Kayu Ulin, IronWood Kalimantan yang Langka & banyak Manfaat

Kayu ulin, si kayu besi borneo – Tak salah orang menyebutnya kayu besi (ironwood) karena keistimewaan yang dimilikinya seperti dapat bertahan lama dan mungkin kekuatannya dapat mengalahkan besi. 

Jika besi dibiarkan dalam keadaan hujan dan panas sepanjang tahun maka bisa berkarat, sedangkan si kayu besi pada situasi hujan dan panas justru membuatnya semakin kuat dan tahan lama.

Asal Usul Kayu Ulin

Kayu ulin atau sering disebut dengan istilah Kayu Besi Borneo (Borneo Iron Wood) banyak ditemui di hutan tropis Kalimantan. Kayu ini termasuk salah satu jenis kayu asli kalimantan. Kayu ulin ini telah digunakan oleh suku asli Kalimantan sejak ratusan tahun lalu terutama pada rumah tradisional seperti Betang di Kalimantan tengah dan Lamin di Kalimantan Timur.

Sebagian besar masyarakat Kalimantan menyebut kayu ulin dengan sebutan Belian. Sedangkan dalam bahasa latin nya kayu ulin yang disebut Eusideroxylon zwageri Teijsm, selalu menjadi primadona karena kekuatannya sebagai bahan baku bangunan menjadikan kayu ini semakin langka.

Dulu Kalimantan menjadi surga si kayu ulin ini, karena banyak dan meledaknya kebutuhan kayu seperti ulin ini di pasaran, menjadikan kayu ini semakin susah ditemui.

Status Kelangkaan Kayu Ulin

Awalnya, kayu yang bernama latin Eusideroxylon zwageri ini statusnya di tetapkan sebagai kayu yang dilindungi, namun sekarang Kayu ulin atau kayu besi khas Kalimantan ini ber status tak lagi dilindungi.

Pencabutan status tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/2018 yang dibuat pada 28 Desember 2018 dan di undangkan pada 21 Januari 2019.

Karakteristik Kayu Ulin

kayu ulin

Kayu ulin atau disebut juga dengan kayu bulian dan kayu besi adalah pohon asli indonesia. Pohon ini dapat memiliki ketinggian hingga 30-35 m, dengan diameter yang besar yaitu 60 – 120 cm. Batang pohonnya berbentuk lurus, bulat dan rapat, serta percabangan yang mendatar.

Berikut karakteristik dan keunggulan kayu ulin yang membuat cocok sebagai bahan kontruksi.

1. Bertekstur kasar, keras, dan kuat

Kayu yang memiliki tekstur kasar dan keras ini sangat kuat dan awet. Kayu ini memiliki tingkat kelas kuat I dan kelas awet I. Dengan tekstur yang kuat dan keras tersebut, kayu ini dapat digunakan sebagai bahan baku kontruksi.

2. Tahan terhadap serangan rayap

Berkat teksturnya yang keras dan kasar, membuat kayu ini tahan terhadap serangan rayap. Selain itu kayu ini juga memiliki kandungan alami yang mencegah rayap menggerogotinya.

3. Mempunyai aroma yang khas

Kayu yang banyak ditemui di hutan Kalimantan ini  memiliki aroma yang khas. Aroma alami yang dimilikinya tersebut dapat memberikan ketenangan dan nuansa alami pada hunian.

4. Tahan terhadap suhu

Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini juga dapat tahan terhadap perubahan suhu, cuaca, dan kelembapan. Ketahanannya yang kuat tersebut membuat kayu besi ini tahan hingga ratusan tahun.

Baca Juga: Kenapa Memilih Decking kayu Ulin sebagai penutup lantai area luar ruangan

Pemanfaatan Kayu Ulin 

Kayu ulin merupakan kayu dengan kelas kuat nomor satu, bahkan semakin kuat jika digunakan di air. Kayu ini banyak di gunakan oleh masyarakat pesisir pantai maupun daerah pinggiran rawa sebagai bahan pondasi rumah maupun dasar penyusun dermaga.

Selain tahan terhadap air, kayu ini pun tahan terhadap serangan rayap juga pelapukan. Alasan itu menjadikan kayu ulin dijadikan bahan dasar pembuatan furniture dan berbagai macam elemen kayu yang dibutuhkan untuk bangunan

Produk Modern yang dihasilkan Kayu Ulin 

Seiring berkembangnya jaman, kayu yang dulunya tidak mendapatkan posisi di pasaran karena tingkat kemehawan bangunan saat itu menggunakan bahan marmer, batuan, dll.

Namun sekarang, kayu menjadi elemen yang tidak bisa terpisahkan pada konsep hunian. Kayu selalu menumbuhkan kesan yang mewah, selain itu kelebihan yang didapat adalah suasana alami dan aroma kayu yang menenangkan.

Berikut ini produk modern yang dihasilkan dari kayu ulin,

atap sirap
Atap Sirap

Atap sirap sangat cocok bagi hunian yang menggunakan konsep penuh kayu, kayu ulin dipilih untuk dijadikan atap karena ketahanan nya terhadap cuaca dan suhu yang ekstrim.

Selain itu, bahan kayu sangat mudah di olah dengan bentuk yang ber aneka ragam, maka untuk hal ini kayu memiliki nilai lebih dibanding atap genting biasa.

pagar kayu ulin
Pagar Kayu Ulin

Pagar tak hanya menjadi pembatas dan pelindung, tapi juga sebagai daya tarik sisi depan rumah. Karena itu, Kayu kembali menjadi pilihan terbaik untuk urusan daya tarik.

Pagar dengan bahan kayu ini akan terlihat sederhana dan elegan.

plafon kayu ulin
Plafon Kayu Ulin

Dengan menggunakan plafon kayu, desain ruangan kini tak lagi membosankan, juga banyak keuntungan yang didapat dari plafon berbahan kayu ini, seperti lebih nyaman, serta terlihat lebih natural dan alami.

decking ulin
Decking Kayu Ulin

Decking ulin merupakan jenis decking kayu paling baik untuk di aplikasikan pada lantai yang memiliki resiko tinggi terhadap air.

contohnya seperti pada pinggir atau tepian kolam renang, decking ulin di desain dengan alur anti slip untuk menghindari resiko tergelincir.

Itulah beberapa produk yang dihasilkan dari kayu ulin, jika anda ingin menghadirkan jenis kayu ulin pada hunian, lanjutkan dengan menghubungi konsultan kami di bawah.

tombol hubungi sekarang