desain interior lantai kayu

Desain Interior Cafe Lantai Kayu Jati & Merbau

Memiliki cafe dengan desain yang unik dan terlihat estetik adalah keinginan para pemilik usaha restoran atau cafe, karena desain pada suatu cafe akan lebih menarik perhatian pengunjung serta merasa lebih betah berada di cafe tersebut.

Zaman sekarang, cafe telah berinovasi lebih maju dengan menghadirkan hidangan yang lengkap dan menarik serta pemilihan tempat yang strategis, dipadukan dengan desain yang yang unik dan kekinian. Ada pula yang mendesain cafe dengan nuansa yang alami. Para pengunjung cafe di dominasi oleh para pemuda, maka dari itu pemilihan desain pada suatu cafe sangat lah penting, ditambah lagi zaman sekarang para pengunjung cafe sering mengabadikan momen mereka ketika berada di cafe tersebut dengan cara berfoto bersama teman-teman mereka.

Inspirasi Desain Cafe Kekinian

Bagi Anda yang sedang berencana membangun sebuah cafe tetapi masih bingung dengan desain yang akan Anda gunakan, Tenang jangan khawatir, Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah desain sebagai referensi dengan nuansa yang beragam. Tidak perlu panjang lebar mari kita simak ulasan berikut:

Desain mini & sederhana

Desain minimalis dan sederhana
Desain minimalis dan sederhana

Untuk desain cafe yang berukuran kecil, Anda hanya perlu menampilkan desain yang sederhana. Akan tetapi dengan tema yang kekinian agar cafe tersebut terlihat menarik, untuk cafe yang berukuran kecil sering kali digunakan untuk cafe kopi.

Menggunakan Lantai kayu sebagai bahan material penutup lantai pada sebuah cafe sangat lah cocok bila mana desain cafe tersebut kecil dan sederhana, agar cafe tersebut bernuansa alami.

Desain minimalis untuk takeaway

Desain minimalis untuk takeaway
Desain minimalis untuk takeaway

Desain yang satu ini di hanya di peruntukan sebagai cafe yang tidak menyediakan tempat duduk atau meja sebagai tempat menikmati hidangan dari cafe tersebut, melainkan dengan cara takeaway atau membeli/memesan suatu hidangan dengan cara di bawa pulang atau di makan di tempat lain.

Untuk desain yang minimalis ini sangat jarang ditemukan di daerah indonesia, karena orang-orang lebih menikmati hidangan dari cafe tersebut di tempatnya. Akan tetapi banyak juga yang menyukai desain minimalis ini karena simple dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dan desain ini juga hanya dapat menampung 2-3 orang saja di dalamnya.

Desain keterbukaan

Desain keterbukaan
Desain keterbukaan

Apakah desain cafe Anda ingin terlihat lebih bernuansa alami dan dapat menarik perhatian pengunjung? maka dari itu, desain ini lah jawabannya.

Desain keterbukaan ini lebih cocok jika lokasi cafe nya di wilayah dataran tinggi, karena desain ini lebih mengandalkan cahaya matahari sebagai pencahayaan di dalam suatu cafe. Anda juga bisa menerapkan jendela-jendela yang berukuran besar di sekitarnya agar cahaya dapat masuk lebih besar ke dalam, akan tetapi jika musim panas berlangsung, Anda hanya perlu memasangkan gorden untuk meminimalisir cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Desain serba kayu

Desain serba kayu
Desain serba kayu

Memiliki sebuah cafe yang terbuat dari berbagai macam jenis kayu memanglah sangat unik, seperti di jepang ini yang dimana hampir seluruh properti yang di dalamnya terbuat dari kayu, bahkan atap dan lantainya pun menggunakan kayu sebagai bahan materialnya. Akan tetapi untuk bagian dapur, usahakan menggunakan bahan lain selain kayu, karena kayu rentan terhadap api agar dapat meminimalisir terjadinya kebakaran.

Desain cafe serba kayu ini menjadi daya tarik pengunjung sebab memiliki kesan dan tampilan yang berbeda dari cafe-cafe lain, oleh karena itu desain ini sangat cocok jika cafe di buat di wilayah yang strategis yang dapat menyesuaikan dengan tema atau konsep cafe tersebut.

