiat cepat membersihkan lantai granit

Berikut inilah dia tatacaranya:

Gunakan produk pembersih lantai yang di khususkan untuk lantai granit, campurkan dengan cairan sabun pada kain microfiber. Lalu, basahi kain pel tersebut dengan air dingin yang bersih (tidak perlu banyak-banyak). Lalu

Usap kain yang tadi ke minyak atau noda yang melengket secara perlahan dan hati-hati. Setelah noda tersebut menghilang, biarkan kering dengan sendirinya atau bisa di lap menggunakan kain kering.

Baca juga: Tips menciptakan hunian yang sehat

Cara membersihkan lantai teraso

Lantai teraso atau sebagian orang menyebutnya dengan sebutan lantai terrazzo ini merupakan material lantai yang terbuat dari bebatuan alam, teraso lantai cukup populer dan banyak peminatnya.

lantai teraso atau lantai terrazzo

Sama halnya dengan jenis lantai pada umumnya, lantai teraso ini juga memerlukan perawatan dan perlu untuk di bersihkan. agar terlihat bersih, kinclong dan menciptakan hunian yang sehat.

Meski begitu, membersihkan lantai terrazzo ini tidak susah seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya.

tips mudah mengkilapkan lantai teraso

Cara yang praktis untuk mengkilapkan lantai teraso yang terkena noda yang lengket dan berminyak, kita bisa menggunakan pembersih lantai yang di khusus kan untuk lantai teraso atau bisa juga menggunakan pembersih lantai marmer.

Beri sedikit cairan pembersih lantai pada kain microfiber, lalu usapkan secara perlahan pada noda yang menempel di lantai terrazzo. Seteleh itu, bilas menggunakan air dingin untuk membersihkan sisa residu sabun yang tertinggal.

Baca juga: Tatacara merawat rumah agar selalu bersih dan sehat

Cara membersihkan lantai tegel

Lantai tegel atau keramik vintage ini merupakan pelapis lantai rumah yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. bagaimana tidak, jenis penutup lantai yang satu ini memiliki berbagai warna permukaan yang bervariasi mulai dari monokrom hingga color full.

lantai tegel atau tehel ini merupakan sejenis lantai keramik vintage

Tatacara mengkilapkan lantai tegel dan cara membersihkannya terbilang susah-susah gampang, tergantung bagai mana kita melakukannya.

Sebelum lantai tegel di pel, alangkah lebih baiknya kita membersihkan permukaan lantai tegel dari debu, kotoran dan residu menggunakan sapu atau bisa juga menggunakan vaccum cleaner agar terhisap setiap debu yang berukuran kecil sekalipun.

Setelah itu, kita bisa melakukan pembersihan lantai tegel dengan cara di pel agar terlihat mengkilap. Kita bisa menggunakan produk pembersih lantai pada umumnya atau menggunakan bahan alami seperti ampas kelapa. caranya?

cara mudah membersihkan lantai tegel pakai ampas kelapa
  • Usapkan ampas kelapa pada permukaan lantai tegel secara acak, di usahakan untuk di tekan agar minyak yang terkandung di dalam ampas kelapa keluar. lakukanlah seperti kalian mengepel lantai pada umumnya.
  • Bila lantai tegel sudah selesai di pel secara menyeluruh menggunakan ampas kelapa, selanjutnya kita tinggal menunggu beberapa menit agar lapisan minyak ampas kelapa meresap ke dalam lantai tegel.
  • seteleh mengering, bersihkan sisa-sisa ampas kelapa bila masih ada. Jangan di pel bila lantai tegel sudah di bersihkan menggunakan ampas kelapa.

Cara membersihkan lantai kayu solid

Lantai kayu atau lantai parket ini merupakan salah satu jenis pelapis lantai yang berbeda dari sebelumnya, karena lantai kayu terbuat dari kayu utuh dan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia di dalamnya alias alami.

produk lantai kayu solid

kiat cepat membersihkan lantai kayu yang terkena debu dan kotoran, seperti biasa kita bisa menggunakan alat pembersih seperti vaccum cleaner dan sapu.

akan tetapi, ada yang berbeda nih dari lantai kayu. Pasalnya, lantai kayu tidak bisa di lakukan di bersihkan dengan cara di pel terlalu sering. Mengingat, lantai kayu cukup sensitif bila terkena air bahkan bisa mengalami pelapukan bila terkena air cukup lama.

tips mudah membuat lantai kayu terlihat kinclong

Lalu bagai mana untuk membersihkan noda yang lengket pada lantai parket?

