Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

5 Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit Jadi Estetik!

Dekor Ruang Tamu Sempit – Punya ruang tamu dengan area yang terbatas bukanlah halangan untuk memulai mendekorasinya untuk menjadi lebih nyaman nan estetik. Apalagi ruang tamu merupakan area dimana orang yang datang kerumah melihat kesan pertamanya, tentu sangat baik jika kesan yang diberikan itu positif.

Saat ini memang marak desain rumah minimalis yang biasanya digunakan orang-orang milenial untuk memulai kehidupan baru dengan keluarga kecil mereka, keterbatasan lahan tidak menjadikan itu semua halangan dalam membuat rumah menjadi lebih baik.

Untuk membuat setiap ruangan di rumah tentu perlu mempertimbangkan banyak hal, pastikan telah merancang semua itu dari awal. Berikut ini tips dekor ruang tamu sempit yang dapat membantu anda dalam menyulap rumah jadi estetik!

Baca Juga:
Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Minimalis, Stylish, Dan Elegan

1. Lakukan Pengukuran

Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

Pertama yang perlu anda lakukan dalam dekor ruang tamu sempit ialah mengukurnya, karena pengukuran ini akan menjadi perhitungan yang penting dilakukan.

Biasanya banyak masalah ketika orang-orang membeli banyak furnitur yang memiliki ragam bentuk dan tampilan, semata-mata indah dipandang akan tetapi tidak memperhatikan ukuran ruang tamu yang ada.

Ketika furnitur tersebut datang ke rumah, seketika bingung karena perlu menyesuaikan sudut ruangan atau bahkan tidak muat sama sekali.

Nah, alangkah baiknya lakukan pengukuran terlebih dahulu sebelum mulai dekor ruang tamu sempit tersebut. Sehingga dapat mempertimbangkan ukuran furitur yang akan digunakan. Akan lebih baik jika kalian membuat denah ruangan supaya lebih akurat.

2. Harus Fungsional

Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

Upayakan untuk membeli barang-barang yang bersifat fungsional untuk memanfaatkan setiap sudut ruangan agar lebih maksimal. Jangan beli barang atau furnitur yang tidak terlalu penting, karena itu hanya akan membuat ruangan terlihat lebih sempit dan sesak.

Misalnya, memilih sofa dengan dudukan yang tidak terlalu banyak atau rak tempel yang dapat menghemat tempat dibawahnya agar dapat difungsikan untuk barang lainnya.

Perhatikan beberapa barang yang tidak terlalu berguna, paksakan diri untuk mengeluarkan atau menjualnya, ganti dengan produk furnitur yang lebih bermanfaat bagi fungsi ruang tamu tersebut.

3. Perhatikan Warna

Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

Warna pada dinding dan furnitur sangat berpengaruh untuk mendapatkan nuansa yang lebih luas dan tidak sumpek. Pertimbangkan kombinasi warna yang sesuai dan berkesinambungan antara lantai, dinding, furnitur, dan sofa.

Cobalah untuk memiliki warna netral dan terang pada dinding agar menciptakan visual yang lebih luas dan bersih, lalu padukan dengan furnitur yang berwarna lebih gelap untuk menyeimbangkan desain dekor ruang tamu sempit.

Anda dapat menggunakan furnitur berbahan kayu untuk motif yang alami dan membuat ruang tamu terkesan lebih segar dan tidak sesak. Kelebihan lainnya, furnitur berbahan kayu dapat dipindahkan secara mudah untuk menentukan denah yang tepat.

Baca Juga:
5 Tips Mendekor Kamar Tidur Kecil Agar Semakin Fungsional

4. Jagalah Kerapian

Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

Percuma jika memiliki ruang tamu dengan furnitur yang beragam dan mahal serta warna yang menarik, jika tidak dijaga kerapiannya. Dalam dekor ruang tamu sempit anda perlu memperhatikan kerapian ruang tamu dengan beragam cara.

Posisikan barang-barang atau furnitur dengan baik agar tidak terlihat berantakan, serta selalu merapikan kembali setiap benda setelah menjamu tamu.

Pemilihan warna furnitur yang kontras dapat membantu anda merapikan ruang tamu lebih cepat.

Meskipun memiliki luas yang terbatas, jika ruang tamu terjaga kerapiannya dan selalu bersih dapat memberikan kenyamanan serta kesan yang baik untuk anda dalam menjamu tamu yang datang kerumah.

5. Buatlah Karakter Sendiri

Inspirasi Dekor Ruang Tamu Sempit

Meskipun di banyak platform atau sosial media sudah banyak tersedia inspirasi dekor ruang tamu sempit yang menarik dan sangat menggoda untuk dipraktikan, jangan lupakan karakter atau ciri khas anda sendiri.

Dengan memiliki ciri khas dan karakter sendiri pada ruang tamu, tentu dapat membuat anda lebih nyaman berlama-lama sekalipun di ruangan tersebut.

Misalkan, jika anda adalah pecinta tanaman tempatkan beberapa pot berisi tanaman yang disukai pada sudut ruang tamu. Atau jika anda adalah penyuka anime, cobalah memajangnya di dinding agar bisa membahasnya bersama tamu yang sama-sama mengerti dengan kesukaan anda.

Baca Selanjutnya:
Kenapa Harus Lantai Kayu? Baca 7 Alasan Utamanya Disini!

Itulah informasi atau inspirasi dekor ruang tamu sempit yang mungkin dapat anda coba praktikan sendiri dirumah. Semoga dapat menginspirasi dan mudah difahami, serta dapat menjadikan rumah lebih nyaman.

Terimakasih telah berkunjung dan menikmati setiap paragrafnya hingga selesai, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan atau informasi yang keliru. Kami akan segera berupaya memperbaikinya.

Hubungi kami untuk berkonsultasi seputar dekorasi ruang tamu yang nyaman menggunakan material kayu, seperti lantai parket, kisi-kisi kayu, serta plafon atau lambersering yang hangat. Dapatkan jasa pasang profesional dan bergaransi hanya disini!

(Visited 11 times, 1 visits today)
Scroll to Top