jenis lantai untuk gor bulutangkis

Jenis lantai untuk lapangan badminton

Sebuah material lantai merupakan sebuah hal yang wajib ada ketika kita hendak membangun sebuah hunian rumah, tetapi tidak hanya berlaku untuk rumah saja. Sebuah sarana olahraga pun harus turut dipertimbangkan untuk penggunaan lantainya, sarana olahraga yang kami maksud mencangkup seperti arena lapangan basket, lapangan futsal dan lapangan badminton.

Berbicara soal jenis lantai untuk lapangan badminton, jenis lantai yang akan digunakan di dalam sebuah lapangan badminton atau gor bulu tangkis harus memenuhi kriteria tertentu. Jadi, tidak sembarangan jenis lantai dapat di aplikasikan.

lapangan badminton indoor

Hal ini bertujuan agar lapangan tersebut layak untuk dipergunakan baik dari segi keamanan, kenyaman dan keindahan sehingga nantinya para pemain atau atlet dapat bermain dengan maksimal dan para penonton dapat merasakan tampilan yang menyenangkan yang dihadirkan dalam sebauh lapangan badminton.

Bahan-bahan lantai lapangan bulu tangkis harus harus dipertimbangkan dengan teliti guna meminimalisir tingkat kelicinan, tidak keras dan memiliki daya pantul yang sempurna sehingga nantinya lapangan tersebut dapat memberikan kenyamanan.

Ukuran Lapangan Badminton

luas lebar ukuran lapangan badminton

Seperti yang sudah anda lihat di atas, bahwasanya sebuah arena lapangan badminton itu berbentuk kotak persegi yang cukup panjang dan terbagi menjadi dua bidang yang berlawanan serta di beri bagian pembatas pada bagian tengahnya yang sering dikenal dengan sebutan net.

Ukuran panjang keseluruhan yang dimiliki lapangan badminton ini yaitu 13,40m dengan lebar mencapai 6,10 kedua ukuran ini terbagi menjadi dua bidang yang akan di tempati oleh para atlet atau pemain, setiap bidang lapangan memiliki garis service seperti, garis service bagian depan net berjarak 1,98m dan batas samping 3,05m jarak garis service belakang dari bagian belakang lapangan 0,76m.

Tinggi tiang net mencapai 1,55m sedangkan tinggi net nya yaitu 1,52m.

Ukuran lapangan badminton mini

Selain terdapat sebuah arena lapangan badminton standar nasional yang sering digunakan di dalam sebuah gor bulu tangkis, ternyata ada juga sebuah lapangan bulu tangkis yang memiliki ukuran lebih kecil atau mini. Biasanya lapangan bulu tangkis mini ini cenderung digunakan oleh anak-anak di bawah umur untuk sekedar bermain atau latihan sejak dini.

Ukuran panjang lapangan badminton mini ini yaitu 10,05m dengan lebar mencapai 4,40m. Bila di rasa kurang luas dan panjang, maka anda bisa menggunakan ukuran seperti ini panjang lapangan 11,88m dan ukuran lebarnya 5,18m.

Jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Bulu Tangkis

Menentukan bahan material penutup lantai yang akan di gunakan dalam sebuah arena lapangan bulu tangkis atau badminton ini harus di dasari atas fungsi dan kegunaan lantai tersebut, harus ditentukan dengan level shock absorption atas jenis cabang olahraga yang akan dimainkan di atas lantai.

Seperti yang sudah di tentukan oleh organisasi atau lembaga yang bernama BWF (Badminton World Federation) adalah lembaga federasi badminton dunia yang menaungi cabang olahraga bulu tangkis atau badminton, mereka mengungkapkan bahwa jenis penutup lantai yang digunakan dalam sebuah lapangan badminton harus memenuhi kriteria slip resistance (Ketahanan Kelicinan) safety untuk para atlet dan daya pantul cahaya.