Untuk menghilangkan noda yang membandel di permukaan lantai kayu, kalian bisa menyemprotkan cairan pembersih lantai kayu dan lalu menglapnya dengan kain kering yang lembut.

Informasi selengkapnya: Cara merawat lantai kayu

Cara membersihkan lantai laminasi

sepintas terlihat jelas bahwa jenis lantai yang satu ini seperti lantai kayu solid, tetapi berbeda.

lantai kayu laminated atau lantai laminasi

yang membedakannya hanya dari segi bahan pembuatan, yang dimana lantai kayu solid terbuat dari kayu yang utuh sedangkan lantai laminasi atau lantai kayu laminate terbuat dari serbuk kayu yang dicampur menggunakan resin.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari lantai laminasi ini yaitu mudah di pasangkan. Apakah cara merawat dan membersihkannya mudah juga? tentu saja iya.

Baca juga: Harga lantai kayu laminated beserta plus minusnya

cara membersihkan lantai kayu laminate

Langkah awal dalam membersihkan lantai laminasi yaitu menyapunya terlebih dahulu agar terhindar dari berbagai kotoran dan juga debu. Lalu..

Setelah itu, pel lantai kayu laminate menggunakan produk pembersih lantai. Agar lebih aman gunakan produk pembersih lantai yang khusus lantai kayu atau bisa juga menggunakan bahan-bahan alami seperti air cuka, baking soda dan air perasan lemon.

Cara membersihkan lantai vinyl

Lantai vinyl atau lantai sintetis ini merupakan salah satu produk penutup lantai yang terbuat dari bahan semacam kimia bernama PVC (Poli Vinyl Chloride) bahan ini sejenis plastik.

Keunikan dari lantai pvc ini yaitu memiliki berbagai motif pilihan, mudah di pasangkan dan cukup mudah dalam hal perawatnnya.

lantai pvc atau lantai sintetis punya banyak motif

Tips membersihkan lantai vinyl terbilang cukup mudah, sama seperti membersihkan lantai pada umumnya seperti keramik, granit, marmer dan laminasi.

Bersihkan terlebih dahulu permukaan lantai vinyl menggunakan sapu atau alat penyedot debu agar terbebas dari segala macam kotoran dan partikel debu.

cara mudah pel lantai vinyl

Bila di rasa sudah bersih, selanjutnya tinggal di pel di usahakan menggunakan kain pel yang lembut karena lantai vinyl rentan terkena goresan.

Kita bisa menggunakan produk pembersih lantai yang tersedia di toko-toko, kita juga bisa mengepelnya secara rutin karena lantai vinyl tahan terhadap endapan air.

Baca juga: Kelebihan & kekurangan lantai vinyl beserta harganya

Memang sudah seharusnya lantai yang kita gunakan di dalam rumah itu di rawat dan di bersihkan secara rutin, selain untuk menjaga kebersihan tetapi secara tidak langsung juga kita menciptakan sebuah hunian yang sehat dan ramah lingkungan.

Baik itu lantai keramik, lantai kayu, vinyl, laminasi dan lain sebagainya senantiasa agar kita menjaga kualitasnya tetap terjaga dengan cara merawatnya dengan baik dan benar sesuai prosedur masing-masing lantai, dengan begitu lantai di rumah kita dapat bertahan lebih lama.

Segitu saja untuk pembahasan di kesempatan kita kali ini, semoga apa yang di sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kalian dalam menjaga material lantai tetap bersih dan terjaga kualitasnya. Cukup sekian dan terimakasih

Selamat menikmati pelapis lantai yang bersih dan terhindar dari penyakit dengan cara merawatnya dengan baik

(Visited 13 times, 1 visits today)
Scroll to Top