jenis-jenis lantai terbaik untuk hunian minimalis

Sedang Mencari Jenis Lantai Terbaik Untuk Rumah? Ini Dia Rekomendasinya


Pada saat proses pembangunan sebuah hunian rumah, biasanya akan dilanjutkan dengan tahap flooring alias pemasangan lantai. Pemilihan jenis lantai yang tepat tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi lebih sedap dipandang.

Sejatinya, terdapat dua material yang kerap digunakan untuk pembuatan lantai, yaitu material alami dan sintetis (buatan). Dari kedua material tersebut, terciptalah lagi beberapa jenis bahan lantai yang saat ini tersedia dipasaran.

Nah, secara kebetulan, pada kesempatan kali ini juga akan merekomendasikan jenis lantai terbaik untuk rumah. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini:

Rekomendasi Jenis Material Lantai Terbaik Untuk Hunian

Terdapat beberapa deretan jenis lantai yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yang tentunya sangat pas dan cocok untuk di terapkan ke dalam ruangan di dalam rumah. Berikut inilah dia rekomendasinya:

Lantai Kayu

lantai kayu
lantai kayu


Jenis lantai terbaik yang satu ini terbuat dari bahan dasar kayu, atau yang lebih populer dengan istilah parket (parquet). Umumnya, lantai kayu selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan estetika dan kenyamanan dalam rumah, terlebih lagi ketika selesai proses tahap finishing warna & serat kayunya akan sangat timbul sehingga menciptakan rumah elegan setelah terpasangnya lantai parket.

Tahukah Anda, bahwasanya lantai kayu sendiri dapat kita aplikasikan dengan teknik pola pemasangan yang unik dan menarik. Sehingga kita dapat menyesuaikan dengan selera dan desain hunian, dengan begitu tampilan rumah akan jauh lebih menarik perhatian dari sebelumnya.

Lantai kayu yang sangat cocok untuk ruangan dirumah diantara lain yaitu:

Lantai kayu jati

lantai kayu jati
lantai kayu jati

jenis lantai kayu jati sangat cocok untuk penutup lantai ruangan, yang dimana jenis kayu ini memiliki daya tahan terhadap serangan serangga, jamur dan kuat dalam ruangan lembab serta memiliki daya tahan keawetan kelas 1.

Informasi selengkapnya mengenai : Lantai parket jati

Lantai kayu merbau

lantai kayu merbau
lantai kayu merbau

kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari kepulauan Irian Jaya, karakteristik dari kayu ini yaitu dari warna yang coklat kemerahan terkadang disertai highlight kekuningan. jenis kayu ini memiliki tingkat keras kelas 1 dan 2 serta tingkat keawetan kelas 1 dan 2.

Info lebih lanjut tentang : Flooring kayu merbau

Lantai kayu bengkirai

lantai kayu bengkirai
lantai kayu bengkirai

Kayu bengkirai atau yang dikenal yellow balau ini tak kalah populer dengan kayu lainya. kayu yang berasal dari kalimantan ini memiliki tekstur yang halus tapi agak sedikit kasar, memiliki daya tahan kelas 1 dan 2 serta daya tahan keawetan kelas 1, 2 dan 3. maka dari itu jenis kayu sangat cocok untuk penutup lantai rumah atau decking.

Info selengkapnya : Harga lantai kayu bengkirai

Lantai Vinyl

lantai vinyl


Jenis lantai terbaik yang kedua adalah vinyl, dimana materialnya terbuat dari bahan polyvinyl chloride. Sejatinya, lantai vinyl juga hampir sama dengan laminate parket yang dapat memberikan sentuhan modis, elegan dan kehangatan. Bahkan, lantai vinyl pun menawarkan harga yang cukup terjangkau lho.

Salah satu ciri khas lantai vinyl yang menjadi pembeda dengan jenis lantai parket, yani permukaan atasnya yang lebih halus. Sedangkan bagian bawahnya kerap dilapisi dengan lapisan perekat dan gabus, sehingga membuatnya lebih nyaman dan fleksibel.