Lantai sintetis/vinyl

Salah satu bahan yang sering digunakan di dalam sebuah arena lapangan bulu tangkis ini yaitu lantai vinyl atau pelapis lantai sintetis, bahan ini terbilang sangat lembut dari jenis lantai badminton lainnya.

vinyl badminton lining

Lantai vinyl ini pun sudah memiliki sertifikat berstandar internasional dan memiliki tingkat keawetan yang sangat bagus bahkan dapat bertahan hingga 10 tahun lamannya, memiliki daya cengkram yang sangat bagus dan memiliki tingkat kelicinan yang sangat rendah sehingga tidak akan mudah terpeleset bila para pemain berjalan atau berlarian di atasnya.

Maka dari itu, tidak heran lagi jika lantai sintetis ini sering di pergunakan di dalam lapangan bulu tangkis karena sudah memenuhi kriteria tertentu, jenis lantai yang satu ini juga sangat cocok di aplikasikan di dalam sebuah gor yang berdesain minimalis.

Baca juga : Lantai vinyl motif kayu

Lantai karpet/matras

Sebuah pelapis lantai yang memiliki standar internasional BWF ini sering juga di gunakan di dalam lapangan badminton, jenis lantai yang satu ini memang benar-benar di desain untuk sebuah arena lapangan bulu tangkis.

lantai karpet badminton

Biasanya jenis lantai matras ini di fungsikan sebagai media penutup lantai utama atau pelapis lantai tambahan pada sebuah lapangan bulu tangkis yang berlantai beton atau lantai kayu.

Sebenarnya produk penutup lantai yang satu ini hampir menyerupai lantai vinyl karena sama-sama terbuat dari bahan campuran kimia lainnya, hanya saja yang membedakan dari jenis bahan apa yang digunakan.

Lantai kayu/parket

Selain jenis lantai sebelumnya, lantai kayu ini merupakan sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari jenis kayu keras yang utuh seperti contohnya kayu jati.

parket lantai bulu tangkis

Jika dibandingkan dengan pelapis lantai di atas, lantai kayu memiliki kualitas yang sangat bagus baik dari segi kekuatan, ketahanan dan keawetannya. Penerapan lantai kayu untuk sebuah lapangan bulu tangkis jauh lebih baik karena di bekali fitur subfloor, yang dimana hal tersebut dapat meminimalisir resiko cedera yang fatal bila terjatuh ke bawah lantai.

Sudah kuat, tahan lama dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemain membuat lantai kayu ini sangat rekomendasi untuk di aplikasikan sebagai pelapis lantai di arena lapangan badminton. Selain itu, lantai kayu juga dapat membuat tampilan sebuah lapangan bulu tangkis terlihat lebih indah dan mewah, lebih berksan estetik yang natural secara struktural.

Baca juga: Lantai parket untuk lapangan basket

Kelebihan Lantai Parket & Lantai Vinyl Untuk Lapangan Badminton

Terdapat beberapa keunggulan yang di dapat ketika memakai lantai jenis vinyl dan lantai parket, kedua jenis produk penutup lantai ini memiliki fungsi yang sama tetapi terdapat kelebihan yang berbeda-beda hal ini di karenakan lantai parket dan lantai vinyl terbuat dari bahan yang berbeda juga. Yang dimana lantai parket sendiri terbuat dari jenis kayu keras alami yang utuh, sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan kimia sejenis plastic yang lebih di kenal dengan sebutan PVC(Polivinyl Chloride).

Kelebihan lantai vinyl

kelebihan lantai vinyl badminton

Membahasa keunggulan yang dimiliki lantai vinyl jika terapkan sebagai penutup lantai di dalam lapangan badminton diantaranya yaitu dapat menyerap cahaya yang di pancarkan di dalam ruangan sehingga tidak akan memantulkan cahaya yang akan menimbulkan silau ketika di pandang.

Selain itu, lantai vinyl pun memiliki tingkat kelicinan yang sangat rendah dan mudah untuk dibersihkan. Bahan yang digunakan dalam membuat vinyl untuk sebuah lapangan badminton ini sudah di khusukan dan berstandar internasional BWF untuk keperluan pertandingan cabang olahraga pada eventnya.

Kelebihan lantai parket

kelebihan lantai parket badminton

Kelebihan yang dimiliki lantai kayu bila di aplikasikan sebagai pelapis lantai di sebuah arena lapangan bulu tangkis yaitu diantaranya memiliki kesan yang hangat dan bersifat empuk sehingga dapat meminimalisir resiko cedera fatal kepada para pemain/atlet bila terjatuh atau terpeleset ke bawah lantai.