Apa keunggulan dan kekurangan menggunakan kayu sebagai desain atau interior di sebuah cafe?

keunggulan

  • memiliki kesan alami dan tampak terlihat berbeda
  • dapat menarik lebih para pengunjung
  • mudah dibersihkan
  • nyaman ketika digunakan

kekurangan

  • cukup rentan terjadinya kebakaran, karena sifat kayu cukup mudah terbakar
  • dalam proses pengerjaan terbilang cukup lama
  • harganya tergolong cukup mahal

Rekomendasi Lantai Kayu Indoor Untuk Area Cafe

Sebelum Anda menentukan Desain mana yang akan digunakan, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai jenis atau produk kayu yang di gunakan di cafe.

Maka dari itu, kami merekomendasikan jenis kayu yang cocok untuk di pasang di cafe, baik untuk lantai maupun atap, dinding dan furniture lainya. jenis kayu yang kami maksud antara lain ialah:

Lantai kayu jati

kayu jati
kayu jati

Apakah Anda tidak asing dengan jenis kayu ini ?

yap, jenis kayu ini sudah sangat populer dan sering kali digunakan di berbagai furniture lainya. kayu jati terkenal akan kualitasnya yang sudah teruji dari tingkat kekerasan hingga tingkat keawetanya. Maka tak jarang jika kayu ini sering kali digunakan sebagai bahan penutup lantai, decking, papan tangga hingga atap plafon.

Oleh karena itu, membangun sebuah cafe menggunakan kayu jati sangat cocok dan sangat rekomendasi. Karena Anda tidak perlu meng khawatirkan akan kualitas tingkat kekuatan, kekerasan hingga keawetanya, kayu jati pun memiliki serat yang padat serta memiliki warna yang coklat yang mencolok, sehingga penggunaan kayu jati akan terkesan lebih alami dan elegan terlebih lagi setelah melewati proses finishing lantai kayu jati.

Tidak hanya itu, kayu jati juga kuat terhadap serangan serangga dan rayap serta mampu bertahan dari kelembaban dan perubahan cuaca. Dengan karakteristik khusus yang dimiliki kayu jati yaitu kandungan minyak yang dapat membuat kayu jati memiliki kekuatan yang cukup baik.

TingkatKelas
KekuatanI dan II
AwetI dan II

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pembahasan kayu jati: Baca Selengkapnya

Selanjutnya jenis kayu yang tak kalah menarik yaitu:

Lantai kayu merbau

kayu merbau
kayu merbau

Jenis kayu yang berasal dari papua ini menjadi suatu alternatif perbandingan dengan kayu jati, Karena kayu merbau ini hampir sama kualitasnya dengan kayu jati. Maka tak heran jika kayu jenis ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membangun sebuah bangunan, hunian rumah, cafe, plafon kayu dan sebagai bahan kontruksi lainya.

Kayu yang mendapat julukan “Kayu Besi” ini memiliki ciri khas yang cukup unik, yakni terdapat pada warnanya yang mencolok kemerahan disertai dengan highlight warna kekuningan, Maka kayu ini akan terlihat lebih berwarna dan estetik ketika sudah terpasang pada ruangan dan memberi kesan tersendiri.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kayu merbau: Baca Selengkapnya

Tidak sampai disitu, kayu merbau pun terbukti mampu bertahan dari perubahan suhu atau cuaca dan mampu bertahan dari serangga, rayap dan jamur.

TingkatKelas
KuatI dan II
AwetI dan II

Baca juga : Kayu jati atau kayu merbau, mana yang lebih baik?

Kesimpulan

Membangun sebuah cafe menggunakan bahan dasar kayu, baik itu kayu jati maupun kayu merbau memanglah sangat rekomendasi karena selain kualitasnya cukup baik dan hampir sama, akan tetapi yang membedakan dari kedua kayu tersebut ialah terdapat pada warna, serat dan harga. Tergantung kriteria manakah yang cocok bagi Anda dari kedua jenis kayu di atas dan pastinya sesuai kebutuhan dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Untuk pemasangannya lantai kayu jati & merbau, keduanya sama-sama harus melalui tahapan-tahapan tertentu dan terbilang cukup rumit, sehingga memerlukan tanaga kerja yang ahli di bidangnya.

Penutup

Baik itulah dia pembahasan kali ini tentang desain interior pada sebuah cafe menggunakan bahan dasar kayu pada pembuatanya, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

(Visited 132 times, 1 visits today)
Scroll to Top