Informasi selengkapnya : Harga lantai vinyl 2021

Lantai Granit

granit
lantai granit


Cara perawatan pada jenis lantai granit ini memang cukup simple dan mudah. Pasalnya, lantai granit memiliki pori-pori yang lebih rapat sehingga anda tidak perlu repot-repot dalam memberikan perawatan. Kendati susunan partikelnya rapat, namun bagian permukaan luarnya tidak kasar bahkan mengkilap seperti kaca.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis lantai terbaik yang satu ini memiliki daya tahan pada bobot hingga 500 kg per meter persegi. Biasanya lantai granit kerap digunakan untuk kebutuhan perkantoran, hotel, aula, dan gedung-gedung mewah lainnya.

Baca juga : Kayu jati vs kayu merbau

Lantai Marmer

marmer
lantai marmer


Marmer juga termasuk salah satu jenis lantai terbaik karena memiliki daya tahan mumpuni dan serbaguna. Tak hanya digunakan untuk lantai, material marmer pun bisa digunakan sebagai pelapis dinding rumah maupun dinding tiang.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika lantai marmer kerap dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Terdapat keunggulan lainnya dari lantai marmer, yakni kondisinya yang selalu kering dan memiliki warna alami mengkilap.

Baca juga : Langkah mudah dalam merawat setiap jenis lantai

Lantai Keramik

lantai keramik
lantai keramik


Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis lantai yang satu ini bukan? Ya, keramik memang banyak dipilih konsumen karena menyediakan beragam pilihan warna, bentuk, pola, hingga tekstur. Itu sebabnya, mengapa sebagian besar masyarakat kita sering menggunakan jenis lantai terbaik yang satu ini.

Material keramik terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar dengan suhu tertentu, kemudian dilapisi dengan lapisan glasur yang membentuk tekstur, warna serta pola unik keramik. Dengan menggunakan lantai keramik, maka ruangan dalam rumah pun akan terasa lebih sejuk.

Baca juga : Alternatif lantai selain keramik

Lantai Batu

keramik
lantai batu


Pada umumnya, jenis lantai batu biasa digunakan untuk menutupi bagian depan atau teras rumah. Selain itu, lantai batu juga kerap digunakan untuk bagian kamar mandi karena permukaannya yang kasar sehingga menjadi tidak licin.

Bahkan, jenis lantai batu pun sering digunakan sebagai pijakan untuk pejalan kaki di taman-taman kota maupun pelataran Masjid. Disamping daya tahannya yang kokoh, lantai batu ini tidak membutuhkan perawatan khusus lho.

Baca juga : Jenis lantai terbaik untuk lapangan badminton

Lantai Teraso

teraso
lantai teraso


Terdapat dua jenis lantai teraso yang tersedia dipasaran, yakni teraso dengan permukaannya mengkilap dan teraso yang permukaannya kasar. Biasanya, jenis lantai teraso ini kerap digunakan sebagai penutup lantai serta dinding bangunan.

Baca juga : Perbandingan lantai kayu solid, vinyl & laminated

Lantai Tegel

tegel
lantai tegel


Jenis lantai terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni tegel atau yang lebih populer dengan nama tehel. Biasanya jenis lantai tegel kerap kita jumpai pada rumah-rumah jadul (jaman dulu). Lantai tegel terbuat dari campuran bahan semen, pasir beton, lalu diatasnya disiram aci sehingga permukaan atasnya menjadi lebih halus.

Di dalam sebuah hunian, lantai merupakan bahan material yang wajib ada di dalam suatu rumah. Selain berfungsi sebagai pijakan kita untuk berjalan di dalam ruangan, tetapi fungsi lain dari lantai itu sendiri yaitu dari segi tampilan dan kenyamaan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memilih material lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat menyesuaikan dengan desain hunian minimalis.

Baik, segitu saja untuk pembahasan kita kali ini tentang deretan jenis lantai terbaik untuk di aplikasikan ke dalam hunian, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda, cukup sekian dan terimakasih lebih membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 66 times, 1 visits today)
Scroll to Top