Selain dari segi keamanan, penerapan lantai kayu untuk digunakan di dalam lapangan badminton dapat memberikan kenyamanan bagi para pemain dan juga penonton karena pada dasarnya lantai kayu itu terbuat dari kayu alami yang memiliki warna khas dengan serat kayunya yang bervariasi sehingga lapangan akan terlihat lebih elegan dan estetik.

Baca juga : cara merawat lantai kayu 2021

Perbandingan Lantai Kayu, Vinyl & Matras Untuk Lapangan Bulu Tangkis

Memang sangat penting ketika kita hendak memilih jenis bahan material lantai yang akan kita gunakan di dalam sebuah arena lapangan bulu tangkis karena agar lapangan tersebut tampil lebih maksimal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Lantai parket

Bisa di bilang dari segi tampilan lantai kayu jauh lebih unggul karena seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya lantai kayu terbuat dari kayu yang alami sehingga dapat membuat tampilan lapangan badminton terlihat lebih berbeda dan eksklusif.

jual produk parket lantai badminton

Penggunaan lantai kayu sendiri sangat rekomendasi karena memiliki keunggulan yang dapat menguntungkan bagi para pemain seperti dapat meminimalisir resiko cedera yang parah, memiliki daya serap cahaya dan daya pantul yang sangat bagus sehingga para atlet dapat bermain dengan maksimal.

Baca juga : Kayu jati atau kayu merbau, mana yang lebih baik?

Mat court/matras

Untuk jenis lantai yang satu ini cenderung sering digunakan sebagai menutupi lantai utama atau pelapis tambahan untuk menutupi lantai kayu atau lantai beton.

karpet lantai badminton

Dari segi kualitas, lantai matras ini terbilang cukup bagus dari segi ketahanan dan keawetan. Tingkat kelicinannya pun sangat rendah.

Lantai vinyl

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, lantai vinyl ini sering sekali dipergunakan sebagai pelapis lantai di sebuah arena lapangan badminton, bahkan pada event pertandingan besar pun jenis lantai sintetis ini sering kali di pakai.

pelapis lantai vinyl bulutangkis

Hal ini yang tak lain karena lantai vinyl memiliki kualitas yang cukup bagus hampir setara dengan lantai kayu jika dilihat dari segi keawetan dan kelebihannya yang tidak licin serta memiliki daya serap cahaya yang sempurna.

Baca juga : Perbandingan lantai vinyl dengan lantai kayu

Berapa biaya pemasangan lantai lapangan badminton?

Bila anda berniat untuk membangun sebuah arena lapangan bulu tangkis dengan ukuran 6,1 x 13,04m beserta memasangkan lantai vinyl/karpet sebagai pelapis lantainya maka biaya yang harus dikeluarkan sekitar 45juta. Biaya pembangunan lapangan badminton indoor relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan lapangan badminton yang outdoor, hal ini dikarenakan lapangan badminton indoor membutuhkan gedung yang lebih besar yang harga jual atau biaya sewanya sangat mahal.

biaya membangun gor badminton

Sedangkan biaya pemasangan lantai kayu untuk lapangan badminton jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pemasangan lantai sintetis atau karpet. Walaupun begitu, lantai kayu akan sangat awet dan dapat membuat tampilan gor bulu tangkis terlihat lebih indah dan mewah serta memiliki keunggulan yang menguntungkan bagi para pemain atau atlet.

Baca juga: Harga lantai kayu jati

Bagi anda yang berniat memasang lantai kayu di sarana olahraga seperti arena lapangan basket, lapangan volley dan badminton, segera hubungi salah satu marketing dari kami di bawah ini untuk mengetahui lebih detail tentang produk beserta harga dan biaya pemasangannya.

Nomer penjual lantai kayu di Indonesia

Arnold

Sebelum memutuskan ingin membangun sebuah lapangan badminton pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang sudah ahli di bidangnya dan sudah berpengalaman. Cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. Termikasih telah membaca artikel ini hingga akhir

(Visited 275 times, 1 visits today)
Scroll to Top