material furnitur outdoor

Daftar Material Furnitur Outdoor Tahan Hujan & Panas!

Furnitur Outdoor, Galleryparquet.com – Area outdoor seringkali menjadi tempat yang mengasyikan untuk sekedar berkumpul dan berbincang hangat bersama keluarga atau teman. Disana anda akan lebih merasakan dunia luar yang tidak membuat jenuh.

Meletakan beberapa furnitur di area teras atau rooftop dapat menambah daya tarik secara visual ataupun fungsinya sebagai tempat untuk bersantai. Namun tidak semua material furnitur dapat bertahan pada kondisi cuaca yang langsung terpapar.

Baca Juga:
5 Desain Cafe Outdoor Terbaik Untuk Ditiru Ditahun 2022

Indonesia sendiri merupakan negara Tropis yang memiliki cuaca panas dan hujan sepanjang tahun, tentu ini dapat berpengaruh pada usia furnitur outdoor. Jika anda salah menggunakan furnitur outdoor, resikonya rentan terhadap karat, pelapukan hingga berjamur.

Untuk itu, penting mempertimbangkan dan selektif dalam memilih material furnitur outdoor yang tahan terhadap kondisi cuaca luar ruangan. Berikut ini beberapa material yang kuat dan awet meski terpapar panas bahkan hujan secara langsung.

Material Alumunium

material furnitur outdoor

Jika ingin menghadirkan tampilan furnitur dengan warna mencolok seperti dari logam dan besi, namun takut akan berkarat karena hujan, alumunium adalah solusi yang tepat.

Pada saat proses peleburannya, alumunium ini tidak memiliki campuran besi sedikitpun, jadi saat terkena air aluminium tidak mudah teroksidasi seperti pada besi dan baja.

Bahkan jika material aluminium teroksidasi, lapisan pelindungnya akan menahan korosi dan menjaga kelembapan yang terjadi. Lapisan pelingdung tersebut terbentuk dari area aluminium non-oksidasi yang menjadi dasarnya.

Kayu Ulin dan Merbau

material furnitur outdoor

Banyak orang mengurungkan niatnya untuk menghadirkan furnitur outdoor dari material kayu, karena alasan takut lapuk dan cepat rusak terkena panas dan hujan secara langsung. Namun kabar baiknya, ada jenis kayu yang tahan terhadap kondisi cuaca luar ruangan yang ekstrim sekalipun.

Kayu ulin dan merbau dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjadi material furnitur outdoor, sebab kayu tersebut memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Bahkan kayu ulin dipercaya akan semakin bagus jika terkena air.

Kami sebagai produsen sekaligus penyedia lantai kayu juga mempercayai kayu ulin dan merbau sebagai material decking kayu outdoor yang kerap diaplikasikan pada rooftop, teras, atau bahkan tepian kolam renang.

Baca Juga:
4 Fungsi Decking Kayu Yang Paling Umum Digunakan

Rotan Sintetis

material furnitur outdoor

Bila ingin menghadirkan teras rumah bernuansa alami dan rustic, namun tidak ingin menggunakan material kayu outdoor yang mahal, anyaman rotan sintetis merupakan pilihan yang baik.

Jangan menggunakan anyaman rotan solid, karena bahan rotan cukup rentan terhadap perubahan cuaca secara langsung. Rotan solid tidak akan kuat menahan paparan angin, panas dan air hujan secara langsung dan terus menerus.

Untuk tetap menghadirkan nuansa alami yang diinginkan, cobalah menggunakan rotan sintetis yang diberi warna layaknya rotan asli. Bahan tersebut tentu akan lebih kuat dan tahan terhadap air bahkan jamur sekalipun.

Material Polypropylene

material furnitur outdoor

Polypropylene atau bahan plastik PP merupakan termoplastik yang terbuat dari monomer propilena yang tahan terhadap perubahan cuaca secara langsung, dan cocok untuk dijadikan sebagai material furnitur outdoor karena ketahanannya.

Bahan tersebut cukup terkenal akan kekokohannya dan tahan lama, jadi jika anda menggunakannya sebagai furnitur outdoor akan sangat bagus dan tidak perlu perawatan khusus.

Material plastik PP juga sering digunakan sebagai peralatan rumah tangga, karena memang dipercaya lebih kuat dibanding material plastik biasa.

Material Polystone

material furnitur outdoor

Polystone merupakan material kuat yang tahan terhadap paparan sinar ultraviolet, ketahanan pada suhu tinggi dan juga terhadap air. Sehingga bahan ini sangat baik jika digunakan untuk material furnitur outdoor.

Polystone juga dikenal sebagai batu buatan yang terbuat dari campuran semen, resin, dan batu bubuk. Campuran bahan tersebut dapat dicetak dan dihampelas menjadi beberapa bentuk sesuai dengan keinginan anda.

Secara tampilan, material polystone nampak seperti teras batuan yang alami. Sehingga dapat memberikan nuansa alam yang segar dan menyejukan pada hunian yang anda tinggali.

Stainless Steel

material furnitur outdoor

Penggunaan furnitur outdoor dari material stainless steel cukup efektif, hal itu juga dapat memberikan ketahanan tambahan. Apalagi memiliki hunian di daerah pesisir pantai yang mana angin bertiup sangat kencang, furnitur outdoor dari stainless steel dapat bertahan karena bobotnya.

Stainless steel juga merupakan material yang memiliki banyak keunggulan. Selain mudah untuk dibershikan, material ini juga ramah lingkungan karean banyak dibuat dengan mendaur ulang logam.

Penggunaan stainless steel pada luar ruangan biasanya banyak ditemukan sebagai perabotan dapur outdoor, sehingga membuat alat-alat masak lebih tahan dan awet terhadap kondisi luar yang rentan terhadap karat dan lembap akibat suhu.

Baca Selanjutnya:
7 Ide Dekorasi Dinding Dapur Kreatif & Sulap Jadi Artistik

Itulah beberapa material furnitur outdoor yang direkomendasikan karena ketahanan dan kekuatannya terhadap kondisi perubahan cuaca secara langsung. Semoga dapat mudah difahami dan menjadi inspirasi baru untuk menciptakan area outdoor yang nyaman sebagai sarana berkumpul keluarga, saudara dan teman.

Hubungi kami untuk berkonsultasi seputar dekorasi outdoor dari material kayu, seperti decking kayu ulin untuk kolam renang outdoor, atau decking kayu merbau sebagai lantai gazebo yang terbuka.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun informasi yang keliru, kami akan segera berupaya memperbaikinya. Terimakasih telah berkunjung dan selamat bertemu di artikel informatif selanjutnya!

(Visited 200 times, 1 visits today)
Scroll to Top